Soloensis

KEAJAIBAN DI TENGAH PERBEDAAN

IMG_20240330_221210

Berbagi kasih adalah salah satu hal yang diajarkan di agama saya, Kristiani. Sebagai Gereja yang bertujuan untuk melakukan visi Allah, Gereja Mawar Sharon (GMS)  dimana tempat saya beribadah, mereka mengadakan Yayasan Mawar Sharon Peduli (MSP). Mawar Sharon Peduli merupakan yayasan sosial Kristen yang lahir dari sebuah panggilan untuk membagikan kasih dan berkat kepada sesama tanpa menunda. 

 

            Latar belakang berdirinya yayasan Mawar Sharon Peduli ini saat masa pandemi Covid-19 atau Coronavirus Disease 2019. Mawar Sharon Peduli memiliki niat untuk membagikan baju APD (Alat Pelindung Diri) kepada Nakes di beberapa Rumah Sakit dan juga memberikan paket vitamin untuk dibagikan melalui Rumah Sakit. Setelah itu, mereka berniat untuk melanjutkan kepedulian mereka di berbagai aspek. 

 

       Kepedulian mereka semakin bertambah untuk berbagi kasih terhadap sesama. Mereka menambah banyak bantuan berupa Food Bank dan Rumah Keluarga. Rumah Keluarga didirikan bertujuan untuk menyediakan tempat anak yatim piatu. Mereka beranggapan tidak ada seorangpun yang diizinkan “meyatim – piatu kan” atau meletakkan anak – anak di posidi yang lebih rendah. 

 

Hadir-Nya Tuhan di tengah – tengah yayasan sosial tersebut, akhirnya mereka bekerjasama dengan pemerintah kota Surabaya untuk membagikan sembako dan gerobak sampah di halaman Balai Kota Surabaya. Mawar Sharon Peduli melakukan kegiatan kasih tersebut saat menjelang Perayaan Natal. Kegiatan tersebut diberi nama “Peduli Tukang Sampah” pada tanggal 13 Desember 2023 pukul 10.00 WIB. Terdengar banyak gerakan langkah yang mulai berdatangan ke acara tersebut. Orang banyak menyuarakan sorak sorainya dengan penuh kegembiraan. Mereka bergembira diiringi oleh alunan – alunan lagu jaman dulu yang membuat mereka bernostalgia. Orang – orang yang berdatangan semakin banyak dan Edric Tjandra selaku pemandu acara tersebut semakin berkobar – kobar semangatnya. 

 

          Tidak lupa mereka membawa buah tangan berupa sembako yang berjumlah kurang lebih 3.100 sampai 4.000 sembako. Pemberian 10 gerobak kepada tukang sampah di Surabaya diserahkan secara simbolis oleh Pembina yayasan Mawar Sharon Peduli, Pastor Philip Mantofa kepada Walikota Surabaya bapak Eri Cahyadi. Mawar Sharon Peduli tidak memandang dari segala suku, budaya, ras, agama untuk membagikan kasih yang tidak menunda. 

 

       Mawar Sharon Peduli tidak hanya sampai situ saja, mereka juga menyediakan beragam bantuan terhadap orang – orang banyak. Salah satu yang membuat saya terkesan adalah, mereka membuka lapak donasi untuk anak – anak yang berusia sekolah tetapi kesulitan dengan biaya sekolah tersebut. Program donasi beasiswa tersebut dinamakan “MSP Pelajar”. Sudah banyak anak yang terbantu pendidikannya karena program donasi beasiswa sekolah tersebut. Tidak lupa mereka juga bersedia untuk mendoakan anak yang mendapatkan beasiswa termasuk orang tua wali mereka. Mawar Sharon Peduli mendoakan anak dan orang tua wali tersebut demi kelangsungan hidup mereka. 

 

         Banyak program yang sudah dilakukan oleh Mawar Sharon Peduli untuk berbagi kasih yang tidak tertunda. Mereka memberikan kepedulian mereka dengan penuh kasih dan tidak memandang latar belakang orang lain. Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November 2023, Mawar Sharon Peduli telah menerima Piagam Penghargaan dari Walikota Surabaya atas peran aktifnya membantu program Pemerintah Surabaya kepada keluarga pra sejahtera melalui program Food Bank. 

 

      Sukacita dapat kita rasakan di tengah – tengah perbedaan yang beragam di Indonesia. Tidak memandang bagaimana latar belakang orang lain. Kita dapat hidup sejahtera dan berdampingan jika kita dapat merasakan betapa indahnya perbedaan di sekitar kita dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment