Soloensis

Manfaat Mempelajari Jurnalistik

Pentingnya Mempelajari Ilmu Jurnalistik (2)

Ditulis bersama Bapak Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum (Dosen PBSI UNS)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnalistik adalah hal yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran dan seni kejuruan yang bersangkutan dengan pemberitaan dan persuratkabaran. Lebih lengkap, jurnalistik merupakan kemampuan atau aktivitas mengelola berita, yang mencakup proses peliputan hingga penyusunan konten yang pantas untuk disampaikan secara teratur kepada masyarakat setiap hari. Ini bisa dilakukan melalui media cetak seperti surat kabar dan majalah, atau disiarkan melalui radio dan televisi.

Dari pengertian di atas dapat dipahami bahwa jurnalistik menjadi bagian dari ilmu komunikasi yang berperan penting dalam membentuk, mengarahkan, dan menyebarkan informasi di kehidupan masyarakat. Melalui jurnalistik, masyarakat dapat menghadapi berbagai isu yang terjadi di sekitar. Salah satunya adalah dengan mengolah dan menerima informasi secara akurat.

Dalam era reformasi yang begitu cepat dan kompleks seperti sekarang, jurnalistik memberikan kemampuan untuk memahami dan menafsirkan berita dengan kritis. Dengan demikian akan membantu masyarakat untuk bukan hanya menjadi konsumen pasif informasi, namun juga menjadi pemikir yang aktif dan cerdas. Melalui jurnalistik dapat juga belajar keterampilan komunikasi yang kuat. Dalam dunia yang smeakin terhubung secara global, kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif sangat berharga, baik dalam konteks profesional maupun pribadi.

Selain itu, belajar jurnalistik juga melatih keterampilan penelitian dan investigasi yang mendalam. Ini membantu mengembangkan kemampuan analisis yang kuat dan kemampuan untuk memisahkan fakta dari opini atau propaganda. Dalam dunia yang penuh dengan informasi yang seringkali tidak terverifikasi, keterampilan ini menjadi semakin berharga. Tidak lupa, seorang jurnalis harus memahami pentingnya kebenaran, integritas, dan sensitivitas terhadap berbagai perspektif dan kepentingan yang ada dalam masyarakat.

Mudahnya, jurnalistik memiliki peran dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, jurnalistik berperan sebagai pemberi informasi melalui berbagai bentuk karya, termasuk berita, feature, reportase, serta jenis karya jurnalistik lainnya. Kedua adalah sebagai pendidik atau edukator masyarakat, yakni dengan menyajikan informasi yang memiliki nilai edukatif dan memberikan manfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas hidup masyarakat. Ketiga sebagai agen pembaharuan melalui penyampaian berita yang akan memengaruhi pola pikir dan

pandangan masyarakat. Terakhir adalah pembuat kebijakan dan advokasi, dengan demikian jurnalistik harus mengupayakan isu-isu sosial yang sedang berkembang.

Berdasarkan apa yang telah diparparkan di atas dapat dipahami bahwa belajar jurnalistik itu penting. Melalui jurnalistik, seseorang dapat mengelola berita dengan baik untuk dikonsumsi masyarakat. Masyarakat akan teredukasi karena terpengaruh pola pikir dan pandangannya. Namun, bukan hanya tentang mejadi reporter atau penyiar berita saja. Tetapi jurnalistik juga tentang menjadi warga yang terdidik, terinformasi, dan bertanggung jawab dalam masyarakat yang semakin kompleks dan terhubung secara global.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment