Soloensis

Penyebab dan Gejala Kanker Prostat

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

 

Mendengar kata penyakit kanker prostat tentu membuat kebanyakan pria menjadi ngeri. Biasanya akan diiringi dengan rasa penasaran dan keingintahuan akan penyakit ini. Penyakit prostat itu apa? Apa saja penyebab dan gejala kanker prostat? Penyakit prostat adalah gangguan pada kelenjar prostat yang biasa dialami pria, terutama yang berusia di atas 50 tahun.

Prostat adalah kelenjar seksual pada laki-laki yang berada di bawah kandung kemih. Prostat umumnya memiliki ukuran sebesar biji kemiri, namun dengan bertambahnya usia pria tersebut, ukuran prostatnya akan membesar. Organ ini berfungsi mengeluarkan enzim yang berguna agar sperma tetap sehat. Beberapa penyakit prostat antara lain adalah pembesaran prostat yang bersifat jinak, timbulnya peradangan pada prostat hingga kanker prostat.

Penyakit prostat berupa pembesaran prostat jinak disebabkan oleh bertambahnya usia serta aktifnya sel yang merangsang prostat terus membesar. Gejala yang terjadi pada pembesaran prostat ringan adalah sering kencing, kencing lemah dan tidak tuntas, kencing menetes dan bahkan dapat menyebabkan mengompol.

Penyakit prostat berikutnya yaitu peradangan prostat disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga prostat membesar dan meradang. Bakteri yang menyebabkan peradangan ini diantaranya adalah Escherichia coli, Entobakteri, Streptokokkus, Klebsiella, Pseudomonas dan Stafilokokkus. Gejala peradangan prostat sangan menyakitkan, yitu terasa sangat sakit saat ejakulasi, bahkan sperma kadang bercampur darah, serta penurunan fungsi seksual.

Yang paling perlu dikhawatirkan pada penyakit prostat adalah kanker prostat. Sel kanker pada prostat akan membesar diluar kendali yang pada stadium akhir dapat menyebabkan sakit yang luar biasa. Meskipun demikian sebenarnya kanker prostat dapat ditanggulangi asalkan diketahui sejak dini.

Pengobatan Penyakit Prostat

Anda tidak perlu khawatir, karena penyakit prostat sebenarnya dapat diobati. Beberapa metode pengobatan penyakit prostat adalah :

1. Dual Terapi

Jika penyakit prostat masih jinak, dapat dilakukan dual terapi. Dual terapi yang dimaksud adalah pemberian dua jenis obat yaitu alfa blocker dan alfa reductase inhibitor. Alfa blocker berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot diprostat sehingga saluran lebih lancar, sementara alfa reductase blocker berfungsi untuk mengecilkan prostat.

2. Operasi

Jika dual terapi gagal menyembuhkan penyakit prostat barulah dilakukan operasi. Operasi yang dilakukan adalah pelebaran saluran uretra dengan cara pengerokan prostat bagian tengah agar saluran kencing lebih lancar. Jika gangguan prostat disebabkan sel kanker biasanya dilakukan prosedur operasi prostatektomi radikal atau orkiektomi. Prostatektomi radikal adalah pengangkatan prostat. Biasanya hanya diperbolehkan untuk penderita kanker prostat stadium awal. Resiko dari operasi ini adalah meningkatkan prosentase impotensia. Orkiektomi adalah operasi pengangkatan testis. Operasi ini sangat efektif untuk mengatasi penyakit prostat berupa kanker ini karena tidak membutuhkan obat tambahan maupun operasi lanjutan, namun resikonya jelas permanen yaitu hilangnya kemampuan melakukan hubungan seksual.

3. Terapi penyinaran

Terapi penyinaran dilakukan untuk membunuh sel kanker yang berkembang di prostat. Terapi penyinaran dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan penyinaran eksternal dari luar tubuh, maupun internal dari dalam tubuh dengan menanamkan butiran radioaktif.

Obat Penyakit Prostat

1. Manipulasi Hormon

Berbagai gejala pembesaran prostat dipicu oleh tingginya produksi testosterone. Obat yang biasa digunakan untuk mengatasi penyakit prostat adalah obat yang secara hormonal mengurangi testosterone. Namun pengobatan ini hanya dilakukan untuk orang yang aktivitas seksualnya sudah tidak aktif atau pada usia lanjut. Obat yang digunakan adalah lupron atau zoladeks. Beberapa orang menyebut tindakan ini sebagai kebiri kimiawi karena efeknya yang mengurangi libido dan kemampuan seksualitas pelakunya.

2. Obat Herbal

Selain pengobatan medis alternative yang relative aman adalah pengobatan herbal. Alam telah menyediakan banyak sekali bahan alami yang mampu mencegah dan mengatasi gangguan penyakit prostat. Beberapa herbal yang mampu menjadi solusi bagi penderita penyakit prostat adalah tomat, sambiloto, akar alang-alang, kumis kucing, meniran, daun sendok, pegagan dan daun dewa. Beberapa herbal tersebut berfungsi sebagai anti infeksi. anti radang, mengurangi pembengkakan, diuretik serta analgetik.

Penyakit prostat adalah penyakit yang menyerang kelenjar seksual pria dan sering menjadi momok yang menakutkan bagi pria. Berbagai pengobatan telah disediakan dan diketahui. Jagalah kesehatan diri anda dengan gaya hidup yang sehat serta seringlah berkonsultasi dengan dokter mengenai keluhan kesehatan yang anda rasakan. Deteksi dini penyakit prostat dapat membantu anda mempermudah penanggulangannya. Selain itu, penting juga bagi setiap pria mengetahui apa saja penyebab dan gejala kanker prostat ini.

Salah satu terapi alami yang aman adalah dengan minum AFC SOP 100 Subarashi. Produk ini berasal dari Jepang. Dikemas dalam bentuk sachet yang berisi serbuk. Bahan bakunya berasal dari placenta ikan salmon. Fungsi utama suplemen ini adalah untuk meregenerasi sel dari organ tubuh kita yang sudah rusak atau tidak berfungsi maksimal. Untuk info detailnya bisa anda tanyakan kepada  agen yang jual SOP 100 Subarashi.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Mahmudin Nachrowi

Pengelola Toko Online

Add comment