Soloensis

Tips Outbound di Kampoeng Djawi Jombang Oleh Outbound Surabaya

Menjadi destinasi wisata yang cukup di kenal oleh masyrakat Jombang bahkan Jawa Timur, Kampoeng Djawi kini semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik yang hanya ingin berlibur maupun menyelenggarakan suatu kegiatan tertentu. Adapun salah satu tujuan kegiatan yang cukup familiar di tempat ini yaitu outbound. Jika anda berminat, berikut tips menyelenggarakan outbound di Kampung Djawi yang bisa menjadi referensi.

Ada berbagai jenis outbound yang bisa diselenggarakan di Kampoeng Djawi, seperti outbound education, outbound fun games, outbound adventure, dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan outbound ini dapat ditujukan untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak, pelajar, mahasiswa, pegawai/karyawan, bahkan komunitas-komunitas tertentu.

Adapun sebelum memutuskan untuk menyelenggarakan outbound di Kampoeng Djawi, ada beberapa tips di bawah ini yang perlu diperhatikan.

Tips Menyelenggarakan Outbound Di Kampoeng Djawi

1.  Menyusun Program

Langkah awal penyelenggaraan outbound di Kampoeng Djawi yang pertama adalah memastikan anda menyusun program yang tepat terkait pengadaan kegiatan tersebut. Tentu saja program yang disusun harus mempertimbangkan karakteristik Kampung Djawi sebagai acuannya.

Dengan beradasar pada apa yang bisa dilakukan di Kampoeng Djawi, maka akan memperbesar peluang suksesnya implementasi program terhadap sasaran yang ingin dicapai dari peserta.

Memilih Disain Program Outbound Yang Sesuai Akan Memebri Dampak Positif

2.  Menentukan Jenis Outbound

Seperti yang sebelumya disampaikan, outbound di Kampoeng Djawi bisa diselenggarakan dalam beberapa jenis dengan masing-masing konsep yang berbeda. Perbedaan ini ditentukan oleh program, target, klasifikasi peserta, hingga sarana-prasana yang tersedia.

Pastikan jenis outbound yang akan dipilih telah disesuaikan dengan konsep yang ingin dibangun selama kegiatan berlangsung. Jika anda belum memiliki pengalaman di bidang ini, anda bisa melakukan konsultasi dengan menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut baik mengenal Jasa Outbound Surabaya secara umum maupun Kampung Djawi secara khusus.

3.  Memilih Fasilitator Trainer Outbound

Tidak hanya jenis atau konsep, keberhasilan outbound dalam memberikan feedback terhadap peserta juga ditentukan oleh fasilitator. Meskipun di Kampoeng Djawi Wonosalam telah tersedia fasilitas pendukung yang lengkap dan memadai bukan berarti sudah mencukupi untuk menunjang kegiatan outbound.

Meskipun hanya diperuntukkan bagi kalangan anak sekalipun, fasilitator tetap menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam penyelenggaraan outbound di Kampoeng Djawi. Untuk itu gunakanlah jasa outbound dengan fasilitator yang kompeten di bidang pengembangan sumber daya sekaligus memahami lingkungan Kampoeng Djawi.

4.  Menyesuaikan Anggaran Dan Akomodasi

Sebagai kelanjutan dari penyusunan program di atas, anggaran juga penting untuk mengukur akomodasi yang bisa diberikan kepada peserta. Outbound di Kampung Djawi dapat diselenggarakan selama beberapa hari tertentu dengan fasilitas menginap maupun hanya satu hari tanpa menginap.

Adapun akomodasi yang akan diperoleh bagi penyelenggara disesuaikan dengan rancangan anggaran yang dibuat. Jika memungkinkan, semua fasilitas pendukung baik indoor maupun outdoor yang tersedia di Kampung Djawi bisa dimanfaatkan untuk menunjang selama kegiatan berlangsung, tentu harus dengan budget yang mencukupi.

5.  Menyediakan Kegiatan Experiental Learning

Kegiatan pendukung yang dimaksud hanya diperuntukkan sebagai refleksi setelah kegiatan diadakan. Setelah peserta menerima pembekalan melalui outbound di Kampoeng Djawi, peserta membutuhkan aktivitas khusus agar bisa mengetahui bagaimana cara mengimplementasikan pelajaran yang diperoleh pada bidangnya.

Cara memberikan kegiatan pendukung sendiri menyesuaikan dengan klasifikasi peserta, misalkan pegawai, pelajar, atau umum. Kegiatan tersebut dapat dibangun dengan konsep yang menyerupai lingkungan kantor, sekolah, organisasi, maupun lainnya. Dengan demikian peserta akan lebih mudah menerapkan hasil dari kegiatan outbound ke dalam pekerjaannya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    M.Alihida Ma'ruf

    Traveling Family | Pengusaha Kopi Wonosalam | Konsultan Outbound Indonesia | Konsultan Sidoarjo Digital Marketing

    View all posts

    Add comment