Soloensis

Toleransi dalam Beragama

images

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang kaya akan keberagaman di dalamnya. Keberagaman di Indonesia sudah diakui oleh dunia dan masuk ke jajaran lima besar negara yang paling beragam. Keberagaman baik itu SARA, kebudayaan, bahasa dan sebagainya. Kehidupan masyarakat yang plural menambah kekayaan Bangsa Indonesia. Hal itu sudah patut disyukuri, karena tidak semua bangsa di dunia memiliki keberagaman seperti yang ada di Indonesia.

Salah satu keberagaman di Indonesia yaitu keberagaman agama. Agama merupakan suatu kepercayaan, keyakinan terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa. Agama mengandung petunjuk, pengajaran yang berfungsi untuk mengatur kehidupan manusia. Adapun agama yang diakui di Indonesia ada enam, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

Setiap agama pasti memiliki praktik keagamaan dan pemahaman terhadap Tuhan yang berbeda-beda. Ini dapat terlihat dari adanya perbedaan hari besar keagamaan, cara beribadah yang berbeda-beda, dan sebagainya. Tidak ada agama yang sama dengan agama lainnya. Karena setiap agama memiliki perjalanan sejarah yang berbeda satu dengan yang lainnya. 

Agama juga memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat tertentu. Mayoritas agama di Indonesia yaitu agama Islam. Islam menjadi agama terbanyak penganutnya di Indonesia karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pandangan masyarakat terhadap agama, minat, proses penyebaran agama, metode para penyebar agama dalam berdakwah dan sebagainya. 

Meskipun agama mayoritas adalah Islam, tetapi disamping itu terdapat pemeluk agama lainnya seperti Kristen, Katholik, Hindu, Budha dan Konghucu. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki pemikiran, keyakinan dan kepercayaan yang berbeda. Setiap orang tentunya memiliki kebebasan untuk memeluk agama yang sesuai dengan pendapat dan keinginan mereka. 

Walaupun agama di Indonesia berbeda-beda, namun tidak menghalangi kita untuk bertoleransi dengan umat agama lain. Kita tidak boleh menganggap agama lain salah, karena belum tentu juga agama yang kita anut adalah agama yang paling benar. Toleransi mengajarkan kepada kita, bagaimana kita bisa lebih menghargai agama orang lain. Banyak contoh sikap toleransi antar umat beragama, salah satunya menghormati orang lain untuk beribadah. Dengan toleransi, kehidupan akan terasa lebih harmonis. Toleransi juga dapat menghindarkan kita dari konflik antar agama. Maka sudah sepantasnya bagi kita untuk bertoleransi antar umat beragama.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment