Soloensis

Jokowi Ngamuk Soal Polusi! Depok Rekor Buruk, Jakarta Merah

cover-topik-fokus-polusi-jakarta_169

Jakarta, Indonesia – Berdasarkan data IQAir pada pagi hari ini Kamis (31/8/2023) pukul 06.00 WIB kualitas udara di Jakarta kembali ke status tidak sehat dengan indeks kualitas udara AQI US 186 dan polutan utama PM2.5. Konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 24,7 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

Angka ini lebih tinggi dibandingkan AQI US hari sebelumnya dimana AQI US berada di angka 177.

Cuaca Jakarta pagi ini masih berkabut dengan suhu 23 derajat celcius, kelembapan 88%, angin 7,4 hm/h dan tekanan 1.011 mbar.

Dalam rangking kota AQI langsung dari beberapa kota di Indonesia, hari ini pukul 06.00 WIB Jakarta naik menjadi rangking ke 3 dari hari sebelumnya masuk dalam urutan ke 4 dari 10 rangking kota kualitas udara yang tidak sehat.
Kabar ini tentu saja menjadi kabar buruk mengingat Jakarta sudah keluar dari 10 kota paling polusi di Indonesia selama tiga hari pada periode Sabtu Minggu pekan lalu dan Senin pekan ini.
Kota Depok masih belum terkalahkan menjadi kota berpolusi buruk pada pagi ini dengan AQI US 194, angka ini lebih rendah dibandingkan AQI US hari sebelumnya di angka 215 atau sangat tidak sehat.

Sebagai catatan, indeks IQAir menjelaskan angka di atas 200 sudah masuk kategori sangat tidak sehat.

Sudah enam hari beruntun, kota Depok menjadi kota dengan polusi paling buruk di antara kota lainnya. Belum diketahui penyebab kota Depok menjadi kota berpolusi terburuk selama enam hari terakhir ini. Namun, warga Depok dihimbau untuk memakai masker untuk melakukan pencegahan.

Pencemaran polusi salah satunya berasal dari asap kendaraan. Diketahui, setiap tahunnya jumlah kendaraan di kota Depok terus meningkat. Di awal tahun 2023 ini saja angkanya sudah mencapai jutaan unit. Setidaknya, ada 1.141.501 unit kendaraan yang diyakini berkontribusi besar bagi kemacetan yang terjadi di kota Depok. Salah satu contohnya, Jalan Sawangan Raya yang kian hari kian macet.

Menurut data pada Januari 2023, jumlah kendaraan yang tercatat pada Samsat Depok berada di angka 762,250 kendaraan termasuk roda 4 dan roda 2.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Depok II Cinere, Enih Srimurni menerangkan, terhitung Januari 2023, jumlah kendaraan di wilayahnya mencapai 379.251 kendaraan. Banyaknya kendaraan yang lalu lalang di kota Depok dapat menyumbang polusi udara di kota tersebut.

Selain dari asap kendaraan, polusi udara yang memburuk di beberapa kota besar di Indonesia juga disebabkan dari polusi industri atau pabrik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan, pengenaan sanksi akan diberlakukan bagi industri yang tak mau memasang scrubber atau alat pengendali polusi udara. Tak tanggung-tanggung, sanksi yang dikenakan bisa berujung pada penutupan pabrik.

Hal ini ditegaskan Jokowi saat merespon pertanyaan wartawan, usai melakukan tinjauan ke SMKN Jawa Tengah di Kota Semarang, Rabu (30/8/2023).

“Sanksi pasti, dan bisa ditutup,” kata Jokowi.

“Saya kemarin rapat sudah saya sampaikan, kalau tidak mau perbaiki tidak pasang scrubber, tegas untuk ini, karena harga kesehatan yang harus kita bayar itu mahal sekali,” tambahnya.

Ia menjelaskan penanganan polusi udara di kawasan Jakarta dan sekitarnya harus dilakukan secara bersama. Mulai dari perpindahan kendaraan pribadi ke transportasi publik, penanaman pohon di kantor-kantor, kemudian modifikasi cuaca.

dewa138 Selain itu juga diberlakukan work from home (WFH), pengawasan terhadap industri dan pembangkit listrik tenaga uap, pengecekan terhadap emisi kendaraan pribadi.

Adapun langkah Pemerintah lainnya dalam upaya mengurangi populasi udara di Jabodetabek (Jakarta Bohor Depok Tangerang Bekasi), salah satunya dengan menerapkan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca).

area188 IQAir merekomendasikan masyarakat Jakarta untuk mengambil langkah-langkah pencegahan, seperti menggunakan masker, penyaring udara dalam ruangan, menutup jendela, dan membatasi aktivitas di luar ruangan.

 

Tujuan utamanya adalah untuk melindungi kesehatan dari paparan udara yang kotor dan berpotensi berbahaya.

 

SUMBER CNBC INDONESIA

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment