Soloensis

Kesalahpahaman

hand-drawn-people-talking-illustration_23-2149081565
Gmabar: Freepik

     Ini kisah ku yang di mulai di ajaran baru kelas 8. Dulu aku sangat kesulitan untuk berteman karena emang waktu itu nyaman nya sendiri si xixixi tapii setelah aku masuk di kelas ku saat iniii di SMPN 9 SURAKARTA semua berubah karena aku mulai bergaul dan memiliki teman dekat anggap saja namanya Ila, dan Doni kita bertiga selalu bersama saat istirahat biasanya aku dan Ila ke kantin dan balik ke kelas untuk makan, dan biasanya doni selalu datang ke meja kita untuk bercanda gurau dan bercerita.

     Pada suatu hari di istirahat ke dua aku dan Ila melihat Doni yang baru saja sholat, aku reflek memanggil Doni, karenaaa aku merasa kalau ada doni sambil makan pastiii sangat seruuuuu, memang pada saat ituuu sangat seruuuu, aku dan Ila selalu tertawa saat doni ngelawak, tiba tiba suasana yang sangat cerah karena candaan doni sekarang berubah menjadi gelap karena doni mulai bebicara dengan sangat serius. Doni menatap ku dengan sangat serius dan mulai berbicara pada ku “koe di AI” aku dan Ila yang mendengar kan itu hah hoh saja karena belum tau arah pembicaraan Doni ini kemana, Doni yang melihat aku dan Ila sangat bingung langsung melanjutkan pembicaraan nya agar jelas dengan menatap ku dengan tajam tapi ak tidak berani menatapnya kembali “koe di AI karo konco sekelas mu.” Tegasnya. Ak yang sudah paham arah pembicaraannya doni langsung terkejut, kaget, shock, udah ga bisa berword word lagi pada saat itu. Aku belum pernah melihat doni berbicara se serius itu pada saat itu, adi aku percaya saja. Tapi aku belum cukup yakin apakah ini benar atau tidak secara kita masih sangat kecil untuk tau hal semacam itu emang pada saat itu AI emang sedang viral dan yang sangat viral pada saat itu ada kecanggihan AI yang dapat merubah tubuh manusia menjadi tau lah? Ak tau hal itu karena di tiktok sangat banyak peringatan untuk berhati hati saat ngepost sesuatu di sosmed karena bisa di salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab melalui kecanggihan AI itu, untuk memperjelas lagi dan mencari bukti yang kuat jadi aku minta kejelasan yang sangat JELAS ke Doni. Ak mulai bertanya “siapa yang berani melakukan hal se JAHAT itu?!” dengan penuh emosiiii bahkan saking shock dan tidak percayanya ak sampai memukul mukul doni dan Ila (maapkeun), Doni mulai menjelaskan dengan sangat sabar dan serius “ono konco sekelas mu seng tau seneng koe rti kan, Roni Roni, de e tau paparazi koe pas ono acara neng sekolah dan yawes di ngono ke, de e dewe seng jujur neng aku nek tau kek ngono, tpi ndek ingi wes clear masalah eee ak ws ngekon de e hapusss kabeh poto mu ws tak cek juga dan wes ga ono blas di riwayat hapus e juga ws ga ono…..” Doni mulai melanjutkan dengan serius (fyi disini Doni jelasin kenapa Roni ngelakuin itu tapi aku ga bisa ceritain karena ada masalah pribadi yang bersangkutan takutnya ga nyaman). Aku yang mendengar itu antara percaya dengan tidak, sebenarnya masih banyak pertanyaan di otak ku tapi bel sudah bunyi menandakan untuk sudah saatnya untuk kembali belajar. Aku dan Ila mulai overthinking dengan apa yang di katakan Doni tadi, benar benar masih shock dan takutt tapi pada saat itu aku sudah sangat percaya yang dikatakan dengan doni, di tambah dengan bukti bahwa Doni dan Roni sangat dekat tapi semenjak kenaikan kelas padahal dulu waktu kelas 7 tidak terlalu dekat tapi semenjak kelas 8 tidak tau mengapa Roni selalu di jauh i oleh teman-teman sekelas dan si Doni mulai dekat dengan Roni.

     Saat pulang sekolah aku, Ila, dan dua teman sekelas tidak langsung pulang karena ada kegiatan eskul, tapi ternyata kegiatan eskul di liburkan padahal kita udah bilang ke ortu pulang sore karena ada eskul ya udah kita berempat setelah jajan sambil nunggu jemputan duduk duduk di tengah lapangan sambil cerita cerita gituuu, nah disitu aku dan Ila tanpa pikir panjang kepikiran untuk cerita masalah AI itu ke dua teman sekelas kita. Setelah itu salah satu temanku bilang “laporke wae neng BK tapi golek bukti seng jelas sek, soal e Doni omongan e ga isoh di percaya 100%”  nah dari omongan ini aku mulai mikir lagi apakah yang di kasih tau Doni benar benar terjadi, soalnya menurutku Roni anaknya kalem keliatan kaya anak baik gitu lohh. Mulai dari hari itu aku dan Ila mulai mikir gimana caranya dapat bukti.

     Kebetulan sekali Ila sekelompok dengan Roni, Ila kepikiran untuk membuka hp Roni saat kerja kelompok nanti. Tapi sayangnya kerja kelompoknya di batalkan.  Aku udah ga tau lagi saat itu mau cari bukti gimana lagi aku udah tanya Doni lagi tapi di selalu bilang masalah nya udah selesai jangan di besar besarkan lagi.

     Beberapa minggu kemudian, saat istirahat aku mendengar ada yang bilang AI AI gitu di depannya Roni. Aku saat itu udah curiga ada yang bocorin masalah ku yang AI itu, dan ternyata benar, ternyata salah satu temanku yang ak bilangin saat pulang sekolah itu membocorkan masalah ku ke salah satu cowo di kelas ya udah mulai kemana mana TAPI UNTUNGNYA belum kesebar sekelas kaya cuman beberapa aja yang tau.

     Setelah pulang sekolah, aku membuka hp melihat ada pesan dari Roni aku bingung kenapa tiba tiba banget dia chat aku ternyata dia mau nyelesain masalah ini dan akhirnya dia ceritain dari awal, tapi ceritanya Roni sama Doni bener bener beda bangettt ak bingung bangett mau percaya sama siapa waktu ituu, ak sampee  udah nuduh nuduh, marah in si Roni padahal kenyataan nya disini Roni yang di fitnah, jadii inti chatnya si Roni adalah dia cerita kalo dia di fitnah tentang AI itu tapi yang nge fitnah bukan si Doni, tapi si Roni pernah cerita tentang AI ke Doni tapi bukan tentang yang aneh aneh dan ada yang nguping katanya terus di sebarin terus ak ga tau kok tiba tiba namaku juga keseret, tapi si Roni udah ngaku sampe pake sumpah dalam nama tuhan kalo dia ga pernah ngelakuin hal aneh itu ke aku dia juga udah minta maaf namaku jadi jelek dan lain lain. Nah itu pengakuan dari si Roni, dan akhirnya ak bisa simpulin sendiri bahwa ini PURE KESALAH PAHAMAN mungkin waktu Roni cerita tentang AI ke Doni, Doni salah nangkep apa yang di bilangin Roni terus bisa nyimpulin sendiri kaya gitu, aku juga ga tau kenapa Doni bisa bilang kaya gitu hingga sekarang.

     Dari masalah ini aku belajar banyak, yang pertama JANGAN MUDAH PERCAYA DENGAN ORANG, buat kalian jangan sampai kaya aku yaa, kalo ada yang omong sama kamu siapapun itu boleh kalian percaya tapi cari dulu kebenarannya jangan langsung percaya, orang terdekat kita aja bisa omong yang enggak enggak apalagi orang baru ya ga?. Yang kedua itu JANGAN NYEBARIN INFORMASI SEBELUM CEK KEBENARANNYA, nah ini jugaa penting, dulu aku kalo ada info  langsung cerita sana sini tapi sekarang ga karena aku tau kalo ak nyebarin informasi yang aku aja ga tau kebenarannya aku juga nanti yang kena aku juga nanti yang rugi, kaya masalah aku inii. Yang ketiga SETIAP MASALAH YANG DI HADAPI PASTI ADA PELAJARAN YANG BISA DI AMBIL, nahh kaya masalah ini aku jadi tau kalo kita ada masalah Tuhan tu sebenernya pengen kita belajar dari masalah yang Tuhan berikan ke kita, ak juga pernah baca/nonton gitu di sosmed ada yang bilang kaya gitu jugaa, nah buat kalian yang suka lari dari masalah jangan kaya gitu lagi yaaa, biar kalian ga jatuh di masalah yang sama lagi. Yang ke empat JANGAN MUDAH MENYIMPULKAN, sebaiknya kalian cerna dulu info yang kalian dapat baru kalian ambil kesimpulan nyaa. Yang kelima JANGAN MUDAH BER PRASANGKKA BURUK, tapi prasangka buruk ke orang itu manusiawi yaaa, tapii ada tapi nya nihh setelah kalian berprasangka buruk langsung kalian buang jangan di omongkan ke orang orang apalagi kalian belum tau kebenarannyaa. Menurut kalian apalagi nih? pelajaran yang bisa di ambil dari ceritaku ini??

     Nah ini adalah kisahku, terimakasih telah membaca sampai akhir semoga dari ceritaa ini kita bisa belajar sama sama, bisa jadi motivasi juga buat kaliann, ambil sisi positifnyaaa ya teman temannn lop yuu.

 

Nama              : Adrynoviana

Sekolah           : SMPN 9 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment