Soloensis

Bullying !

Normal
0

false
false
false

IN
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;
mso-fareast-language:EN-US;}

Pengertian Media Siber (Cyber Media)adalah alat (sarana) komunikasi dengan menggunakan jaringan internet atau bentuk komunikasi yang ada di dunia maya (internet).

Media siber merupakan media baru yang tumbuh seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi internet serta teknologi elektronik lainnya.

            Dunia terus berubah. Kini kriminalitas tidak hanya terjadi di dunia nyata, namun dunia maya dengan pengaruh internet. Hal tersebut termasuk ancaman bagi pengguna internet.

Kriminalitas pada dunia maya dikenal dengan istilah kejahatan siber atau cyber crime. Dalam hukum siber, cyber crime didefinisikan sebagai kejahatan yang dilakukan menggunakan teknologi komputer, baik sebagai objek maupun sebagai fasilitas.

Seperti Bullying, bullying adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti dalam bentuk fisik, verbal atau emosional/psikologis oleh seseorang atau kelompok yang merasa lebih kuat kepada korban yang lebih lemah fisik ataupun mental secara berulang-ulang tanpa ada perlawanan dengan tujuan membuat korban menderita.

Bullying yang kini sedang hits terutama dikalangan remaja, bullying dikalangan remaja tidak hanya di dunia nyata, sekarang sudah merambat didunia maya. hal ini sangatlah merugikan korban karena pengguna internet sudah banyak sekali.

Korban bullying di dunia maya sudah tidak asing lagi bagi kaum remaja, kegiatan bullying seperti makanan sehari-hari bagi kaum remaja bahkan sebagian orang itu menganggapnya hobi. Aneh hobi kok membully seseorang, yah itu menurut kita sebagian pengguna internet, tapi menurut mereka berbeda.

Aksi bullying di dunia maya seperti mengolok-olok seseorang dengan kata-kata kotor, menyebar luaskan foto yang tidak pantas di facebook, instagram, line, dll. Sampai-sampai korban menjadi ketakutan, geram, bahkan sampai stress akan perbuatan seseorang yang membullynya.

Bullying di dunia maya bertujuan untuk memeras si korban entah itu uang atau barang berharga dan itu termasuk ancaman bagi pengguna internet lainnya. Sangat disayangkan tahun 2018 masih banyak orang-orang yang suka membully.

Seharusnya internet digunakan dengan baik dan benar, tidak seenakya saja menggunakannya sampai merugikan orang lain. Padahal internet bisa mendatangkan kita uang tidak caci makian, dengan berjualan di instagram, facebook, itu pun bisa mendatangkan uang.

Namanya juga anak remaja hobinya pasti membully temannya, hahaha. Padahal membully adalah kegiatan tidak baik, bisa masuk penjara lohhh hahahaha

 

 

(Dimas Yogo P .169.BR)

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Dimasyogo Prakoso

    Mahasiswa IAIN Surakarta

    View all posts

    Add comment