Soloensis

Apa Saja Makanan Khas Daerah Sulawesi Barat? Berikut Daftar Menunya

images (3)

Sulawesi Barat merupakan sebuah provinsi pemekaran di Pulau Sulawesi yang beribukota di Mamuju. Daerah ini terkenal sebagai penghasil kakao dan juga biji kopi Robusta dan Arabika. Namun selain itu, makanan khas Sulawesi Barat juga sayang untuk dilewatkan jika mampir ke Mamuju. Penasaran dengan cita rasa makanan khas Sulawesi Barat? Simak beberapa menu Makanan Khas Daerah Sulawesi Barat berikut ini. 

Makanan Khas Daerah Sulawesi Barat

Kue Cucur

Berbicara mengenai makanan khas Sulawesi Barat, ternyata salah satu makanan yang populer yaitu kue cucur. Terbuat dari tepung beras dan gula merah yang digoreng dengan minyak kelapa khas Mandar, sehingga kuliner khas Mamuju Sulawesi Barat ini memiliki cita rasa manis khas yang dijamin membuat Anda tidak menyesal mencicipinya.

Bau Piapi

Apakah Anda suka hidangan berkuah dan hidangan seafood? Bau piapi bisa menjadi makanan khas Sulawesi Barat yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Kota Mamuju. Terbuat dari olahan daging ikan segar yang dimasak dengan kuah kuning menggunakan rempah-rempah, sehingga kuliner khas Mamuju ini akan membuat banyak orang ketagihan karena kelezatannya. Dilengkapi dengan sepiring nasi hangat, Anda pasti tidak bisa menolak kelezatan makanan khas Sulawesi Barat yang satu ini.

Apang

Mandah merupakan makanan khas Sulawesi Barat khususnya di daerah Mandar. Memiliki warna kecoklatan dan bahan dasarnya adalah gula jawa dan tepung beras, kue ini bisa menjadi camilan manis saat berlibur di Sulawesi Barat. 

Sambusa

Makanan khas Sulawesi Barat selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah Sambusa. Memiliki bentuk segitiga, Sambusa merupakan salah satu jenis gorengan yang diisi dengan daging ikan yang lezat. Kepopuleran kuliner khas Sulawesi Barat ini pun sudah tersebar luas dan selalu menjadi pilihan favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Mamuju dan sekitarnya.

Jepa

Jepa menjadi pilihan kuliner khas Suku Mandar berikutnya yang bisa Anda temui saat berkunjung ke Sulawesi Barat. Berbentuk pipih, bulat, makanan khas Sulawesi Barat ini berbahan dasar sagu atau singkong yang bagian tengahnya diperkaya rasa manis gula jawa.

Roti Pawa

Makanan khas Sulawesi Barat ini jika dilihat sekilas mirip bakpau. Isian kue tradisional Sulawesi Barat ini juga unik, yaitu olahan kacang tanah yang dicampur gula merah dan gula pasir. Sensasi lembut dan manisnya kacang tanah dan gula merah tentunya sangat menarik untuk dicoba.

Kue Paso

Pilihan makanan khas Sulawesi Barat yang bisa Anda temukan di Sulawesi Barat adalah Paso. Berbentuk kerucut dan dibungkus dengan daun pisang, Paso merupakan kue tradisional Sulawesi Barat yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula aren yang dicairkan. Sayangnya kuliner tradisional khas Mandar dengan tekstur kenyal dan rasa manis ini sudah mulai langka saat ini.

Bolu Paranggi

Mengunjungi pasar tradisional di Sulawesi Barat, khususnya di kawasan Mandar, tentunya tidak akan sulit untuk menemukan makanan khas Sulawesi Barat yang satu ini. Berbentuk mangkuk kecil, ternyata Bolu Paranggi terbuat dari tepung terigu dan gula aren sehingga memiliki rasa manis yang sangat enak. Bolu Paranggi sangat cocok dijadikan camilan sore hari dengan segelas teh panas atau kopi tubruk favorit Anda.

Kue Kui Kui

Jika Anda pernah mencicipi Kue Pukis, mungkin Anda akan mengira kalau makanan khas Sulawesi Barat ini adalah makanan yang sama. Namun Kui-Kui ini memiliki bentuk yang panjang sehingga enak untuk dicemilin. Dengan cita rasa yang tak jauh berbeda dengan kue pukis, makanan Mandar khas Sulawesi Barat ini cocok bagi Anda yang menyukai kuliner kue pukis.

Tetu

Makanan khas Sulawesi Barat berikutnya ini sangat mudah ditemukan menjelang bulan Ramadhan karena bahasa Tetu menjadi pilihan populer untuk berbuka puasa. Disajikan di atas daun pandang berbentuk persegi panjang, makanan khas Sulawesi Barat ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur gula jawa dan gula pasir. Campuran ini kemudian diaduk dengan menambahkan santan, lalu dikukus hingga matang.

Bikang

Bikang atau disebut juga serabi. Bikang merupakan makanan khas Sulawesi Barat yang cukup populer dan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di Sulawesi Barat. Jajanan ini terbuat dari tepung beras yang dituangkan ke dalam adonan adonan seperti pizza.

Golla Kambu

Golla kambu mirip dengan intan dari Jawa. Ternyata golla kambu memiliki rasa manis yang sangat khas. Makanan ini terbuat dari campuran ketan, kelapa parut, kacang tanah sangrai, dan gula merah. Lalu adonan tersebut dibungkus menggunakan daun pisang.

Kalumpang

Ada kabar baik bagi Anda para penggemar pizza. Pasalnya, Sulawesi Barat juga punya pizza khas daerah Mamuju bernama Kalumpang. Jika Anda berada di Pulau Karampuang di Mamuju, jangan lewatkan Kalumpang.

Loko Anjoroi

Loko anjoroi merupakan makanan khas Sulawesi Barat yang berbahan dasar pisang rebus. Makanan ini dipercaya mampu meredakan sakit maag. Cara membuatnya dengan merebus satu sisir pisang kapuk atau pisang raja beserta kulitnya. Kemudian kupas dan masukkan ke dalam adonan santan lalu aduk. Rasanya yang manis dan gurih sangat cocok jika disantap dengan sambal terasi.

Tumpi-Tumpi

Tumpi-tumpi sering juga disebut nugget khas Sulawesi Barat. Makanan khas Sulawesi Barat ini terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan kelapa parut. Hidangan ini biasanya menjadi santapan wajib pada perayaan adat.

Demikian ulasan tentang Apa Saja Makanan Khas Daerah Sulawesi Barat seperti yang dilansir slot gacor. Semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment