Soloensis

Yuk Intip 3 Faktor Penting Dalam Memilih Software Akuntansi, Anda Wajib Tahu!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Untuk anda yang bergerak di bidang bisnis, maka menggunakan software akuntansi akan menjadi salah satu pilihan yang bisa anda gunakan. Pasalnya, dengan kehadiran software tersebut akan memberikan anda kemudahan untuk pekerjaan anda. Bagi anda yang masih bingung di dalam memilih software yang ingin digunakan, maka di dalam ulasan kali ini pun akan dibahas beberapa faktor penting yang bisa anda perhatikan sebelum memilih software untuk akuntansi. Berikut simak ulasannya.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Software Untuk Akuntansi

1.Tentang Biaya Tersembunyi

Ketika anda ingin untuk menggunakan software ini, maka anda pun perlu memperhatikan adanya biaya tambahan yang mungkin akan dikenakan ketika sedang memakai software. Pada umumnya, beberapa developer akan mengenakan biaya untuk update. Sehingga ketika awal pembelian, anda pun akan dikenakan biaya yang rendah. Barulah setelah itu, anda akan dikenakan biaya add on atau pun membayar biaya pemeliharaan.

Sehingga sebelum anda membeli software akuntansi tersebut, maka anda perlu memperhatikan apakah ada biaya tersembunyi yang mungkin akan dikenakan. Ketika anda tidak ingin untuk membayar biaya tambahan pada aplikasi tersebut, maka anda pun bisa memilih software yang lain. Untuk mengetahuinya, maka anda pun bisa memeriksa halaman biaya pada situs web penyedia dari software tersebut.

2. Dengan Melihat Fitur yang Tersedia

Poin satu ini penting untuk anda perhatikan sebelum memilih software. Untuk itu, sebelum membelinya pastikan anda untuk membuat daftar fitur yang nantinya akan anda butuhkan. Beberapa fitur yang mungkin anda butuhkan ketika ingin membeli software untuk akuntansi diantaranya adalah untuk membuat faktur. Selain itu, pilihlah software yang mampu untuk melacak pengeluaran sesuai dengan kategori.

Tak hanya itu saja, anda juga perlu untuk memilih software yang memiliki fitur untuk melihat hutang dan piutang, melihat neraca, laporan laba dan rugi serta untuk melihat laporan keungan yang lain. Anda pun juga memerlukan software yang mampu untuk membuat pesanan pembelian dan catatan pembelian inventaris. Intinya, pilihlah fitur yang sesuai dengan yang anda butuhkan saat ini dan di masa mendatang.

3. Dengan Memperhatikan Keamanan Data

Jika anda menggunakan software akuntansi online, maka keamanan data adalah hal yang perlu untuk anda perhatikan. Untuk itu, anda pun bisa menanyakan ke developer tentang bagaimana cara mereka untuk menyimpan data. Selain itu, anda pun juga bisa memeriksa apakah software online tersebut telah mengggunakan koneksi HTPPS yang sudah terenkripsi dan tidak dapat dilihat oleh peretas.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin untuk membeli software untuk akuntansi. Karena software ini anda gunakan sendiri, maka anda pun juga perlu untuk memilih software yang user friendly sehingga nantinya akan dengan mudah untuk anda operasikan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Kirana Haditia

A tyro writer

Add comment