Soloensis

Toleransi di luar daerah

5f2ea7c21e593c2a8767f95d0d151e0b
Bhineka Tunggal Ika

Saat saya sedang berlibur ke Bali Bersama keluarga saya (Ayah, Mama, Saya, Adik). Pada saat itu saya izin 7 hari tidak mengikuti MPLS, saat itu saya sedang melaksanakan MPLS, dihari ke 3 MPLS saya izin tidak mengikuti MPLS.

    Saya berangkat ke Bali tanggal 19 Juli 2023 saya melakukan perjalanan selama kurang lebih 1 hari. Sesampainya saya di Bali saya berjalan-jalan, disana saya menemukan banyak keberagaman budaya, mulai dari Bahasa, ras, suku, agama, dan lain sebagainya.

   Disuatu hari saya pergi ke Desa Panglipuran, Desa Panglipuran adalah salah satu desa terbersih didunia. Disana saya melihat banyak keragaman / perbedaan, seperti perbedaan agama dan lain-lain.

   Dimana pada saat itu sudah memasuki waktu shalat dhuhur, disana tidak ada adzan melainkan lonceng yang dibunyikan. Cara membunyikan nya pun unik dimana salah satu warga memanjat lalu memukul lonceng tersebut.

   Pada saat itu juga mereka yang ber agama Hindu melaksanakan sembahyang. Walaupun Masyarakat Bali mayoritas beragama Hindu tetapi mereka sangat menghargai perbedaan yang ada di Indonesia. 

   Selain disana saya juga sempat pergi ke Tanah Lot disana terdapat ular suci yang dipercai oleh Masyarakat sekitar. 

   Konon katanya ular tersebut dipercaya sebagai penjaga Pura yang menjauhkan Masyarakat dari ancaman kejahatan dan kerusakan. Ular ini Bernama latin “Bungarus Candidus” yaitu spesies ular yang beracun dan dikatakan racunnya lebih berbahaya dari ular cobra.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment