Soloensis

Cara Berkomunikasi Yang Baik dan Benar

students-1822449_1280-4ebbd897

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi dan pemahaman antara dua atau lebih pihak yaitu komunikator sebagai penyampai informasi dan komunikan sebagai penerima informasi. Komunikasi dapat terjadi melalui berbagai bentuk, seperti lisan, tulisan, atau nonverbal. Tujuan dari komunikasi adalah untuk menyampaikan pesan dan memperoleh pemahaman yang sama antara pihak yang berkomunikasi. Komunikasi efektif sangat penting dalam berbagai situasi, baik di lingkungan kerja maupun dalam hubungan pribadi.

Berikut ini merupakan cara berkomunikasi yang baik dan benar.

1. Luangkan waktu untuk mendengarkan dengan seksama 

Dalam mendengarkan dengan seksama, perhatikan untuk tidak terlalu fokus pada memberikan tanggapan atau menyelesaikan masalah segera, tapi fokus pada pemahaman dan empati terhadap yang berbicara. Tetapi anda dituntut untuk memahami pesan yang disampaikan komunikator sehingga dapat anda dapat menjawab dengan tepat dan membantu menyelesaikan masalah yang ada.

2. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti

Untuk menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti, pastikan untuk menghindari jargon atau istilah yang sulit dimengerti, serta gunakan bahasa yang sederhana dan dapat diartikan dengan mudah. Jika diperlukan, jelaskan kosakata atau istilah yang tidak dikenal oleh penerima pesan. Cara ini dapat Menghindari kesalahpahaman, selain itu juga pesan yang diterima akan lebih mudah dipahami oleh komunikan.

3. Jaga emosi Anda

Apabila anda dihadapkan dengan situasi yang bersebrangan pendapat, maka untuk menjaga emosi Anda, cobalah untuk mengambil napas dalam-dalam sebelum berbicara, mengevaluasi perasaan Anda dan mencoba untuk mengendalikan emosi yang tidak produktif. Jika Anda merasa emosi Anda terlalu tinggi, cobalah untuk menunda diskusi hingga emosi Anda stabil kembali. Perbedaan pendapat memang merupakan hal yang wajar ketika sedang berdiskusi pahami dan terima masukan dari lawan bicara sehingga dengan cara ini masalah bisa teratasi serta tidak menyebabkan konflik.

4. Jangan terlalu banyak bicara dan memberikan tanggapan yang tidak perlu

Untuk menghindari terlalu banyak bicara, cobalah untuk mengevaluasi apakah tanggapan yang akan Anda berikan benar-benar penting dan relevan dengan topik yang dibicarakan. Jika tidak, cobalah untuk tidak memberikan tanggapan dan memberikan ruang untuk orang lain untuk berbicara. Dengan cara ini maka akan memberikan ruang untuk orang lain untuk berbicara dan memberikan masukan.

5. Berikan tanggapan yang sopan dan hormat

Untuk berikan tanggapan yang sopan dan hormat, pastikan untuk menghindari menggunakan bahasa yang menyinggung atau melecehkan, serta hindari untuk mengejek atau menyindir orang lain. Usahakan untuk menyampaikan dengan penuh dedikasi tinggi sehingga membuat penerima pesan merasa dihormati dan diakui, sehingga mereka lebih menerima pesan yang disampaikan.

6. Jangan terburu-buru dalam memberikan jawaban

Untuk menghindari terburu-buru dalam memberikan jawaban, cobalah untuk mendengarkan dengan seksama dan memahami masalah yang ada sebelum memberikan jawaban. Jika diperlukan, dikutip dari bangmatz cobalah untuk bertanya lebih lanjut tentang masalah tersebut dan mengumpulkan informasi yang diperlukan sebelum memberikan jawaban. Jangan lupa untuk memikirkan sebelum memberikan jawaban dan hindari untuk memberikan jawaban yang asal-asalan. Berikanlah jawaban yang tepat dan sesuai dengan masalah yang ada.

7. Usahakan untuk menyampaikan pesan secara positif, bukan negatif

Untuk menyampaikan pesan secara positif, cobalah untuk menyampaikan pesan dengan cara yang sopan dan hormat, menyampaikan pesan yang menyentuh emosi positif orang lain, menghindari menyalahkan orang lain atau menyalahkan masalah pada orang lain, dan menyampaikan solusi yang positif untuk masalah yang ada.

8. Jangan lupa untuk memberikan umpan balik 

Umpan balik bertujuan supaya komunikasi bisa terus berjalan efektif, dengan melakukan umpan balik maka komunikasi akan terarah ke tujuan yang jelas serta dapat menyelesaikan permasalah sesuai kesepakatan yang ada.

Itulah cara berkomunikasi yang baik dan benar semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua terimakasih.

Referensi : https://www.zhinggo.com

    Apakah tulisan ini membantu ?

    1 comment