Soloensis

KITAB DASAR YANG BANYAK DIKAJI DI PESANTREN

Di Pesantren tentunya kita memeplajari ilmu-ilmu agama yang mana referensi nya sesuai dengan syariat ajaran agama islam.

Kitab Kuning adalah menjadi bahan pembelajaran yang menarik, dan menjadi rujukan utama pembahasan di seluruh pesantren indonesia, kecuali pesantren yang khusus tahfidz.

Di kitab kuning kini usianya sudah ratusan tahun, karena pengaranya merupakan ulama-ulama salaf yang sudah masyhur ilmunya.

Ada tingkatan tingkatan-tertentu untuk dipelajarinya mulai dari Dasar atau pemula, menengah dan sampai tingkat tinggi.

kali ini kita bahas kitab-kitab Dasar Pesantren, apa saja kah kitab-kitab tersebut langsung saja :

Daftar isi [show]

1. KITAB AL-JURUMIYAH
Belajar Islam dan Bahasa Arab

Kitab yang pertama yaitu kitab Al-Jurumiyah, fan ilmu nahwu, yaitu suatu ilmu yang mempelajari tentang akhir kalimat bahasa arab agar terjaga dari kesalahan.

setiap santri yang ingin bisa membaca kitab kuning yang tulisan nya gundul alias tidak berharkat.Maka wajib kita mempelajari ilmu nahwu.

dan kitab ini sebagai dasar untuk para pemula yang baru belajar kitab, supaya bisa membacanya dengan baik dan benar.

kitab ini dikarang oleh syekh Sonhaji, menjelaskan setiap bab dengan bahasa yang praktis dan sangat mudah untuk dipahami.

setelah selesai pembahasan dari kitab ini biasanya dilanjutkan kitab selanjutnya mutamimah, imrithi, dan yang paling tinggi adalah kitab Alfiyah Ibnu Malik.

2. KITAB MATAN BINA WAL ASAS

matan bina

Yang kedua yaitu kitab Matan Bina Wal Asas, salah satu kitab dari fan shorof untuk mengetahui perubahan-perubahan kalimat bahasa arab.

Jadi fan shorof ini masih ada kaitanya juga dengan fan nahwu, jika di ibaratkan nahwu bapaknya dan shorof ibu nya jadi sangat berkaitan.

Pengarang kitab ini yaitu syekh Ibrohim bin Abdul Wahab bin Imaduddin al-Ma’ruf

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Muhamad Zaeni

    Saya adalah santri yang ingin sukses dunia akhirat

    View all posts

    Add comment