Soloensis

Jokowi Kumpulkan Gubernur dan Wali Kota ASEAN

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi, Rabu-Kamis (18-19/9/2013), mengumpulkan para gubernur dan wali kota dari seluruh negara anggota ASEAN untuk membahas persiapan.

Salah satu pemimpin wilayah yang sudah melakukan kunjungan kehormatan ke Balai Kota DKI adalah Gubernur Bangkok Thailand Sukhumband Paribatra bersama jajarannya, Selasa (17/9/2013). “Besok kan kami punya agenda bersama gubernur dan wali kota ASEAN, 2015 kan sudah dibuka ASEAN Economic Communitysehingga mau tidak mau kami harus siap,” kata Jokowi.

Dalam pertemuan itu akan dibahas tentang langkah para gubernur dan wali kota melakukan persiapan perdagangan bebas dua tahun mendatang. Oleh karena itu Pemprov DKI juga harus menyiapkan sedini mungkin.

Dalam pertemuan dengan Gubernur Bangkok, Pemprov DKI melakukansharing terkait penanganan masalah kota besar seperti macet, banjir dan transportasi. Menurut Jokowi, persoalan setiap kota besar rata-rata sama berkutat soal kemacetan.

Dalam kesempatan tersebut, Sukhumband menyampaikan antara Jakarta dan Bangkok memiliki permasalahan sama, yaitu macet. Namun saat ini pihaknya sudah memiliki transportasi massal berbasis rel yang bisa memberikan kemudahan masyarakat dalam transportasi.

“Intinya kami saling belajar, masalah macet rata-rata sudah terselesaikan dengan 75 kilometer MRT,” terangnya.

Apakah tulisan ini membantu ?

Add comment