Soloensis

Cara Menghadapi Ujian Online di Rumah

ujian-1e1b7f6f

Wabah di Indonesia dan beberapa negara lain sudah mulai mengalami penurunan tingkat penyebarannya, namun demikian evaluasi tatap muka di Indonesia sebagian besar dilakukan secara online. Terakhir, ada juga beberapa sekolah yang mengadakan ujian secara daring.

Dilansir dari forguides.com Tentunya ujian online dan offline memiliki beberapa perbedaan, baik dari segi persiapan maupun produksinya. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa panduan yang bisa kamu lakukan saat menghadapi ujian online di rumah. Karena tentunya akan berbeda dengan ujian offline biasanya. Oleh karena itu, silahkan baca pembahasannya sampai selesai.

1. Periksa agenda ujian yang telah ditetapkan

Apakah Anda pernah salah mengingat agenda ujian? Tadinya kamu kira hari ujian untuk mata pelajaran A, ternyata hari ujian untuk mata pelajaran B. Sayang banget kalau sampai terjadi. Oleh karena itu, selalu cek agenda ujian yang telah diberikan. Ini adalah cara khusus yang harus Anda lakukan untuk menghadapi ujian, baik online maupun offline.

Pastikan Anda mempelajari mata pelajaran yang sesuai yang akan diujikan keesokan harinya. Periksa kapan ujian dimulai dan durasinya. Sehingga Anda dapat memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan setiap soal, sehingga Anda tidak kehabisan waktu.

2. Bangun tepat waktu

Karena saya mulai berlatih sekolah di rumah, saya bangun sedikit terlambat. Ini tidak bisa menjadi rutinitas. Karena rutinitas yang buruk ini bisa membuatmu terlambat untuk ujian. Sebelum langsung memasuki beberapa minggu ujian, sebaiknya latih diri Anda untuk tidak tidur terlalu malam. Jadi Anda bisa bangun lebih baik. Meski ujian dilakukan secara online, bukan berarti Anda bisa bangun sesuka hati.

Bangun pagi tidak ada salahnya bagi Anda, setidaknya jika bangun pagi Anda bisa bersiap-siap sebelum ujian dimulai. Anda bisa sarapan dulu, mandi, dan mengulang materi yang dipelajari tadi malam. Anda bahkan dapat meluangkan waktu untuk olahraga.

3. Tentukan lokasi ujian yang nyaman

Meski ujian dilakukan di rumah, jangan asal pilih tempat ujian. Sebaliknya, usahakan untuk memilih lokasi yang nyaman, jauh dari masalah suara, dan mendapatkan pencahayaan yang baik. Dengan memilih lokasi ujian yang nyaman, Anda akan bisa lebih berkonsentrasi dan fokus saat mengerjakan beberapa soal ujian nanti. Jangan lupa untuk memilih lokasi dengan akses internet yang konstan, karena ini sangat membantu dan diperlukan.

4. Siapkan peralatan yang diperlukan

Selain smartphone atau netbook, Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan lainnya. Misalnya seperti charger, kertas dan pulpen. Siapa tahu ada masalah yang membutuhkan coretan di atas kertas. Nah, buat kamu yang menggunakan jaringan wi-fi, jangan lupa cek paket data sebelum ujian. Pastikan, kuota Anda cukup selama durasi ujian.

5. Baca panduan ujian dengan seksama

Siapa yang pertama kali mengikuti ujian online? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ujian online tentunya berbeda dengan mekanisme penyelesaiannya dengan ujian offline. Misalnya dari sisi langkah-langkah menjawab soal double option, jawaban yang dinyatakan benar, dan pengembaliannya banyak.

Nah oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membaca panduan membuat soal ujian dengan seksama. Hal ini tidak hanya berlaku bagi mereka yang akan mengikuti ujian nasional untuk pertama kali, tetapi juga berlaku untuk semua.

Siapa tahu nanti di panduan ujian, jawaban yang salah akan diberi nilai 1. Karena tidak membaca panduannya. Kemudian mainkan selama itu jawabannya.

Itulah langkah-langkah yang perlu diperhatikan sebelum menghadapi ujian sekolah secara daring. Cara terakhir tentunya mengerjakan soal dengan hati-hati, hal ini penting agar kamu bisa mendapatkan skor terbaik. Kemudian, jangan lupa terapkan panduan ini saat menghadapi ujian offline. Saya harap Anda akan berhasil dalam ujian.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment