Soloensis

Apapun Pekerjaanmu, Setiap Wanita Itu Cantik.

Keberagaman - Solopos 2

Pekerjaan adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan hak (upah) setelah melakukan kewajiban. Sedangkan pengertian dari profesi sendiri adalah salah satu bidang dari pekerjaan yang didasari dengan keahlian tertentu. Profesi memiliki sifat dan karakteristik yang tidak terdapat pada jenis pekerjaan lainnya atau dengan kata lain adalah seseorang yang ahli dalam suatu pekerjaan tertentu.

Keberagaman tidak selalu tentang perbedaan suku, agama, ras, atau keyakinan, tetapi juga mencakup jenis pekerjaan atau profesi. Dalam praktiknya, keberagaman bisa ditemui di lingkungan sekitar kita. Keberagaman adalah perbedaan di antara manusia, disebabkan oleh usia, jenis kelamin, warna kulit, agama, pendidikan, pengalaman, dan sebagainya.

Keberagaman juga berkaitan dengan pekerjaan atau profesi. Sebab tiap manusia memiliki kemampuan dan keterampilan yang berbeda. Hal inilah yang kemudian menimbulkan keberagaman jenis pekerjaan atau profesi. Artinya tiap manusia memiliki pekerjaan yang berbeda satu dengan yang lain.

Lima jenis keberagaman dalam jenis pekerjaan atau profesi di sekitar kita adalah dosen, karyawan swasta, ibu rumah tangga, barista, perawat. Keberagaman jenis pekerjaan atau profesi tersebut sudah seharusnya untuk saling dihargai dan dihormati. Berikut beberapa cara menghargai perbedaan keberagaman pekerjaan atau profesi diantaranya adalah:

1. Menghormati pekerjaan orang lain dimanapun kita berada

2. Tidak membeda-bedakan berdasarkan jabatan atau golongannya

3.Tidak menghina atau mengejek suatu jenis pekerjaan, karena tiap orang memiliki ketrampilan yang berbeda

4. Bersikap sopan, ramah, dan santun terhadap orang lain yang memiliki pekerjaan berbeda dengan kita

5. Menghargai profesi satu sama lain serta tidak mendiskrimansi suatu pekerjaan tertentu

Kerap kali jabatan dan golongan suatu pekerjaan menentukan strata tertentu yang mengakibatkan lingkungan menjadi pecah belah, yang bekerja di bawah instansi pemerintah (berseragam) akan selalu dihormati dibandingkan seseorang yang tidak bekerja di instansi pemerintah, begitupun sebaliknya. Karena mereka beranggapan jika seseorang yang bekerja dengan pakaian rapi, bersepatu dan bertempat di AC memiliki gaji yang banyak, padahal bisa jadi seseorang yang bekerja dari rumah ataupun yang tidak ‘berseragam’ uangnya lebih banyak.

Di zaman sekarang Generasi Z lebih menyukai pekerjaan yang tidak terikat dengan waktu tertentu dan tidak harus menempuh perjalanan yang lama untuk menuju kantor serta lebih tertarik untuk mengambil kesempatan dalam pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah, seperti: menjadi conten creator, youtuber, bermain trading atau membuka usaha sendiri lewat online. 

Generasi Z juga memiliki kecenderungan untuk memperhatikan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, sehingga pekerjaan paruh waktu akan semakin popular ke depannya. Oleh sebab itu kita harus menghargai dan menghormati apapun yang menjadi pekerjaan dan profesi mereka.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Nimatul_Kharimah

    Add comment