Soloensis

Resep Ikan Bawal Bakar NCC Yang Enak Dan Bisa Bikin Selera Makan Meningkat

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas resep gurame bakar asam manis. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai resep ikan bawal bakar ncc. Siapa sih yang saat ini tidak mengetahui ncc, yup kita hadir membawa resep ikan bawal bakar ncc yang tentu rasanya enak dan juga bisa bikin selera makan kita meningkat. Sebelum kita membahas resep ikan bawal bakar, kita akan membahas tips memilih ikan yang masih segar supaya kita lebih cakap dalam memilih ikan. Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

 

Tips Untuk Memilih Ikan Yang Segar

       Cara Untuk Memilih Ikan Yang Masih Hidup

Untuk ikan yang masih hidup lebih baik memilih ikan yang hidup pada aquarium yang airnya jernih. Lebih baik lagi jika air pada aquarium tersebut terus mengalir serta sering diganti dengan air baru.

Cara mengecek ikan tersebut masih segar atau tidak bisa dengan melihat cara dari ikan berenang. Apabila ikan akan berenang pada dasar aquarium maka ikan tersebut masih sangat segar namun jika mendekati permukaan maka ikan tersebut sudah lama berada di aquarium.

       Warna Kulit Ataupun Warna Daging Yang Cerah

Wana kulit atau daging dari ikan yang telah mati akan berwarna terang serta cerah. Jika warna dagingnya tidak segar maka ikan tersebut bisa dikatakan sudah tidak segar.

       Sisiknya yang Mengkilap

Apabila ikan masih segar maka iya akan mempunyai warna sisik yang lebih cerah serta ber kilau. Sisik tersebut juga tidak dengan mudah terlepas apabila disentuh dengan menggunakan tangan.

       Sirip Serta Ekor yang Kuat

Pada sirip dan juga ekor pada ikan akan terasa kencang ataupun sangat menempel pada bagian tubuh ikan. Dan juga terdapat curi lainnya yaitu sirip yang utuh serta terlihat basah.

       Mata yang Berbinar

Mata pada ikan akan terlihat segar seperti berbinar, bersih, menonjol normal, bulat serta kuat. Namun jika ikan tersebut sudah lama mati maka mata terlihat menonjol keluar, berembun, memeran dan juga cekung ke dalam.

       Insangnya akan Berwarna Merah

Ikan segar akan memiliki warna insang yang berwarna merah terang dan jika ikan akan mendekati busuk maka Insangnya akan terlihat sedikit merah ati sampai kecoklatan.

       Sentuh Bagian Kulit Pada Ikan

Kulit ikan segar maka akan terasa basah, licin dan juga dingin. Sedangkan jika ikan akan berasa berlendir yang lengket maka ikan sudah tidak fresh. Dan juga apabila kulit ikan segar tidak dapat dengan mudah disobek terutama di bagian perutnya.

        Tekan-Tekanlah Ikan

Ikan yang segar akan terasa kenyall dan akan kembali ke bentuk semula. Sebaliknya bagi ikan yang tidak segar maka ikan akan lembek serta jika ditekan maka tidak akan kembali ke bentuk semula.

Mengeceknya juga bisa dilakukan dengan mengangkat ikan dengan satu tangan, apabila ikan tetap dan juga lurus maka ikan masih segar. Dan jika ikan akan turun atau lemas maka lebih baik untuk memilih ikan yang lain. Hal ini bisa berbeda dari jenis serta ukuran dari ikan.

       Sentuh Bagian Perut Dari Ikan

Jika ikan masih segar maka akan terasa kencang namun jika perut terasa lembek dan keluar bagian isi perutnya maka ikan tersebut sudah tidak segar.

 

Resep Ikan Bawal Bakar NCC

Bahan Utama

       Ikan Bawal 2 Ekor

       4 Sendok Makan Air Jeruk Nipis

       1 Sendok Makan Garam

Bumbu Rendaman Ikan

       6 Siung Bawang Putih,Dihaluskan

       1 Ruas Jari Kunyit Bakar, Dihaluskan

       1/2 Sendok Teh Garam

       6 Buah Kemiri, Disangrai Dan Dihaluskan

       1/2 Sendok Teh Merica Bubuk

       2 Sendok Makan Minyak Sayur

       5 Sendok Makan Kecap Manis

Bahan Bumbu Sambal Terasi

       8 Buah Cabai Merah

       1 Sendok Teh Garam

       7 Buah Cabe Rawit

       2 Buah Tomat

       1 Sendok Makan Terasi Bakar

       4 Buah Jeruk Limau (Ambil Airnya)

       1 Sendok Makan Gula Jawa

       2 Sendok Makan Kecap Manis

Cara Membuat Resep Ikan Bawal Bakar NCC

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membersihkan ikan dan juga membuang bagian isi perut dari ikan. Lalu ikan dicuci lagi sampai benar-benar bersih.
  2. Selanjutnya yaitu melumuri ikan menggunakan air dari perasan jeruk nipis serta garam. Kemudian ikan dididamkan kurang lebih selama 30 menit. Lalu ikan tersebut dibersihkan atau dicuci kembali dan disisihkan.
  3. Kemudian ikan bawal tersebut direndam pada bahan rendaman yang telah disiapkan sebelumnya. Diamkan ikan selama 1 jam supaya bumbu rendaman tersebut dapat meresap dengan baik ke dalam ikan.
  4. Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan alat panggangan. Anda bisa menggunakan alat pemanggang apa saja yang ada di rumah. Ikan bakar Di panggang hingga matang. Kemudian ikan di angkat dan disisihkan.
  5. Setelah itu yaitu membuat sambel terasi. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menghaluskan bahan yang telah disiapkan. Bahannya terdiri dari cabai rawit cabai merah dan juga tomat lalu beri gula garam serta perasan air jeruk limau. Kemudian diaduk hingga rata dan beri kecap manis.
  6. Ikan bawal bakar ncc telah siap untuk disajikan, ikan bisa disajikan dengan disbanding kan sambel terasi.

 

 

Yup, Itulah resep ikan bawal bakar ncc yang tentunya bisa bikin selera makan kita maningkat. Anda bisa membuat olahan ini menjadi bisnis rumahan seperti maraknya bisnis sosis bakar yang ada saat ini. Sekian, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Luna Sabrina

Add comment