Soloensis

Pompa Celup Air Kotor Tsurumi dan Fungsi Bersihkan Kolam Ikan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Supaya terhindar dari berbagai resiko, Anda perlu memperhatikan kualitas air kolam ikan. Air yang kotor tentunya tak baik bagi pertumbuhan ikan, dan harus segera dikuras. Pompa celup air kotor Tsurumi adalah solusi paling tepat untuk mengerjakan hal ini.

Pompa celup Tsurumi sudah terkenal sejak lama punya kemampuan yang baik untuk menguras kolam ikan. Namun sebelum itu, tahukah Anda kenapa kolam ikan harus rutin dikuras? Selain kebersihan, ternyata ada beberapa alasan lainnya. 

Rutin mengganti air kolam dapat membantu terjaganya keseimbangan lingkungan kolam yang sehat. Biasanya orang cukup menggunakan filter saja. Filter mampu menjaga kualitas air dengan mencegah masuknya partikel makroskopik dari air. 

Filter pun mampu mengendalikan bahan kimia beracun yang menyebabkan kontaminasi pada air. Meskipun demikian penggunaan filter saja tidaklah cukup. Filter tidak mampu mencegah masuknya mineral terlarut seperti silikat dan juga fosfag. 

Mineral ini akan menumpuk pada kolam dan menyebabkan terjadinya peningkatan Total Hardness atau GH pada kolam air tawar. Hal ini membuat air kolam tidak sehat dan beresiko menimbulkan penyakit pada ikan. 

Karena penggunaan filter saja tidaklah cukup, maka perlu dilakukan pengurasan dan penggantian air kolam secara rutin. Mengingat volume air, mengganti air kolam tentu jadi pekerjaan berat.

Makanya Anda butuh pompa celup air kotor Tsurumi untuk melakukan pekerjaan ini. Lantas, bagaimana cara mengganti air kolam menggunakan pompa celup kolam ikan Tsurumi? Berikut ini panduan lengkapnya. 

Cara Mengganti Air Kolam dan Aquarium Menggunakan Pompa Celup Air Kotor Tsurumi

Memelihara ikan di rumah memang menyenangkan, dapat menjadi media penghilang stress. Namun dilain sisi, ini menjadi pekerjaan tak mudah. Kita harus merawatnya dengan telaten, contohnya saja mengganti air kolam secara berkala. 

Berikut ini adalah cara tepat melakukan penggantian air kolam dan aquarium menggunakan pompa celup air kotor Tsurumi. 

1. Siapkan Peralatan

Apa saja peralatan yang Anda butuhkan untuk membersihkan air kolam? Beberapa peralatan yang dibutuhkan adalah jaring untuk memindahkan ikan dari kolam, busa atau spons, sikat, ember air dan juga selang beserta pompa celupnya. 

2. Lakukan Persiapan

Setelah menyiapkan segala peralatan, jangan langsung menguras air kolam. Khusus kolam ikan lele, sebaiknya cek kondisi ikan terlebih dahulu. 

Jika akan mengganti air kolam pada sore hari, sebaiknya lele tidak diberi makan pada pagi harinya. Mempuasakan lele bertujuan untuk mencegah stres. 

Ketika lele sudah diberi makan dan air kolam diganti, akan membuat lele muntah akibat perubahan suhu yang drastis. Hal ini beresiko dan mengakibatkan kematian pada lele. 

Aturan lain yang berlaku pada saat penggantian air kolam adalah, memastikan Anda punya sumber air baru yang cukup untuk mengisi kolam kembali. 

3. Matikan Mesin Sirkulasi Air

Langkah awal untuk membersihkan kolam ikan adalah mematikan mesin sirkulasi air. Buang air kolam dengan cara membuka saluran pembuangan air, biasanya ini membutuhkan waktu 10 sampai 30 menit, tergantung volume air.

Ketika kedalaman air tersisa 5 sampai 10 cm dari dasar kolam, segera pindahkan ikan ke tempat berisi air bersih. 

4. Bersihkan Dinding Kolam

Setelah kolam mengering, mulailah membersihkannya dengan menyikat dinding dan dasar kolam menggunakan sikat atau sejenisnya. Gosok dengan benar supaya semua kotoran terangkat.

Kemudian, bersihkan sisa-sisa air dengan busa atau spons. Caranya, tempelkan busa ke dalam genangan air, angkat dan peras. Lakukan ini secara berulang sampai sisa air kolam habis.

5. Bilas dengan Air Bersih

Langkah selanjutnya adalah bilas kolam dengan air bersih. Semprotkan air bersih ke dalam kolam, lalu gosok kembali bagian-bagian yang masih kotor. Kemudian, masukkan busa, angkat dan peras sampai sisa air terkuras habis.

6. Isi Kolam dengan Air Bersih

Setelah selesai membersihkan semua bagian kolam. Mulai dari dasar, dinding dan ornamen-ornamen lainnya, langakah selanjutnya adalah mengisi kolam dengan air bersih. Nyalakan pompa celup air kotor Tsurumi untuk mengisi kolam sampai penuh.

Saat kolam terisi penuh, nyalakan kembali pompa sirkulasi udara supaya air lebih banyak menghasilkan oksigen. Pada bagian ini jangan langsung memindahkan ikan ke dalam kolam.

Sebaiknya Anda menunggu sampai 30 menit atau 1 jam, barulah memindahkan ikan ke dalam kolam kembali. 

Khusus kolam ikan lele, jangan langsung memberi lele makanan, tunggu sampai 1×24 jam. Jika memaksa memberi makanan pada lele sesaat setelah penggantian air kolam, lele akan stres. Kemudian mengeluarkan buih dan beresiko menyebabkan kematian. 

Penutup

Jadi, sudah tahu kan bagaimana cara yang benar untuk mengganti air kolam ikan? Kesalahan dalam mengganti air bisa saja membunuh ikan. Selain itu, mengganti air pun tidak boleh terlalu sering.

Bersihkan kolam ketika kondisi air sudah kotor, dan ikan terlihat tidak nyaman, biasanya ikan kehilangan nafsu makan dan lebih senang mengapung. Air yang kotor membuat ikan tidak bersemangat, bahkan stres dan berujung pada kematian.

Lantas, kapan baiknya kita mengganti air kolam? Umumnya adalah 1 atau 2 bulan sekali. Saat membersihkan kolam, hindari menggunakan deterjen atau sabun, karena bahan kimianya dapat mengkontaminasi air dan membunuh ikan.

Cukup bersihkan kolam dengan alat sederhana, yang penting kotorannya terangkat dengan baik. 

Demikianlah panduan lengkap dari IndahJaya toko yang Jual Pompa Tsurumi tentang bagaimana cara mengganti air kolam ikan menggunakan pompa celup air kotor Tsurumi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita, khususnya Anda yang punya kolam ikan di rumah masing-masing. 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Zamhari S, Kom. I

Hanya manusia yang suka belajar

Add comment