Soloensis

Perawatan Hoist Crane yang Wajib Dilakukan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Sangat penting bagi Anda untuk selalu melakukan perawatan hoist crane secara rutin. Hal ini umumnya akan dilakukan oleh operator crane baik itu sebelum ataupun setelah memakainya setiap hari. Agar nantinya penggunaan alat berat tersebut lebih aman serta berfungsi secara maksimal.

Beberapa Langkah Perawatan Hoist Crane

Sebelum menggunakan hoist crane, sangat penting bagi Anda untuk melakukan perawatannya terlebih dahulu. Perawatan dilakukan secara berkala agar nantinya bisa mendapat keamanan saat memakainya nanti sesuai kebutuhan. Agar lebih jelas, di bawah ini merupakan langkah perawatan harian selengkapnya:

1.     Periksa Daerah Sekitar Crane

Sebelum menggunakan hoist crane, sangat penting bagi Anda untuk memeriksa daerah sekitarnya dahulu demi menghindari adanya potensi bahaya. Pertama, pastikan para pekerja tidak ada di areanya. Kedua, pastikan tidak ada penghalang sehingga beban akan dipindahkan nantinya sehingga pergerakan leluasa.

Selanjutnya, pastikan juga seluruh perangkat di bawah hook aman untuk terangkat. Kapasitas beban yang ingin terangkat memakai alat berat ini juga harus memiliki beban lebih kecil hoist crane sendiri. Dengan begitu, jangan sampai melebihi daya angkatnya. Hal ini untuk menghindari kerusakan penggunaan.

2.     Pemeriksaan Awal Mesin

Usahakan tidak ada kerusakan pada alat berat tersebut. Anda bisa mulai memeriksa kelonggaran komponen hoist, girder, trolley, hingga sistem elektrikal. Jangan lupa juga untuk memeriksa wire rope dengan baik. Pastikan buttom block tidak kusut ataupun bersentuhan agar penggunaannya optimal.

Selanjutnya, usahakan tidak ada kontak arus di dalam panel saat membukanya. Selain itu, Anda juga perlu mengecek apakah terdapat kabel terlepas, tegang, maupun luka. Pastikan push botton dalam keadaan baik secara fisik maupun lapbelnya sehingga masih berfungsi secara optimal.

3.     Periksa Powered Systems

Anda juga perlu mengecek semua push botton saat keadaan off atau mati. Periksa seluruh tombolnya pastikan tidak ada yang lengket sehingga dapat beroperasi dengan baik. Saat sudah dikembalikan maka harus selalu ke posisi awalnya yakni off. Pastikan juga houst hook naik jika menekan tombol Up.

Kemudian Anda perlu memeriksa upper limit switch agar tetap bekerja dengan baik. Selalu pastikan juga seluruh push botton control bekerja sesuai dengan arah yang seharusnya. Hal ini tentu akan menghindari hal-hal merugikan saat alat berat tersebut beroperasi nantinya.

4.     Periksa Komponen Lain

Selain beberapa bagian di atas, Anda juga perlu memeriksa beberapa komponen lainnya secara menyeluruh. Tentu saja hal ini sangat penting demi terhindar dari kerusakan saat menggunakannya. Mulai dari mengecek kunci, pengaman crane, pemulas, minyak gigi, bagian pengangkatan, dan lainnya.

Ada baiknya juga saat melakukan pemeriksaan rutin tersebut menyertakan catatan khusus sehingga sangat mudah apabila sewaktu-waktu ingin melihat sekaligus meningkatkan kinerja dari seluruh hoist crane tersebut. Tidak heran jika perawatannya semakin maksimal dari sebelumnya.

5.     Pemberian Pelumasan Komponen

Anda juga perlu melakukan pelumasan komponen. Dalam hal ini operator perlu memberikan pelumas pada bagian derek maupun sambungan sel lainnya. Adapun tujuan melakukannya adalah agar tidak adanya pergesekan berlebihan atau istilahnya adalah seret. Tentu saja fungsinya juga akan semakin maksimal.

Akan tetapi, sangat penting juga bagi Anda sebelumnya untuk menjaga derek agar terbebas dari kotoran. Dengan begitu, komponennya juga akan selalu dalam keadaan baik sehingga fungsinya dapat lebih maksimal. Penggunaannya pun tidak akan mudah mengalami kerusakan.

6.     Lakukan Perawatan Sekunder Derek

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemeliharaan derek. Akan tetapi, Anda perlu menekankan pada inspeksi dan penyesuaian komponen. Dengan begitu, lebih efektif dalam mempertahankan kinerja mesin yang baik dari setiap mekanisme operasi hingga perakitan mekanisnya.

Anda perlu mengecek apakah terdapat komponen di sekitarnya yang mengalami kerusakan. Jika iya, maka cobalah menggantinya dengan segera sebelum menggunakannya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya potensi bahaya karena masalah tersebut bisa terjadi kapan saja.

7.     Pergantian Oli

Tahukah Anda, bahwa oli termasuk salah satu bagian vital dalam sebuah mesin. Agar nantinya dapat bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, sangat penting bagi setiap operator untuk melakukan pergantian oli mesin secara berkala. Caranya adalah dengan mengacu pada riwayat buku pemeliharaan alat tersebut.

Pasalnya, apabila menggunakan oli dengan kualitas kurang bagus tentu saja dapat mempengaruhi kinerja serta performa dari mesin hoist crane itu sendiri. Hal ini berarti, jangan hanya berfokus pada penggantian oli saja akan tetapi pastikan juga menggunakan produk berkualitas sehingga hasilnya akan maksimal.

Mengapa Harus Melakukan Perawatan?

Perlu Anda pahami, bahwa hoist crane sebenarnya termasuk alat bantu manusia yang juga memiliki kekurangan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memahami seperti apa saja perawatan dari alat satu ini. Terlebih jika ingin menggunakannya secara rutin. Hal ini agar nantinya penggunaannya tidak mudah rusak.

Melakukan proses perawatan juga dapat menghindari adanya potensi bahaya saat menggunakannya. Baik itu bagi operator maupun orang-orang yang ada di sekitarnya. Anda juga perlu mengenal bagian-bagiannya dengan baik kemudian perlu mengetahui cara memperbaikinya sementara saat terjadi trouble.

Dengan melakukan perawatan rutin, tentu saja penggunaannya akan lebih awet. Anda juga tidak perlu menghabiskan banyak uang sehingga nantinya harus membeli alat ini padahal baru saja menggunakannya dalam waktu tidak terlalu lama. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda melewatkan perawatan berkalanya.

Itu tadi informasi mengenai perawatan hoist crane. Dengan pemeriksaan yang tepat tentu saja alat tersebut dapat berfungsi secara maksimal. Penggunaannya juga tidak akan membahayakan operator maupun orang-orang di sekitarnya sehingga jangan melewatkan merawatnya secara rutin. Beli di sini hoist crane berkualitas.

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Zamhari S, Kom. I

Hanya manusia yang suka belajar

Add comment