Soloensis

Cara Mengobati Katarak dengan Daun Sirsak

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Katarak menjadi salah satu penyakit mata yang mungkin terjadi di pada setiap orang. Tidak hanya orang tua, katarak bisa juga terjadi pada anak muda, beberapa kasus bahkan terjadi pada bayi. Ada cara mengobati katarak dengan daun sirsak yang bisa Anda coba.

Ada beberapa tanda seseorang mengalami katarak, misalnya mengalami penurunan dalam fungsi penglihatan, timbulnya lapisan putih pada mata dan kesulitan melihat objek dengan jelas.

 

Tanda Penyakit Katarak

Katarak bisa terjadi secara perlahan, kadang penderita mengetahui diagnosis terkena katarak ketika mata sudah parah kerusakannya. Banyak penderita awalnya tidak sadar terkena katarak karena lapisan lensa mata berubah menjadi keruh secara perlahan.

Meskipun penglihatan mata terganggu, namun penyakit ini tidak menular. Jika salah satu mata terkena katarak, mata sebelahnya mungkin masih dalam keadaan normal. Namun kasus kedua mata mengalami katarak secara bersamaan juga mungkin terjadi.

Faktor penyebab terjadinya katarak adalah masalah dan umur mata, makin tua umur seseorang, kinerja mata akan semakin menurun. Sel pelapis lensa mata perlahan juga akan mengalami penurunan kinerja dan membuat selaputnya menjadi keruh.

Umumnya seseorang yang terkena katarak berusia di atas 50 tahun. Jika ada bayi terkena katarak, besar kemungkinan karena terkena infeksi virus tersebut ketika ibu masih hamil muda.

 

Penanganan Katarak

Katarak hanya bisa sembuh dengan melakukan operasi katarak. Lensa mata yang sudah keruh akan terangkat dan melakukan penggantian dengan lensa khusus untuk membuat mata berfungsi kembali. Jika gejala belum parah, penderita akan mendapatkan perawatan intensif hingga bisa memakai kacamata.

Selain operasi, ternyata ada cara mengobati katarak dengan daun sirsak. Daun sirsak memiliki kandungan yang bisa membuat kadar gula darah turun. Gula darah tinggi dan diabetes melitus memang dianggap bisa membuat katarak menjadi lebih ganas.

Daun sirsak bisa Anda konsumsi dengan cara merebusnya atau menjadikannya sebagai teh. Minuman herbal ini bisa penderita katarak konsumsi secara rutin untuk mengurangi tekanan darah dan membuat mata memiliki kinerja yang lebih baik.

Namun secara ilmiah daun sirsak tidak bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan katarak yang sudah parah. Anda sebaiknya tetap melakukan operasi untuk mendapatkan penglihatan yang lebih baik ketika menderita katarak.

Operasi katarak tidak memerlukan waktu yang lama dan bisa Anda lakukan dalam jangka waktu pendek. Anda bisa melakukan operasi katarak di berbagai layanan instansi kesehatan, mulai dari klinik, rumah sakit ataupun instansi kesehatan lainnya.

 

Mencegah Mata Mengalami Katarak

Sebagaimana penyakit pada umumnya, katarak tetap bisa dicegah meskipun Anda sudah berumur panjang. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah katarak sejak dini, diantaranya:

1.     Periksa Mata

Untuk mengetahui kondisi mata, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan secara rutin untuk menjaga kesehatannya. Lakukan setidaknya pengecekan dan periksa mata dua kali dalam setahun.

2.     Lindungi dari Sinar UV

Sinar UV bisa menjadi salah satu faktor mata terkena katarak. Jika seseorang terkena katarak dan matanya masih sering terpapar sinar UV, maka katarak yang dimiliki akan semakin parah.

3.     Jaga Kesehatan Tubuh

Jaga kesehatan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan melakukan pola hidup sehat. Seseorang yang terkena diabetes memiliki resiko yang lebih besar terkena katarak dan komplikasi penyakit mata lainnya.

Meskipun cara mengobati katarak dengan daun sirsak masih diperdebatkan, tidak ada salahnya mengkonsumsi daun sirsak untuk membuat mata tetap sehat. Ini akan membuat mata lebih kuat dan tidak rentan terkena katarak.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Zamhari S, Kom. I

Hanya manusia yang suka belajar

Add comment