Soloensis

Alasan Kenapa Keyboard Ergonomis Patut Anda Pertimbangkan

download (2)

Apakah Anda memiliki keyboard yang membuat pergelangan tangan Anda sakit pada saat bekerja? Apakah Anda berpikir untuk membeli yang baru? Dengan ratusan keyboard yang hadir di pasaran hadir dengan spesifikasi berbeda-beda, keyboard ergo menjadi pilihan yang cukup populer. Haruskah Anda membeli keyboard ergo? Apakah mereka ini benar-benar layak untuk dibelanjakan? Mari kita cari tahu.

Kenyamanan

Anda mungkin akan segera bertanya-tanya mengapa keyboard standar tidak memberikan kenyamanan sedangkan keyboard ergonomis memberikannya. Ya, itu karena bentuk desain dari keyboard yang satu ini. Keyboard ergonomis biasanya dibuat dengan sangat baik dan tersedia dalam beberapa desain dan bentuk yang dapat dipilih olehnAnda, tergantung pada preferensi pribadi dan kenyamanan tubuh Anda. Saat Anda mengetik di keyboard standar, seluruh tubuh, terutama di bagian atas, lalu menjadi tegang.

Anda mencapai posisi yang benar-benar tidak wajar segera setelah Anda meletakkan jari Anda pada keyboard standar. Lengan bawah Anda menjadi sempit, jari-jari Anda meregang pada sudut yang tidak tepat, dan setiap kali Anda menekan tuts dengan kuat untuk memukul huruf apa pun, gelombang kejut yang sangat kecil melewati tulang dan persendian jari Anda yang halus. Jika Anda adalah penderita radang sendi, jari-jari tidak bisa ditekuk. Segera setelah Anda mengendurkan tangan dan bahu Anda ini. 

Tangan dan bahu akan menjauh dari jangkauan keyboard standar, bukan? Di sinilah keyboard ergonomis berperan dan menjadi perhatian. Mereka hadir dalam desain berbeda yang dapat disesuaikan dengan postur tubuh Anda yang paling santai. Misalnya, keyboard terpisah memungkinkan Anda menyesuaikan sudut keyboard dan pengetikan, sehingga juga akan menghasilkan pengalaman mengetik yang nyaman.

Meningkatkan Produktivitas dan Pengetikan Anda

Keyboard ergonomis ini dapat meningkatkan produktivitas dan kecepatan mengetik pengguna secara signifikan. Saat Anda mengetik pada keyboard standar, Anda menjadi lebih cepat lelah, oleh karena itu, Anda terus beristirahat untuk bersantai dan meregangkan tangan. Akibatnya, Anda tidak bisa produktif secara maksimal. Pada keyboard ergonomis, maka Anda akan menemukan kurva pembelajaran di mana Anda akan memahami cara menggunakan keyboard ergonomis ini dan mengembangkan pegangannya.

Setelah Anda menaklukkan fase ini dan menguasai penggunaan keyboard ergonomis, produktivitas dan kecepatan mengetik Anda akan meningkat. Anda dapat menulis lebih cepat dan menyelesaikan tugas lebih cepat. Demikian pula, karena Anda dapat beristirahat dan bersantai dalam posisi yang nyaman saat mengetik, rasa lelah Anda berkurang, sehingga meningkatkan produktivitas dan jam kerja Anda. Apa pilihan yang lebih baik daripada membeli keyboard ergonomis dan meningkatkan produktivitas Anda?

Desain Lebih Baik

Keyboard ergonomis menawarkan kemudahan dan fungsi lebih baik, namun menambah fungsionalitas dan desain. Misalnya, keyboard ini memiliki berbagai tombol tambahan sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan mouse untuk bernavigasi. Misalnya, keyboard ergonomis memiliki tambahan seperti ini:

Tombol pintas di sekitar keyboard memungkinkan Anda bernavigasi dan berpindah-pindah antarmuka komputer.

Tombol yang dapat diprogram menambahkan pintasan untuk membuka berbagai program hanya dengan mengkliknya. Selain itu, keyboard ergonomis hadir dalam berbagai desain dan versi seperti genggam, split, berkontur, dll. (Untuk detailnya, lanjutkan ke bagian berikutnya).

Portabilitas dan Koneksi Nirkabel

Jika pekerjaan Anda melibatkan banyak perjalanan dan pekerjaan di luar ruangan, keyboard ergonomis sesuai dengan kebutuhan Anda. Keyboard ini hadir dalam berbagai desain dan gaya dan dengan mudah dibawa kemana-mana. Selain desainnya yang portabel, kabel ini juga nirkabel, sehingga tidak perlu lagi repot melepaskan dan menyambungkan kabel, sehingga ini semakin menambah kemudahan bagi Anda.

Nyaman untuk Bahu dan Punggung

Keyboard standaryang ada saat ini memiringkan lengan dalam bentuk V terbalik. Maka pada akibatnya, kemungkinan punggung dan bahu bungkuk meningkat berkali-kali lipat. Di sisi lain, saat menggunakan keyboard ergonomis, Anda menjaga tangan dan lengan ini pada posisi yang paling membuat Anda rileks. 

Hasilnya, punggung Anda lurus dan rileks, tidak meninggalkan ketegangan atau tekanan pada punggung Anda. Demikian pula, ketika Anda mengubah dari V terbalik ke postur lain, maka bahu sebagian besar akan segera digulung ke belakang, lalu membuat tubuh Anda rileks dan mendorong kenyamanan bahu.

Harga

Meskipun ada banyak sekali hal positif yang perlu Anda pertimbangkan pada saat membeli keyboard ergonomis, maka ada baiknya juga melihat sisi lain dari cerita tersebut. Meskipun keyboard ergonomis berguna, canggih, dan dirancang dengan baik, harganya jauh lebih mahal daripada yang ditawarkannya. 

Meskipun keyboard standar yang bagus harganya kurang dari $100, keyboard ergonomis mulai dari sekitar 2 juta rupiah. Itu sebabnya beberapa pengguna mengklaim bahwa keyboard ergonomis hanya sekedar hype dan tidak lebih. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa keyboard ergonomis mahal:

  • Kurang populer

  • Ia memiliki struktur lebih baik yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan

  • Produksinya rendah karena saat ini tidak banyak orang yang memilih berinvestasi pada keyboard ergonomis

Demikian ulasan tentang Alasan Kenapa Keyboard Ergonomis Patut Anda Pertimbangkan seperti yang dilansir liatogel, Semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment