Soloensis

Indahnya Kebersamaan Beda Kepercayaan

11

Nama saya Akhsan kurnia. Saya berumur 17, saya tinggal di sebuah Dusun Gandu, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Di dusun saya ada dua agama yang dianut oleh masyarakat, yaitu Islam dan Hindu. Tetapi dengan adanya perbedaan kepercayaan tidak membuat perpecahan pada kegiatan kemasyarakatan.

Pernah ketika warga melakukan bersih – bersih di lingkungan dusun kami dan dilakukan menyeluruh sampai masjid hingga candi/pura. Warga tidak pilih-pilih untuk kerja bakti bersih-bersih, yang beragama Islam juga ikut membersihkan candi/pura dan sebaliknya yang beragama Hindu juga ikut membersihkan tempat ibadah Islam yakni masjid.

Di sini dapat saya simpulkan perbedaan di dusun saya tidak mempengaruhi kegiatan kemasyarakatan karena mempunyai rasa saling menghormati antar agama.

Tidak hanya dalam kegiatan masyarakat saja kegiatan sosial juga sangat tinggi. Apabila ada salah satu warga yang kurang enak badan dari Satuan Lingkungan Setempat (SLS) mengajak untuk menjenguk bareng. Dan diberkan santunan dengan jumlah yang sama sehingga tidak terjadi perbedaan sosial maupun ekonomi.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment