Soloensis

Santri Multi Fungsi Dalam Semua Bidang

Bismillah hirrohman nirrohim

Apakah anda tau apa yang di maksud dengan santri???, pasti anda bertanya-tanya, santri itu diambil dari bahasa apa???

Santri itu memiliki makna yang diambil dari bahasa inggris yaitu SUN adalah matahari, dan TRE adalah tiga. Berarti santri memiliki makna tiga matahari atau tiga cahaya matahari.

Apa maksud dari tiga cahaya matahari tersebut??? maksudnya mereka itu mempunyai didalam jiwanya tiga cahaya matahari, yakni :

  1. Cahaya iman
  2. Cahaya islam
  3. Cahaya ikhsan

Setelah kita mengetahui arti dari santri serta maknanya. Sekarang kita perdalemi bagaimana kegiatan santri sehari-hari.

Aktifitas Santri

Sudah tak lazim lagi bahwasanya santri itu kegiatan sehari-harinya adalah mengkaji ilmu agama islam, mereka pun dibimbing langsung oleh ustadz, kiyai, dan gusnya.

Mereka memperdalemi ilmu-ilmu agama contohnya seperti ilmu nahwu & sharaf, fiqhi, tajwid, dan menghafal al-qur’an.

  • Di Malem Hari

Mulai malem hari setelah sholat isya semua santri memasuki kls masing-masing dan siap untuk belajar atau mengaji. Setelah mereka mengaji terkadang ada salah satu santri yang mengulangi pelajaranya atau disebut dengan mutola’ah, entah itu mutola’ahnya sendiri ataupun bersama temannya.

Seperti pada gambar di atas tersebut, yang mana ada dua santri yang sedang belajar bareng atau mutola’ah bersama.

Dan kebanyakan santri setelah mengaji mereka melakuakan aktifitas yang membuatnya terhibur, seperti ngupi sambil berbincang dengan teman-temannya, seperti contoh pada gambar berikut.

  • Dipagi Hari

Seperti gambar diatas tersebut santri ketika dipagi hari mereka melakuakan aktifitasanya disekolah, serta diwajibkan menggunakan peci selama beraktifitas diluar pondok. Itulah kelebihan dari seorang santri yang memiliki ciri khasnya.

  • Disiang Hari

Setelah melakukan aktifitas sekolah para santripun mulai membantu kiyainya, seperti pada gambar diatas santri mengabdi kepada kiyainya dengan mengurus sawah milik kiyainya.

Para santri mengurus sawah kiyainya sampai panen, hingga setelah panen mereka menjualnya, dan nanti hasil dari penjualan padinya mereka kasih semua kepada kiyainya atau gurunya.

Selain mereka mengurus sawah, para santripun membantu seperti membangun pondok atau memperbarui pondoknya, seperti contoh pada gambar berikut.

Setelah mereka selesai membantu kiyainya atau mengabdi, merekapun makan bersama dengan teman-temannya, keunikan dari makan bersamanya mereka makan menggunakan daun pisang untuk tempat makannya, seperti gambar dibawah ini.

Betapa bahagianya santri dengan keada’an sederhana dan kemandiriannya dengan jauh dari keluarga.

Terbentuklah Jiwa Santri

Ketika santri sudah terbiasa dalam melakukan aktifitasnya dan juga sudah terbiasa dengan kehidupan se’adanya, disitulah jiwa merekapun mulai terbentuk.

Dari semua aktifitas sehari-harinya mulai dari berkebun, mengaji, bersekolah, sampai mengikuti kegiatan membangun pondok, disitulah istilah santri multi fungsi.

selain itu santri juga sangat handal dalam memainkan sebuah alat musik, seperti bermain alat musik hadroh dan alat-alat musik yang lainnya.

Begitulah jiwa seorang santri.

 

 

 

 

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    agie novana

    Musik adalah hobi yang saya sukai

    View all posts

    Add comment