Soloensis

Keberagaman Budaya

diverse-people-3d-composition_23-2150619000
Gambar: Freepik

      Indonesia adalah negara dengan sejuta keberagaman. Keberagaman budaya (cultural diversity) adalah keniscayaan yang ada di bumi Indonesia. Keberagaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dalam lingkungan keluarga terkadang menjadi hal lumrah jika terdapat perbedaan, tetapi tak jarang juga perbedaan menjadi bumbu-bumbu konflik dalam lingkungan keluarga.

     Saya pernah memiliki pengalaman perbedaan budaya di lingkungan keluarga. Pada tanggal 17 Oktober 2016, Ibu saya yang bernama Willa telah melahirkan anak keduanya yang bernama Haidar Adibya Bagaskara. Ibu saya adalah tipe ibu muda jaman now yang teknik perenting nya mengikuti jaman dan sangat berbanding terbalik dengan teknik perenting nenek saya yang sudah menjadi budaya-nya sejak dahulu. Nenek saya memiliki 5 anak, dan Willa adalah anak terakhir nya.

     Saat Haidar lahir, nenek saya menyarankan kepada Willa untuk membedong Haidar saat tidur. Nenek saya beranggapan bahwa dengan membedong baby bisa menghangatkan dan membentuk postur tubuh yang bagus sejak kecil. Tapi tidak dengan Willa. Dia beranggapan jika baby dibedong saat tidur malah akan membatasi pergerakan dan pernafasan baby. Baby menjadi tidak bisa bergerak secara leluasa dan merasa sumpek.

     Dan masalah kehangatan, Willa bisa menyelimuti baby-nya. Sudah beberapa kali nenek saya mencoba membujuk Willa untuk membedong Haidar saat tidur. Tetapi Willa tetap berkomitmen dengan teknik perenting nya. Hingga sekarang, Haidar telah berumur 7 tahun. Terbukti postur tubuh dan kaki haidar tetap bagus walaupun sejak Haidar kecil, ia tidak dibedong oleh ibu nya.

~”kemarin adalah pengalaman, hari ini adalah pembelajaran, dan besok adalah masa depan.”

 

Listya Safa Thalita

SMPN 19 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment