Soloensis

Walau Beda Agama tapi Kita Tetap Bersama

international-group-women-with-flat-design_23-2147969236
Gambar: Freepik

      “Guys!! gimana nihh besok jadi main ke kedainya Grace gaa??” tanya salah seorang anak di ruang kelas pada siang itu. “Gw sih mau aja, yang lain gimana nih” jawab salah seorang anak. Ya, sesuai dengan ajakan temanku, besok minggu kami ingin berkumpul untuk sekedar bermain dan bersilaturahmi bersama. “Ehh, tapi sorry banget nih, kayanya besok minggu ga bisa, gw harus ke gereja” ucap seorang temanku yang beragama kristen. “Hm.. iya juga yaa, btw lo pulang dari gereja jam berapa??” tanya temanku memastikan. “ga lama kok, kayanya besok gw pulang dari gereja sekitar jam 10 siang-an” jawab temanku. “Yaudah kalo gitu besok kita main jam 11 an aja gimana?” ajak temanku. “Okee, boleh kok” jawab Grace selaku tuan rumah. Kita semua kompak menyetujui, disepakatilah kami akan bermain di kedai milik grace-temanku yang beragama kristen.

Pukul 11 siang kini aku sudah berada di kedai milik grace. Kita bermain bersama dan bersenang-senang senang. Sebelumnya kami juga meminta izin kepada orang tua Grace untuk bermain di sini. “Allahuakbar…Allahuakbar”, suara adzan menggema tanda sholat dzuhur telah dimulai. “Grace, sebelumnya gw boleh minta izin buat ibadah di sini ngga?” tanyaku. “Boleh kok boleh banget, buat wudhunya bisa di belakang ya!”. Ya, aku dan grace berbeda agama, tetapi Grace sangat menghargaiku dan menghormati kepercayaan yang aku anut, begitu juga ketika Grace meminta izin untuk beribadah, tentu aku akan mengizinkannya untuk beribadah. Bergegas aku mengambil air wudhu dan segera melaksanakan sholat dzuhur berjamaah bersama temanku yang lain. Setelah sholat kami melanjutkan bermain bersama.

Dari ceritaku diatas, aku belajar bahwa perbedaan agama bukanlah penghalang untuk kita saling bersatu dan bersama. Walau Indonesia memiliki banyak keragaman dan kebudayaan, kita sebagai seorang pelajar hendaklah untuk saling menghargai perbedaan-nya. Karena dari perbedaan yang ada itulah, yang akan membuat kita saling bersatu menjaga kedamaian dan kebersamaan ini.

 

Naiva Kencana Az Zahra

SMPN 19 SURAKARTA

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment