Soloensis

Beberapa Gelar yang Anda Butuhkan untuk Berkarir di Bidang Sumber Daya Manusia

images (27)

Sumber daya terbesar sebuah perusahaan adalah karyawannya. Memperlakukan mereka dengan adil dan memberi mereka peluang pertumbuhan juga akan membantu bisnis mencapai ide-ide mereka dan mencapai tujuan bisnis. Dari sinilah bidang sumber daya manusia (SDM) ini juga akan sangat berperan.

SDM adalah istilah yang mencakup pengelolaan dan pengembangan karyawan dalam suatu organisasi. Mereka fokus pada perekrutan, pemecatan, dan tinjauan gaji tahunan. SDM telah dibingkai ulang secara positif dan kini mencakup bidang lebih luas. Pada akhirnya, ini tentang meningkatkan kinerja karyawan.

Apa yang Dilakukan Profesional di Bidang HR?

Sumber daya manusia merupakan penghubung penting antara kebutuhan perusahaan dan karyawan. Profesional SDM menangani masalah dan kebutuhan yang berhubungan dengan manusia dalam suatu organisasi. Mereka sering kali mengelola perekrutan, perekrutan, pemecatan, penerimaan karyawan baru, dan juga proses orientasi untuk menyiapkan karyawan dalam peran baru mereka. Ketika masalah karyawan muncul, sumber daya manusia ini dapat dilibatkan untuk membantu proses penyelesaiannya. 

Profesional HR juga harus menyimpan catatan karyawan secara rinci mengenai tindakan apa pun yang diambil untuk tujuan hukum. Departemen sumber daya manusia yang dijalankan secara efisien dapat memelihara struktur bisnis dan memberikan dukungan serta bantuan kepada karyawan organisasi. Beberapa profesional HR fokus di bidang industri tertentu, seperti penggajian, tunjangan, atau bahkan pelatihan, sementara yang lain menangani tugas-tugas umum untuk sebuah bisnis secara keseluruhan.

Gelar Apa yang Anda Butuhkan untuk Karir Sumber Daya Manusia?

Kebanyakan profesional sumber daya manusia yang ada pada saat ini berasal dari sebuah latar belakang pendidikan umum, biasanya dari administrasi bisnis atau bahkan ilmu sosial. Ketika persaingan ini juga terus meningkat dan proses menjadi lebih rumit, perusahaan mencari ahli yang terlatih dalam praktik terbaik industri. Untungnya, tidak ada lagi kekurangan pilihan terkait pendidikan sumber daya manusia khusus. Mari kita lihat gelar HR tersedia, sertifikasi, dan profesional yang paling cocok untuk setiap jalur.

Sertifikat dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Sertifikasi didalam bidang sumber daya manusia menunjukkan keahlian Anda dan dapat meningkatkan penghasilan Anda. Meskipun ada banyak sertifikasi di bidang HR, berikut ini adalah yang paling populer:

  • Profesional Bersertifikat SHRM membuktikan Anda memahami kompetensi perilaku yang diperlukan untuk menerapkan pengetahuan SDM Anda di tempat kerja modern secara efektif.

  • Profesional dalam Sumber Daya Manusia menunjukkan penguasaan Anda atas aspek teknis dan fungsional manajemen SDM, termasuk undang-undang dan peraturan AS.

  • Profesional Global dalam Sumber Daya Manusia menunjukkan keahlian Anda dalam tugas SDM internasional, termasuk mengembangkan kebijakan dan inisiatif SDM yang mendukung pertumbuhan global.

Gelar Associate dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Jika Anda mencari cara untuk memulai karir HR, maka mengejar gelar associate adalah langkah pertama yang perlu Anda ambil. Gelar associate di bidang sumber daya manusia akan membuka pintu bagi Anda di posisi awal di mana Anda memberikan dukungan administratif. Gelar associate di bidang sumber daya manusia membutuhkan waktu hingga dua tahun untuk diperoleh. Beberapa kursus juga akan mencakup:

  • Bahasa inggris

  • Manajemen proyek

  • Kompensasi dan keuntungan

  • Pelatihan dan pengembangan

Ini tergantung pada apakah Anda ingin memajukan karir Anda, Anda dapat mengejar gelar sarjana Anda.

Gelar Sarjana dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Gelar sarjana di bidang SDM sangat cocok untuk orang-orang yang tidak memiliki pengalaman yang ingin mendapatkan posisi entry-level di bidang HR atau bagi mereka yang memegang gelar associate dan ingin memajukan karir. Gelar sarjana memberikan gaji awal lebih tinggi dan jalur yang jelas untuk kemajuan karir seiring memperoleh pengalaman profesional. Untuk menyelesaikannya biasanya diperlukan gelar empat tahun. Ini juga memberikan pendidikan yang luas dan mendalam di bidang sumber daya manusia. 

  • Evaluasi tingkat kepegawaian untuk membuat keputusan perekrutan

  • Mengembangkan pelatihan dan program karyawan

  • Memahami praktik terbaik hubungan karyawan dan tenaga kerja

  • Penelitian paket kompensasi dan tunjangan

Gelar Master dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Bagi mereka yang sedang bekerja di bidang HR untuk sementara waktu dan juga ingin terus maju dalam posisi manajemen atau bahkan eksekutif, gelar master mungkin merupakan langkah Anda berikutnya. Ini juga bisa menjadi cara tepat bagi orang-orang dengan pengalaman profesional yang ingin beralih ke HR.

Magister manajemen dalam bisang sumber daya manusia membutuhkan waktu 16 hingga 24 bulan. Ini akan membentuk Anda menjadi mitra strategis, membantu perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Anda akan mengambil kursus lanjutan yang mengeksplorasi dan menerapkan isu-isu seperti:

  • Perencanaan sumber daya yang strategis

  • Desain kompensasi dan kesetaraan gaji

  • Hak dan tanggung jawab karyawan

  • Manajemen sumber daya manusia internasional

Program Master ini sendiri menekankan kolaborasi, pemecahan masalah secara kreatif, pemikiran kritis, dan beberapa keterampilan dalam hal kepemimpinan serta membantu Anda untuk memajukan karir ini.

Demikian ulasan tentang Beberapa Gelar yang Anda Butuhkan untuk Berkarir di Bidang Sumber Daya Manusia seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment