Soloensis

Keberagaman Suku Bali

flat-nyepi-celebration-background_23-2150099299
Sumber: Freepik

     Pada saat study tour ke Bali kemarin saya mempelajari banyak hal tentang adat istiadat di Bali. Adat tersebut termasuk unik karena tidak dapat ditemukan ditempat lain. Keunikan tersebut menjadikan Pulau Bali sebagai destinasi yang diminati oleh wisatawan dalam negeri maupn luar negeri.Salah satunya adalah hari raya Nyepi. Momen ini dimaknai untuk mrenungkan diri dan penyatuan diri dengan alam seemsta.Saat hari nyepi kita harus berdiam diri dirumah.Namun tidak dengan bule yang ingin saya ceritakan.

     Pasangan turis asing kedapatan mengendarai motor di jalan Desa Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali, saat Nyepi berlangsung, Rabu (22/3/2023). Dua bule yang diperkirakan pasangan kekasih ini dipergoki beberapa petugas pecalang. Potret pelanggaran bule itu sempat diabadikan oleh salah seorang pecalang yang kebetulan bertugas di lokasi. Video itu kemudian diunggah melalui fitur story akun media sosial miliknya hingga viral di Instagram. Bukan cuma bule motoran, pecalang juga membuntuti dua bule pria asyik jalan-jalan ke salah satu tempat di Kerobokan. Menurut informasi, bule-bule melanggar itu sudah diserahkan ke pihak pecalang desa untuk diberikan pemahaman.

     Pria yang enggan namanya diberitakan ini mengaku tidak tahu kelanjutan penanganan bule itu setelah diserahkan ke pihak desa. Sementara itu, ia menduga pasangan turis itu berasal dari Rusia didengar dari cara bicaranya. Bendesa Adat Kerobokan Anak Agung Putu Sutarja membenarkan ada pasangan bule kepergok naik motor di jalanan saat Nyepi. Namun, ia menegaskan masalah itu sudah diselesaikan secara persuasif. Saat ditanya, bule itu mengaku tidak tahu bahwa ada larangan ke luar rumah selama Nyepi berlangsung.Secara umum, pelaksanaan Nyepi di Desa Kerobokan berlangsung aman. Ia menegaskan masalah gangguan kecil sudah ditangani pihak keamanan desa adat.

“Jadi masalah besar itu tidak ada dan selesai dengan aman di Kerobokan,” pungkasnya.

     Oleh karena itu kita harus menghargai adat istiadat yang berlaku ditempat kita berada. Patuhi aturan yang beralku agar tidak menmbulkan masalah bagi kita dan orang lain

 

Nama              : Fakhri Adjie Witarto Athallah

Sekolah           : SMAN 9 Surakarta

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment