Soloensis

Pertemanan dalam Perbedaan

hand-drawn-diversity-concept-background_23-2148187955

Dulu, aku adalah siswi yang duduk di bangku SD. Aku mempunyai banyak teman yang berbeda agama, ras, suku, budaya, dll. Aku sangat senang tapi di sisi lain aku juga harus bisa menyesuaikan diri, aku dan teman-temanku tidak pernah membedabedakan satu sama lain dan kita selalu belajar untuk menghargai dan menghormati orang lain.

Suatu hari, aku dan teman teman ku berencana untuk bermain bersama. Tetapi pada hari itu ada salah satu dari kita menggikuti acara budaya pada kampung halamannya. Jadi, kami memutuskan untuk mencari hari lain dan pada hari itu. Kami ikut meramaikan acara pada kampung halaman salah satu teman kita itu, tanpa pengetahuan ia. Dia bernama Diva.

Saat sampainya di sana, kita sangat senang dan terhibur dengan acara tersebut. Lalu, kami menemui diva. Saat ia melihat kita, Diva terkejut dan sangat bahagia melihat kita berada di acara tersebut karena dia tidak berfikir. Kalau kita akan datang menonton acara tersebut. Setelah acara itu selesai, kami diajak belajar tentang budaya mereka.

Tentunya kami sangat senang, karena bisa belajar budaya lain yang pastinya kita belum tau sebelumnya. Kami disambut dengan baik oleh warga kampung disana, kami juga di beri makanan- makanan khas budaya sana. Pastinya kami sangat senang karena kami pulang membawa ilmu yang berguna.

Saat kami ingin pulang, kami berpamitan kepada keluarga diva dan sebagian warga kampung disana. Mereka mengucapkan banyak terimakasih karena kami ikut serta meramaikan acara budaya disana dan kami tidak menolak untuk diajarkan budaya-budaya yang ada disana. Kami pulang dibawakan oleh-oleh yang khas dari kampung disana.

Kami pulang membawa pelajaran yang berharga dan kami banyak belajar budaya-budaya lain. Dari situ kami tau bahwa kebersamaan yang selalu kita lakukan bisa menjadi pelajaran yang berharga.

 

Chintya Rahmawati Putri 

SMPN 10 SKA

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment