Soloensis
Ilustrasi Pelukan

Indahnya Berbagi Pujian, Gratis Namun Berarti

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Ilustrasi Pelukan
Ilustrasi Pelukan

Pujian merupakan wujud pemberian seseorang yang bisa jadi sangat berarti bagi orang lain. Sayangnya, meskipun berbagi pujian tidak membutuhkan biaya alias gratis, tak sedikit orang enggan melakukannya.

Umumnya, keengganan berbagi pujian itu muncul karena mereka takut jika penyampaian pujian itu bakal ditolak. Padahal 9 dari 10 orang yang menerima pujian justru akan menghargai pemberian itu.

Karena itulah, motivator dan konsultan kepribadian Lisa Phillips yang diwawancarai laman aneka berita news.com.au menyarankan setiap orang untuk tidak ragu atau gugup jika ingin berbagi pujian. Utamanya, imbuh dia, jika pujian itu disampaikan dengan cara yang tepat.

Lalu bagaimana pula cara tepat menyampaikan pujian itu? Lisa berbagi kiat dalam artikel yang ditulis Kate Midena dalam news.com.au, Kamis (29/8/2013). Berikut ini di antaranya:

Sampaikan secara spesifik

Jika Anda benar-benar ingin memberikan pujian maka jauhi kalimat standar seperti, “Rambut Anda terlihat bagus,” atau “Sepatu Anda terlihat bagus,” karena orang telah mendengar itu sebelumnya. Orang lain menginginkan pernyataan yang lebih spesifik. Fokus pada kepribadian orang lain dan puji mereka ketika melakukan sesuatu dengan baik.

– Spesifik memuji teman

Apa yang Anda rasakan ketika teman mengatakan, “Saya sangat suka memiliki teman seperti Anda karena…,” atau mendengar ungkapan, “Terima kasih telah mendengarkan saya. Anda telah membuat saya merasa jauh lebih baik.” Seseorang akan jauh menghargai jika secara spesifik Anda mengatakan tentang alasan berterima kasih.

– Spesifik memuji pasangan

Sadarilah bahwa kebanyakan pria ingin diakui atas apa yang telah mereka lakukan. Jadi jika Anda telah memerintah pasangan dengan omelan untuk melakukan sesuatu dan mereka mengerjakannya, maka ada baiknya untuk mengatakan, “Saya menghargai Anda telah melakukan itu untuk saya.” Dengan begitu mereka akan merasa dihargai.

– Spesifik memuji bos

Kita semua sama-sama menyukai pujian. Anda dapat benar-benar mendorong perilaku untuk melanjutkan dengan mengatakan, “Saya bersyukur Anda memahami jam kerja saya yang fleksibel.” Pujian seperti itu pasti dapat diterima dan memberi kontribusi positif di tempat kerja.

Sampaikan pujian secara pribadi

Dibandingkan menyampaikan secara tertulis lewat kartu atau email, alangkah lebih baik jika Anda dapat meluangkan waktu untuk benar-benar memberitahu seseorang tentang apa yang Anda pikir tentang mereka. Meskipun sama-sama bersifat pribadi, namun Anda akan lebih dihargai jika dapat langsung bertemu.

Bagaimana menerima pujian?

Jika Anda tergolong orang yang sulit memberikan pujian, bukan kemudian Anda juga susah untuk menerimanya bukan? Seperti saat berlatih untuk memuji seseorang, Anda juga cukup berlatih untuk menerima pujian. Caranya adalah dengan mendengarkan apa yang orang katakan ketika mereka memuji Anda.

Mulailah sekarang

Pikirkan sesuatu yang baik dan positif tentang setiap orang yang Anda temui. Untuk memulai, Pikirkan lima hal yang sangat Anda suka dari seseorang dalam 24 jam terakhir. Lalu beritahu dia dengan menghubungi lewat telepon, SMS, email atau saat bertemu langsung.

Jadi, mengapa tunggu lebih lama lagi? Mari berbagi pujian…

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Admin Soloensis

Admin Soloensis

2 comments