Soloensis

Yuk Kenali Kegunaan Plastik Cor

Kecanggihan teknologi saat ini telah merambah ke beberapa sektor, salah satunya dalam dunia pembangunan. Misalnya saja plastik cor, komponen satu ini banyak terlibat di beberepa proyek besar. Tidak heran jika semakin banyak tempat jual plastik cor murah bermunculan.

Beberapa Hal Terkait Plastik Cor

Bahan baku utama yang digunakan dalam bangunan adalah semen atau beton. Namun dalam proses pembangunan tentu saja dibutuh material pendukung. Tujuannya adalah agar konstruksi yang dibuat cukup kuat dan tidak rentan untuk roboh.

Salah satu bahan material pendukung yang kini banyak digunakan dalam pembangunan adalah plastik cor. Apa itu plastik cor? Berikut ulasannya:

1. Merupakan Bahan Pendukung Material

Plastik cor merupakan bahan material pendukung yang biasanya digunakan dalam proses pengecoran bangunan. Penggunaannya bermanfaat untuk melapisi bagian dasar lantai. Pelapisan tersebut perlu dilakukan untuk mencegah perembesan langsung air semen ke permukaan tanah.

Apabila suatu konstruksi lantai dasar tidak dilapisi bahan material lain maka air semen akan sangat mudah bersentuhan langsung dengan tanah. Proses tersebut akan mengakibatkan kelembaban yang dapat berpengaruh besar pada bangunan. Maka dari itu lahirlah inovasi baru berupa plastik cor.

2. Berbeda dengan Jenis Plastik Lain

Plastik cor tidak bisa disamakan dengan jenis plastik lainnya yang berguna sebagai pembungkus makanan ataupun bahan dasar alat rumah tangga. Biasanya, material pembentuknya adalah polyextract. Selain itu sifatnya juga ramah lingkungan dan tidak berbahaya karena dapat di daur ulang.

Polyextract terdiri dari dua jenis, yaitu hijau dan bening. Kedua bahan tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Namun dapat dipastikan bahwa kualitasnya lebih unggul daripada bahan material pendukung lainnya yang terbuat dari besi atau semen.

3, Inovasi Penting dan Mudah Dalam Bangunan

Plastik cor yang merupakan material pendukung bangunan, kini banyak dipilih untuk digunakan. Bahan baku seperti semen dan cor beton memerlukan lapisan yang tahan air untuk membentuk pondasi yang kokoh. Selain itu plastik tersebut juga mudah ditemukan diberbagai toko jual plastik cor.

Keunggulan lain dari digunakannya plastik cor adalah kualitasnya yang lebih baik daripada bahan material pendukung lain. Sifatnya yang elastis membuat pekerja mudah dalam memanfaatkannya. Ketebelannya yang berkisar 0,05-0,1mm juga merupakan sebuah jaminan.

Apa Saja Kegunaan Plastik Cor?

Apa itu plastik cor dan apa saja kegunaannya? Plastik cor berguna untuk melapisi atau menjadi dasar alas yang mencegah turunnya air ke dasar tanah. Pencegahan ini berguna untuk mengurangi kelembaban dan melepaskan gesekan agar tanah tidak mudah susut.

Terdapat berbagai kegunaan dari plastik cor. Tidak hanya berguna sebagai bahan material bangunan saja, namun juga memiliki fungsi lain seperti pembungkus barang-barang besar yang biasanya dikirimkan untuk suatu ekspedisi.

Dapat disimpulkan bahwa ternyata ada suatu inovasi baru dapat dimanfaatkan dalam pembangunan, degan begitu usaha jual plastik cor semakin digemari. Dengan fungsi dan kegunaannya yang tidak kalah dengan bahan material yang lain, material ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment