Soloensis

Titik Pijat Kaki Pegal Linu

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Kaki pegal linu memang menjadi masalah yang sangat mengganggu. Apabila Anda mengalami masalah pegal linu sebaiknya segera melakukan pengobatan yang tepat. Salah satu jenis pengobatan andalan masyarakat Indonesia apabila mengalami kaki pegal linu adalah dengan melakukan pijatan. Sebenarnya melakukan pijat pegal linu terdapat teknik tertentu. Ada beberapa titik pijat kaki pegal linu yang perlu anda ketahui.

Persiapan Pemijatan

Dengan memijat pada titik-titik penting maka anda akan benar-benar merasakan hasil yang efektif. Sebelum anda mengetahui titik pijat kaki pegal linu maka sebaiknya melakukan persiapan terlebih dahulu apabila akan melakukan terapi pijat.

Persiapan penting yang harus dilakukan untuk melakukan terapi pijat kaki pegal linu adalah cuci kaki terlebih dahulu. Gunakan air hangat untuk mencuci kaki kemudian rendamlah pada air tersebut selama kurang lebih 10 menit.Anda dapat menambahkan aromaterapi pada air rendaman atau bisa juga menambahkan sedikit garam untuk menetralisir racun dari telapak kaki.

Persiapan selanjutnya adalah menyiapkan krim atau minyak yang akan digunakan untuk memijat. Pilihlah minyak atau krim yang tepat akan lebih baik jika anda menghangatkannya terlebih dahulu. Cara untuk menghangatkan minyak atau krim yang akan digunakan untuk memijat adalah dengan merendamnya pada mangkuk yang berisi air panas. Rendam beberapa saat hingga minyak pijat terasa lebih hangat. Menggunakan minyak yang hangat tentu dapat membantu relaksasi kaki serta menjadikan pijatan semakin efektif.

Titik Pijat Kaki Pegal Linu

Apabila anda sudah melakukan persiapan maka tinggal duduk atau terlentang pada kursi pijat. Jangan lupa untuk memberi alas pada kaki misalnya saja dengan menggunakan handuk atau kain lembut. Jika sudah maka anda siap untuk dipijat.

Berikut ini adalah beberapa titik pijat kaki pegal yang apabila dipijat akan membantu anda untuk segera sembuh dari rasa pegal linu yang menyerang.

1. Melakukan Pijatan di Bagian kaki bawah

Titik pijat kaki pegal linu yang pertama yaitu memijat bagian bawah dari kaki anda dengan menggunakan kedua tangan. Anda dapat memulai pijatan dari bagian ujung kaki kemudian perlahan bergerak ke bagian telapak. Apabila sudah mendekati telapak kaki anda bisa menambahkan kekuatan tekanan. Lakukan gerakan secara berulang.

2. Pijat Bagian Tumit

Bagian lain atau titik pijat kaki pegal linu yang selanjutnya yaitu tumit. Pijatlah bagian ini dengan menggunakan ibu jari. Gerakan melingkar-lingkar yang kecil dengan tekanan yang lembut hingga tekanan keras bisa anda lakukan pada titik ini. Lakukan pijatan pada semua permukaan tumit.

3. Bagian Lintas Serat Tumit

Titik pijat pegal linu selanjutnya yang juga perlu untuk mendapatkan pijatan agar pegal linu segera reda adalah bagian lintas serat tumit. Bagian ini berada di antara tumit kaki anda. Lakukan pijatan naik turun dengan tekanan yang sedang hingga kuat. Rasakan kenyamanan dari pijatan serta jangan lupa untuk menarik nafas secara teratur agar lebih rileks.

4. Titik Pergelangan Kaki

Titik pergelangan kaki juga merupakan titik pijat kaki pegal linu. Lakukan pijatan memutar pada area pergelangan kaki dengan tekanan yang sedang. Apabila di sana terdapat otot yang menggumpal cobalah untuk melepaskannya. Gunakanlah minyak urut agar lebih mudah melakukan pijatan.

5. Titik Lengkungan Kaki

Titik lengkungan kaki juga sebaiknya dipijat dengan teknik yang tepat. Lengkungan yang berada di bawah telapak kaki atau yang berbentuk cekung bisa dipijat dengan menggunakan kepalan tangan. Gunakan kepalan tangan anda untuk membuat tekanan yang halus namun kuat.

6. Jari-jari Kaki

Titik pijat kaki pegal linu berikutnya yaitu pada jari-jari kaki. Mulai pijatan dari ibu jari kemudian dilanjutkan dengan jari yang lainnya. Gunakan ibu jari anda serta telunjuk untuk membuat tekanan menjepit di setiap jari-jari. Pijat dan gosok secara bergantian berulang-ulang agar dapat dirasakan otot semakin rileks. Pijatan ini ini sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah juga merupakan salah satu bentuk pijatan pada titik refleksi.

Teknik Pijat Kaki Lainnya

Apabila anda ingin meredakan pegal linu di kaki untuk melakukan teknik pijat lainnya. Teknik pijat yang disebutkan di atas merupakan teknik pijat dasar sehingga Anda juga perlu mempelajari teknik yang lainnya.

  • Teknik pijat memerah susu

Teknik pijat kaki pertama yang cukup menarik dan banyak dilakukan oleh para terapis adalah teknik pijat memerah susu. Pijatan ini memang mirip sekali seperti Ketika seseorang memerah susu sapi.

  • Teknik gosok India

Teknik India ini merupakan teknik pijat dengan menggunakan kedua ibu jari yang dipusatkan pada lengkungan telapak kaki. Gerakan ibu jari kedalam lalu keluar seperti gerakan memutar dan berlawanan arah.

  • Teknik pijat Petrissage atau Menekan

Teknik pijat yang satu ini sangat umum dilakukan oleh para terapis yakni dengan meremas dan mengangkat otot kaki yang terasa linu. Lakukan secara berulang agar otot-otot kaki menjadi lebih lentur dan lemas.

  • Pijat otot kaki dan betis

Teknik yang juga tidak bisa anda lewatkan yakni pijat otot kaki dan betis dengan menggunakan kepalan tangan. Anda harus dalam posisi tengkurap dan meluruskan kaki nantinya ada akan dipijat pada bagian betis dengan gerakan naik turun secara berulang menggunakan kepalan tangan.

  • Gerak rotasi pergelangan

Apabila anda sudah melakukan berbagai teknik pijatan Maka jangan lupa untuk menggerakkan pergelangan kaki seperti gerakan rotasi. Gerakan ini sangat membantu untuk meregangkan sendi. Pastikan anda melakukan teknik pijatan ini senyaman mungkin dan jangan sampai terasa sakit.

Dengan mempelajari serta mengetahui titik pijat kaki pegal linu maka anda bisa melakukan pijatan sendiri atau meminta bantuan orang lain. Namun apabila anda ingin merasakan pijatan yang lebih efektif dan nyaman maka sebaiknya memesan jasa pijat profesional dari pijat panggilan Surabaya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Nur Sholeh

Penulis lepas yang hobinya nulis, saya juga suka jalan-jalan, dan juga fotografi.

Add comment