Soloensis

Keberagaman di Kota Surakarta

hand-drawn-international-group-women_23-2147965983
Gambar: Freepik

     Di kota Solo, ada banyak keberagaman yang menarik. Dan salah satu keberagaman yang paling mencolok adalah keberagaman agama. Ada beberapa tempat ibadah yang memang terkenal karena toleransinya.

     Saat P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dilaksanakan di SMP Negeri 19, sekolah saya mengambil tema Kebhinekaan Global. Saya dan teman-teman diberikan kesempatan untuk mengunjungi lima tempat ibadah terkenal di kota Solo. Tempat ibadah yang kami kunjungi, adalah Masjid Al-Hikmah, GKJ Joyodiningratan, Gereja Katolik San Inigo, Vihara Dhamma Sundara, dan Pura Indraprasta.

     Saya sangat kagum melihat sikap toleransi teman-teman saya. Awalnya, saya mengira, mereka akan bersikap tidak sopan saat mengunjungi tempat beribadah agama lain, ternyata pemikiran saya salah, mereka bersikap sangat sopan dan mengikuti peraturan dari masing- masing tempat ibadah.

     Tempat-tempat ibadah yang kami kunjungi ternyata juga menjalin toleransi yang baik dengan warga sekitar, bahkan dengan warga sekitar yang berbeda agama. Contohnya, Masjid Al- Hikmah dan GKJ Joyodiningratan yang bersebelahan satu sama lain, tidak pernah terjadi konflik antar pemeluk agama lain. Bahkan, mereka saling membantu dan mengerti satu sama lain. Contohnya, saat ada hari besar agama yang berlangsung bersamaan, pengurus Masjid dan Gereja saling berkomunikasi satu sama lain untuk mencari jalan tengah, agar tidak terjadi gesekan dan konflik antar kedua pihak.

     Melalui P5 Kebhinekaan Global yang diadakan oleh SMP Negeri 19 ini, saya dan teman-teman mengetahui bahwa toleransi dikota Solo sangatlah kuat. Saya juga mulai menyadari, bahwa keberagaman adalah sesuatu yang memang selalu ada dan harus diterima didalam kehidupan ini, perbedaan bukanlah alasan untuk terpecah belah.

 

Naomi Amazen Bahtera Kirmitzy

SMPN 19 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment