Soloensis

Indahnya Keberagaman Dalam Keluarga

religion1
Ilustrasi keberagaman.

     Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keragaman seperti budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, dan bahasa. Indonesia mengakui 6 agama dengan kepercayaan berbeda beda yaitu Agama Islam, Agama Kristen, Agama Katolik, Agama Hindu, Agama Buddha dan Agama Khonghucu. Meskipun memiliki agama yang berbeda beda Indonesia tetap menjadi satu, tidak terpecah belah, dan memiliki toleransi yang sangat tinggi.
     Perbedaan kepercayaan tidak membuat Indonesia terpecah belah. Sesuai dengan Semboyang Bhinneka Tunggal Ika yaitu berbeda beda tetapi tetap satu, maka meskipun memiliki keberagaman budaya Indonesia tetap satu . Perbedaan ini tidak membuat perselisihan antar perbedaan agama yang ada , Indonesia memiliki rasa toleransi yang tinggi antar umat yang beragama.
     Seperti perbedaan yang terjadi di sebuah keluarga , saya memiliki bibi yang berbeda agama karena dia mengikuti agama dari suaminya , yaitu menganut agama kristen. Bibi saya dahulu beragama Islam terus dia mengikuti agama dari suaminya, bisa dikatakan cinta beda agama .  Saya dan keluarga besar  hanya bisa pasrah dan menerima keputusan dari bibi yang berpindah agama . Tetapi walaupun kita berbeda ketakutan kita selalu rukun dan saling mengormati .
     Sudah menjadi tradisi setelah hari lebaran saya dan keluarga mengadakan  acara halal bihalal , bibi dan sekeluarganya juga ikut acara tersebut walaupun berbeda agama , mereka tetap menghormati dan ikut berkumpul untuk mengikuti acara halal bihalal. Halal bihalal bukan hanya untuk orang Islam saja ,tetapi juga untuk menyatukan keluarga walaupun berbeda kepercayaan . Lebaran itu sangat indah apabila kita bisa berkumpul bersama keluarga besar. Perbedaan juga dalam keluarga mengajarkan untuk saling menghargai, menghormati,  bertoleransi , perbedaan perbedaan itu yang membuat kita bersatu.
     Suatu perbedaan kepercayaan didalam keluarga atau masyarakat , tidak menjadi alasan untuk terjadi alasan untuk terpecah belah , saling mengejek , saling mengolok olok , menghina kepercayaan orang lain. Itu sangat tidak baik , sebagai warga negara Indonesia kita harus memiliki rasa toleransi yang tinggi terhadap teman atau keluarga yang berbeda agama .Meskipun berbeda agama, kita tidak boleh saling mengejek dan menjelek-jelekkan. Kita harus hidup rukun, saling menghargai, dan saling menghormati perbedaan.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment