Soloensis

Beribu Bahasa Beribu cerita

1000085996

Bahasa adalah ciri khas setiap daerah atau kesesuaian ibu bahasa,didalam Indonesia bahasa sangat banyak sekali tetapi akan hal itu bukan masalah lagi bagi kita karena kita masyarakat indonesia harus bisa menghargai bahasa setiap daerah dan bahasa bukanlah ancaman konflik bagi kita dikarenakan warga dari negara ini memiliki bahasa di daerah masing masing dan kita semua bangsa Indonesia perlu mengingat bunyi Pancasila sila, sila ke 3 ‘ Persatuan Indonesia’.

Pengalaman saya 

Kisah ini berawal ketika saya sedang berada dibangku sekolah dasar, sekolah ini melukis banyak cerita, salah satunya apa yang terjadi dikelas saya. Pengalaman ini bercerita akan adanya perbedaan bahasa dan indahnya keberagaman. 

Kelas 6a terdapat 25 siswa yang memiliki bahasa yang berbeda, kisah ini berawal dari Soffin, teman sebangku ku yang memiliki kebiasaan berkomunikasi menggunakan bahasa jawa dengan siapapun, karena dia berasal dari Solo, lahir di Solo dan tumbuh usia juga di Solo, sedangkan saya berasal dari Klaten namun bahasa sehari -hari yang saya gunakan untuk berkomunikasi adalah bahasa Indonesia dan kurang paham akan bahasa jawa. Perihal itu menjadikan saya memiliki rasa ingin tau dan belajar berbahasa jawa, teman-temanku pun dengan senang hati untuk membantuku sedikit demi sedikit berbahasa jawa.

Tak berhenti disitu saja, ceritaku tentang keberagaman Bahasa juga ada pada saat aku duduk di kelas 5 yang memiliki teman baru. Syarif adalah teman baruku yang berasal dari jawa barat dan pekerjaan ayahnya yang membuat dia berpindah sekolah. Percakapan kami dengan syarif bermula Ketika kami ingin mengajak syarif berkenalan, namun saat syarif berbicara kami semua tertegun mendengar bahasa yang diucapkan syarif, syarif menjelaskan bahwa itu bahasa sunda yang mungkin membuat kami sontak kaget dan tidak mengerti dengan apa yang diucapkan syarif. Kami dan syarif menjadikan itu sebagai pembelajaran bahasa yang tidak diajarkan di daerah kami dan membuat kami saling menghargai satu sama lain.

Peristiwa lucu dapat terjadi juga pada cerita keberagaman ini, saat saya mencoba belajar berbahasa jawa dengan beberapa temanku, temanku menjahili ku dengan menyalahartikan kalimat yang kutanyakan dengan arti yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya, kemudian temanku lainnya yang juga mendengar kejadian itu sontak tertawa dan memberitahuku bahwa itu kalimat yang tidak baik, syarif yang kami kira tidak bisa berbahasa jawa memberi tahu temanku untuk tidak menggunakan kesempatan untuk mencemooh atau mengelabui teman dengan bahasa yang tidak saling diketahui.

Itulah yang terjadi di kelas ku meski masih banyak lagi bahasa yang lain,tetapi mereka tidak mempermasalahkannya, justru kami dapat belajar bahasa daerah yang lain.

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment