Soloensis

Yuk Ketahui Beberapa Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas

images - 2024-01-28T004927.043

Hp yang cepat panas sudah menjadi masalah umum sejak lama. Penyebabnya sebagian besar karena paparan sinar matahari langsung atau penggunaan berlebihan. Pasalnya, semakin keras prosesor smartphone bekerja, maka panas yang dihasilkan juga akan semakin besar.

Selain itu penyebab lainnya adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan dan pengisian daya yang terlalu lama. Jika HP kamu terlalu panas tentunya dapat menyebabkan beberapa masalah seperti kerusakan komponen, kebocoran baterai, atau mati total. Nah berikut ini kami akan membahas beberapa penyebab dan cara mengatasi Hp Cepat Panas. 

Penyebab Hp Cepat Panas

Masalah Pada Baterai

Ketika performa baterai menurun maka daya baterai akan cepat boros pada penggunaan hp. Hal ini menyebabkan baterai cepat terkuras. Selain itu, baterai yang boros juga bisa membuat HP mudah panas. Jika masalahnya ada pada baterai, maka bagian hp yang mudah panas terletak pada bodi belakang ponsel. Masalah baterai sangat serius. Banyak penyebab hp meledak disebabkan oleh masalah baterai.

Bug Di Sistem Operasi

Penyebab hp cepat panas karena ada bug pada OSnya. Bug pada OS dapat menyebabkan konsumsi daya melebihi batas normal. Bug akan membuat fitur dan aplikasi bawaan bekerja secara terus menerus di latar belakang. Konfigurasi yang tidak maksimal disebabkan oleh adanya bug pada baterai cepat boros dan hp mudah panas. Solusi untuk mengatasinya cukup dengan memperbarui sistem operasi.

Bug Di Aplikasi

Bug atau error sering terjadi pada beberapa aplikasi. Salah satu bug yang mengganggu yaitu membuat aplikasi terus bekerja pada latar belakang. Kesalahan akibat kegagalan koneksi ke server juga membuat aplikasi bekerja secara terus menerus.

Selain menggunakan RAM dan baterai, namun aplikasi yang bekerja secara terus menerus membuat hp mudah panas. Cara mengatasinya yaitu dengan memperbarui aplikasi di App Store atau Play Store. Jika tidak ada pembaruan, Anda dapat menghapus sementara aplikasi tersebut.

Streaming Selama Berjam-Jam

Penyebab hp panas selanjutnya yaitu karena menonton film streaming selama berjam-jam. Menonton film di aplikasi yang bekerja secara terus menerus bisa membuat baterai boros. Menonton streaming selama berjam-jam bisa membuat layar, speaker, dan modem akan mudah panas. Jika layar tetap aktif dalam waktu lama, ponsel cepat panas, terutama di bagian depan.

Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Mengatur kecerahan layar terlalu tinggi membuat ponsel cepat panas. Meningkatkan kecerahan layar hp hingga maksimal akan membuat baterai bekerja lebih cepat. Selain membuat baterai cepat habis, maka layar juga mudah panas. Mengatur layar terlalu terang juga membuat mata mudah lelah. Hal ini akan membuat tidak nyaman karena mata mudah lelah.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Cara mengatasi hp cepat panas yang paling mudah adalah dengan menjauhkan hp dari sinar matahari langsung. Pasalnya, perangkat tersebut mampu menangkap panas matahari dan menahannya. Semakin panas dan semakin lama terkena sinar matahari, otomatis ponsel semakin panas. Selain itu, hindari meletakkan ponsel di dashboard mobil agar ponsel tidak terkena cahaya secara langsung.

Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan yang lebih tinggi pada layar akan membuat baterai bekerja lebih keras sehingga menghasilkan lebih banyak panas. Oleh karena itu, untuk mengatasi hp cepat panas, coba turunkan kecerahan layar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pelindung layar yang dapat membantu Anda melihat layar ponsel Anda di bawah sinar matahari.

Gunakan Pengisi Daya Asli

Meski terkadang memiliki tipe yang sama, namun ternyata tidak semua charger ponsel kompatibel dengan ponsel Anda. Agar aman dan hp kamu tidak cepat panas, gunakanlah charger asli dan resmi dari produsen yang kompatibel dengan hp kamu. Karena bisa jadi itu adalah salah satu sumber penyebab hp kamu cepat panas.

Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Terlalu banyak aplikasi yang digunakan dapat menyebabkan hp Anda bekerja lebih keras. Hal ini tentu saja menjadi penyebab ponsel cepat panas. Aplikasi yang tetap berjalan meski tidak digunakan membuat CPU bekerja ekstra sehingga bisa menyebabkan ponsel cepat panas. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menutup aplikasi jika sudah tidak digunakan.

Selalu Perbarui Aplikasi

Mengupdate aplikasi secara rutin bisa menjadi salah satu cara mengatasi hp cepat panas. Karena banyak pembaruan aplikasi yang juga menyertakan perbaikan bug. Sehingga pembaruan aplikasi juga dapat meningkatkan efisiensi ponsel Anda. 

Optimalkan Kinerja Baterai

Hal lain yang harus diperhatikan untuk mengatasi ponsel cepat panas adalah penggunaan baterai. Jika Anda menggunakan ponsel Android, Anda dapat melihat persentase masa pakai baterai yang digunakan aplikasi sejak pengisian daya penuh terakhir. Jika Anda menemukan aplikasi menguras baterai terlalu cepat, mungkin inilah saatnya untuk membatasi atau menghapusnya.

Hentikan Mengisi Daya Ponsel

Salah satu penyebab hp cepat panas adalah saat dicharge. Oleh karena itu, menghentikan pengisian daya ponsel bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Jadi daya ponsel Anda bisa mencapai 100 persen, maka pastikan Anda segera mencabutnya agar tidak panas.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Yuk Ketahui Beberapa Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas seperti yang dilansir liatogel. Semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment