Soloensis

Mulut Mereka

couple-conflicts-concept-illustration_23-2148603202
Gambar: Freepik

     Nama ku I. Aku akan menceritakan kisah ku saat aku masih di Jkt. Aku tinggal di Jkt sejak lahir, hingga aku lulus dari TK. Pengalaman ku di sana benar-benar tidak menyenangkan, mengapa? karena mulut mereka suka ceplas-ceplos ga pernah di pikir dulu sebelum berbicara, giliran mereka di perlalukan yang sama dengan yang mereka lakukan kepada ku malah ga terima. Jkt katanya dikenal dengan penduduk nya yang RAMAH, seandainya mereka tahu sisi gelap dari penduduk Jkt (bukan bermaksud ingin menjelek-jelekan kota dan penduduk nya, saya hanya cerita tentang lingkungan sekitar saya disana). Dari kecil saya selalu di bully, gak di lingkungan rumah ataupun di sekolah.. semua sama Saja. “cengeng ihh”, “hidung nya mana?”, “lari kok kayak bebek” kata-kata itu setiap hari pasti ada, muak saya denger nya.

     Oke saya akan menceritakan pengalaman saya saat disekolah. Jadi tuh teman- teman TK saya memiliki mama yang punya waktu luang (gak semua sih), jadi mama mereka selalu menunggu di depan sekolah hingga waktu pulang. Saya iri dengan mereka karena mama nya punya waktu banyak untuk anak nya, dan saya sedih sekali karena mama saya sibuk bekerja dari pagi hingga malam.

     Nah akan menceritakan kejadian saya di sekolah. Jadi anak-anak yang mama nya menunggu di depan sekolah merasa dirinya punya “backingan” yang mendukung mereka selama pelajaran berlangsung, ada salah satu teman saya yang kerjaan nya suka mengejek dan memilih teman. Sebut aja A, A setiap hari suka mengejek teman nya yang memiliki kekurangan kalau misal anak yang di ejek oleh A menangis, A ber-alasan kalua “Cuma di ajak bercanda malah baper” saya gedek banget sama si A.

     Dia juga mengejek saya, tak hanya di kelas di depan orang tua A juga dia mengejek saya karena mama Saya jarang menunggu saya di sekolah, dia selalu bilang “hahaha, kasian yaaa ga ada mama nya disini? mama nya gak sayang tuhhh hahaha. Kayak mamaku dongg, nungguin aku sampe pulang nihh” lalu mama A bukannya menasehati A malah mendukung A dengan bilang “mama nya malu tuh sama kamu” dengan nada kecil tapi juga seperti ngejek. Saya sangat jengkel dengan mereka bahkan ibu-ibu yang lain ga ada yang membela saya mereka hanya dia saja. Suatu hari mama saya punya waktu untuk saya, jadi mama saya mau menunggu saya di sekolah, aneh nya mulut mama nya A ini nggak kaya biasanya yang pedes pedes gitu.

     Di depan mama saya mama nya A ramah banget mulut nya, ga hanya itu saya juga di kasih coklat dari mama nya A. Entah kenapa mama nya A seperti itu tiba-tiba, tapi sikap nya yg kayak gitu membuat saya makin jengkel. A orang nya perfect sih menurut ku tapi tampilan luar nya doang kalo dalem nya nggak. A suka memilih milih teman di kelas, siapa yang mau nurut dengan maka setiap hari A akan memberinya hadiah (khusus ke temen nya aja) tapi temannya A tidak terlalu banyak hanya 4 orang saja itupun anak-anak yang berkelas seperti A.

     Sekarang saya akan bercerita pengalaman saya di lingkungan rumah. Jadi, di rumah itu saya tinggal bersama nenek saya (karena rumah itu punya nenek).Mama dan nenek saya tidak pernah mengolok-olok saya, jadi saya akan cerita perlakuan yang tidak baik dari tetangga saya. Saya di lingkungan rumah saya pada waktu itu dikenal “cengeng” dan memang sih saya cengeng. kalau saja saya tidak meniru adegan di sinetron mungkin saya tidak akan seperti itu.

     Tetangga saya berinisial neneknya M dan Z, M itu perempuan dan seumur dengan saya dan Z juga perempuan tapi lebih tua daripada saya (kalau tidak salah Z sudah kelas 5 SD). Mereka berdua setiap hari suka memancing emosional saya, dan saya masih ingat sekali hingga sekarang apa yang mereka lakukan kepada saya, Z sering memandang saya sebelah mata (sinis) katanya dia tidak ingin berteman dengan anak cengeng yaitu saya sedangkan nenek nya M itu sering mengusir saya jika berada di rumah M saat bermain dengan M, nenek M bilang

     “M jangan main sama I, ntar ketularan cengeng nya lho.. udah sana kamu I, M mau tidur siang” alasan itu yang digunakan nenek M saat mengusir saya, tampak nya nenek M tidak suka dengan anak cengeng memang nya apa salah nya sih anak kecil cengeng? bukan kah itu biasa? setelah nenek M berkata seperti itu seketika saya mulai menangis dan pulang ke rumah.

     Saya menceritakan apa yang nenek nya M bilang tadi ke nenek saya, nenek saya yang mendengar cerita saya greget hanya karna saya cengeng itu menjadi alasan orang-orang membully saya nenek saya bilang kalau itu hanya bercanda nenek saya bilang begitu agar saya tidak terlalu menanggapi haltersebut. Setelah lulus TK, saya dan mamasaya pindah ke Tgr menyusul papa saya yang bekerja disana. Di Tgr saya tidak pernah diolok-olok lagi, syukur orang-orang disana ramah tidak ada yang ceplas-ceplos kalau ngomong.

    Dan.. ya.. mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan seperti apa tajam nya perkataan yang saya terima saat itu, sekarang saya sudah tidak cengeng lagi karna saya takut hal yang sama terjadi lagi.

 

Nama  : Intan Ayu Sri Fadilah

Sekolah: SMP Negeri 11 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment