Soloensis

Tips Menabung Cepat dan Gampang, Berhasil dalam Sebulan!

Menabung untuk sebagian orang bukan aktivitas yang gampang. Ada beberapa bujukan seperti beli kopi modern, jadi korban promo toko online, dan berbagai hal yang lain dapat menjerumuskan pada pemborosan.

Agar tidak tercemari rutinitas jelek itu, sebaiknya untuk Anda untuk ikuti Tips menabung mudah dan cepat di bawah ini.

Terdapat beberapa Tips menabung mudah dan cepat yang dapat Anda kerjakan secara berdikari. Apa itu? Yok baca artikel yang telah ACLC KPK rangkum ini. Baca sampai habis, ya!

Apa Itu Menabung?

Menabung ialah usaha menyisihkan beberapa pendapatan dan menyimpan sebagai dana cadangan. Dana cadangan itu bisa dipakai untuk beragam kebutuhan. Dapat untuk beli barang yang diharapkan, pergi berlibur, sampai kepentingan besar seperti ongkos pernikahan dan membeli rumah.

Mengapa perlu menabung?

Menabung sebagai hal yang penting karena Anda bisa mempunyai dana cadangan bila terjadi suatu hal yang tidak diharapkan di periode kedepan. Kebalikannya, bila Anda tidak menabung, Kamu dapat memiliki kebiasaan boros dan terbelit utang.

Di samping itu, Anda dapat memakai dana itu untuk beli kepentingan tertentu. Misalnya, Anda ingin beli pakaian dengan harga Rp300.000. Dana yang dapat Anda tabung sepanjang seminggu sebesar Rp100.000. Karena itu Kamu bisa beli pakaian itu bila stabil menabung sepanjang 3 minggu.

Cara menabung di bank

Jika Anda telah mempunyai rekening di bank, ada dua sistem yang bisa Anda kerjakan untuk menabung, yakni langsung ke bank dan secara online. Bagaimana itu? Yuk simak satu per satu!

Langsung ke bank

Cara menabung ini ialah langkah konvensional dan kerap dipakai oleh warga Indonesia. Detilnya seperti berikut:

  • Mendatangi kantor cabang bank paling dekat dan mengambil nomor antrean.
  • Persiapkan uang yang ingin diberikan dan buku tabungan Anda.
  • Isi formulir untuk menabung. Janganlah sampai salah menulis data diri dan nominal yang ingin Anda tabung, ya!
  • Tunggulah hingga teller panggil nomor Anda
  • Berikan form tabungan dan uang yang Anda membawa ke teller. Teller akan hitung uang Anda dan memeriksa keaslian data formulir yang diisi.
  • Saat sudah usai, dalam buku tabungan Anda akan tercatat nominal yang baru disetor dan keseluruhan tabungan Anda di rekening.

Daring/Menggunakan M-Banking

Sebagai catatan, Anda membutuhkan dua rekening untuk memakai langkah menabung ini. Detilnya seperti berikut:

  • Bukalah rekening bank pengirim di m-banking dalam gawai Anda.
  • Tentukan menu transfer. Bila mentransfer dengan bank yang serupa, umumnya bakal ada opsi untuk mengirimi ke rekening sendiri. Bila tidak, karena itu Anda perlu pilih menu transfer ke bank lain.
  • Pilih bank arah Anda. Bila Anda mengirim dana ke rekening sendiri, karena itu Anda tak perlu lakukan cara ini.
  • Ketikkan nomor rekening arah.
  • Tulis nominal yang ingin Anda transfer.
  • Masukkan sandi transaksi bisnis Anda.
  • Bila sukses, akan ada bukti transfer dalam program m-banking Anda.
  • Kamu bisa membuka rekening arah dan memeriksa apa dana yang ditransfer telah masuk.
  • Apabila sudah, karena itu Anda sudah menuntaskan proses menabung.

7 tips menabung cepat dan mudah

Nach, bila Anda telah pahami caranya, saat ini waktunya untuk pahami 10 Tips menabung mudah dan cepat. Apa itu? Berikut tips-nya:

Tetapkan arah menabung Anda

Tips menabung yang pertama ialah tentukan arah tabungan Anda. Apa ingin memakai tabungan untuk menyisihkan dana cadangan atau ingin beli barang tertentu yang tidak bisa dibeli waktu itu juga.

Pastikan arah Anda terang dan tidak beririsan dengan arah lain. Jika memang perlu, Anda dapat membuat beberapa tabungan sekalian.

Tentukan batasan waktu dan jumlah dana yang ditabung

Tips menabung cepat yang ke-2 ialah tentukan batas waktu dan jumlah yang ingin ditabung. Misalnya, Anda ingin beli buku terkini dengan harga Rp 500.000. Karena itu tetapkan batas waktu menabung Kamu sesuai kekuatan menabung. Imbangkan dengan keperluan sehari-hari.

Membuat bujet dan mengurus keuangan

Tips menabung cepat yang ke-3 ialah membuat bujet. Bujet ialah pendistribusian dana berdasar keperluan Kamu. Misalnya, pada sebuah bulan Anda perlu menyisihkan dana untuk transportasi, makan, dan menabung. Dari pendapatan satu bulan sejumlah Rp500.000, pisah dana Anda seperti berikut:

  • Dana transportasi: Rp100.000
  • Dana makan : Rp300.000
  • Dana tabungan : Rp100.000

Hingga, prinsipnya ialah hitung kepentingan primer dan sehari-hari lebih dahulu, baru selanjutnya tersisa dana untuk menabung. Ini termasuk juga ke management keuangan simpel yang bisa Anda aplikasikan sendiri di rumah.

Manfaatkan aplikasi pendataan keuangan

Tips menabung cepat yang ke-4 ialah menulis transaksi bisnis keuangan. Bila Anda ialah orang yang pelupa, tulislah tiap transaksi bisnis Anda dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Ini bisa dipakai untuk penilaian dan mencari reputasi keuangan Kamu.

Anda bisa menulis transaksinya dengan memakai buku akuntansi konservatif. Tetapi, bila dirasakan terlampau sulit, ada beberapa program pencatatan keuangan yang dapat Kamu ambil di Play Store dan App Store.

Gunakan rekening terpisah

Tips menabung cepat yang ke-5 adalah menggunakan rekening berlainan.Bila realitas dan diperlukan, Anda bisa pisahkan di antara rekening khusus tabungan dan rekening untuk kebutuhan setiap hari. Dengan demikian, Anda tak perlu cemas untuk hitung berapa tersisa dana yang dapat Anda pakai di luar dana tabungan.

Menabung terbalik tanggal

Tips menabung cepat yang ke enam ialah menabung kebalik tanggal. Idenya ialah menabung sepanjang satu bulan sarat dengan nominal yang kebalik setiap harinya.

Misalkan, ada 30 hari dalam satu bulan. Anda dapat mengaplikasikan langkah ini dengan menabung sejumlah Rp30.000 di tanggal 1. Selanjutnya, Anda menabung kembali sejumlah Rp29.000 di tanggal 2. Demikian selanjutnya sampai Anda capai tanggal 30 dan perlu menabung sejumlah Rp10.000.

Nach, dengan menggunakan Tips menabung ini, Anda dapat mendapatkan dana sejumlah Rp465.000 dalam satu bulan!

Membatasi dan kurangi pengeluaran sekunder dan tersier

Tips menabung selanjutnya ialah membatasi pengeluaran. Selainnya membuat bujet, Kamu perlu batasi pengeluaran-pengeluaran yang tak perlu atau stimulanif. Misalnya, bila masih ada air mineral di dalam rumah, Anda tidak harus beli kopi tiap hari sebagai pemuas dahaga Kamu.

 

Nah, bagaimana? Gampang kan? Kamu bisa mempraktikkan beberapa tips menabung mudah dan cepat di atas dimulai dari sekarang.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment