Soloensis

Indahnya bertoleransi

IMG_20230406_160328
Indahnya bertoleransi di desa ngargoyoso

Indahnya bertoleransi di desa ngargoyoso 

 

Di setiap tahun yang datang  kita bertemu dengan bulan Ramadhan. banyaknya umat islam menjalankan puasa,  beribadah ke masjid ,sholat tarwih, dan  berbondong-bondong mencari pahala..

Tidak hanya umat muslim saja tentunya umat kristen dan hidu Juga berbondong-bondong mencari paahala dengan cara membantu mengamankan solat id umat islam , apabila umat islam sedang menjalankan shalat id di bulan ramadhan umat kristen dan hindu membantu mengamankan keamanan setempat dan keamanan sepeda motor 

Umat muslim yang lagi menjalankan shalat id.

Mereka juga tidak hanya memikirkan menjaga sepeda motornya , tapi juga memikirkan keselamatan umat muslim yang lagi menjalankan salat nya dengan cara mereka menjaga di depan pitu masuk masid agar tidak ada sesuatu yang tidak di inginkan .. 

Dan sebaliknya jika ada hari raya nyepi , atau natal umat islam juga ikut serta turut membantu mengamankan lingkungan sekitar dan saling menghormati satu sama lain. 

Di ngargoyoso umat islam , hidu , dan kristen saling bertoleransi yang sanggat kuat. Mereka berteman  tidak membeda-mbedakan jenis kulit, agama , dan golongan.. 

Tidak hanya itu saja sikap toleransi yang di miliki oleh warga ngargoyoso . Contonya: pada saat hari qurban tiba umat muslim menyembelih sapi / kambing , mereka membangikannya ke semua kalangan umat bukan hanya umat muslim saja yang di bagikan tapi umat kristen dan hindu pun juga di kasih setiap tahunnya.. 

Semua itu di lakukan warga ngargoyoso agar supaya umat  agama islama ,kristen , dan hindu agar selalu damai , hidup rukun dan saling menjaga erat perbedaan … 

Itulah yang di namakan bertoleransi tinggi di masyarakat.

Dan saling membantu itulah yang utama  

Karena itulah di desa kami menjadi desa yang makmur , sejahtera dan damai.. 

Tidak gampang terpecah belah oleh pihak manapun , mampu menghargai dan memanusiakan manusia..

Tidak hanya itu, Di ngargoyoso juga terkenal  dengan kerukunan umat keberagamanya , karena di satu kelurahan ada tempat ibadah berbeda yang saling berdampingan. Yaitu gerja , pura dan masjid.

Tidak hanya bertoleransi nay saja yang tingi , tapi warga ngargoyoso tingkat bergotong royong nya juga tinggi,   umat islam membantu pembangunan gerja di ngagoyoso. Kpla desa ngargoyoso mengerahkan semua masyarakatnya untuk membantu membuat greja, semua membantu dan tidak ada yang menolak. Bahkan semua pun berkumpul bersama dan bercanda gurau. Tidak ada yang membeda-mbedakan agama kasta dan derajad. Kami warga ngargoyoso bersyukur memiliki pemimpin  kepala desa yang patut di contoh . Karena, mengjak semua rakyatnya bertoleransi.. 

Makanya desa nagrgoyoso di juluki desa yang bertoleransi tinggi.. Media-media wartawan pun pernah meliput nya di koran medsos dan berita tv..

Itulah kisah  cerita singkat  indahnya  bertoleransi di desa ngargoyoso..

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment