Soloensis

Ternyata Begini Ciri-Ciri VGA Laptop Rusak Dan Ketahui Penyebabnya

images (26)

Bagaimana cara mengecek VGA di laptop rusak atau tidak? Apa ciri-ciri dan penyebabnya? Pertanyaan seperti ini akan sering muncul ketika Anda mulai mengalami gejala-gejala tidak normal pada laptop Anda, terutama terkait dengan tampilan grafis yang muncul di layar monitor.

Secara sederhana VGA atau yang sering juga disebut dengan kartu grafis atau display adapter merupakan sebuah komponen pada laptop yang berfungsi dalam mengolah grafis dan menampilkannya pada layar monitor. Saat bermain game atau melakukan editing video, fungsi VGA menjadi sangat penting karena komponen inilah yang akan menentukan kualitas rendering grafis yang dihasilkan. 

Untuk mengetahui apakah VGA pada laptop ini dalam kondisi baik atau rusak, maka coba ketahui tanda-tanda motherboard rusak terlebih dahulu. Karena fungsi VGA ini berkaitan dengan tampilan visual di layar, maka Ciri-Ciri VGA Laptop Rusak sangat mudah diketahui.

Ciri-Ciri VGA Laptop Rusak

Tampilan Visual Menjadi Patah-patah

Saat Anda sedang bermain game atau menonton film di laptop dan ternyata tampilannya terputus-putus tanpa sebab, bisa jadi VGA Anda sedang bermasalah. Meskipun hal ini bisa juga disebabkan oleh permainan yang dimainkan terlalu keras atau resolusi film yang diputar terlalu tinggi.

Muncul Warna-Warna Aneh Di Layar

Ciri-ciri VGA laptop rusak yang kedua adalah muncul warna-warna aneh atau yang sering disebut dengan artifakting. Jika terjadi masalah pada VGA, warna pada layar bisa saja muncul dengan pola aneh seperti melengkung, memanjang, melingkar, dan tidak bisa hilang meski laptop di-restart. Masalah ini bisa disebabkan oleh rusaknya chipset VGA laptop.

Layar Berkedip

Jika layar laptop anda berkedip hanya di sebagian layar saja atau seluruh layar, maka hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada monitor atau kerusakan pada VGA.

Bunyi Kipas Yang Sangat Kencang

Kartu VGA memiliki kipas tersendiri yang berfungsi menjaga suhu tetap dingin di bawah ambang batas dan mencegah overheating. Jika saat menyalakan laptop selalu terdengar suara kipas yang sangat keras, berarti di dalamnya ada komponen yang sangat panas. Jika berasal dari VGA maka ini juga bisa menjadi salah satu tanda VGA sedang bermasalah.

Black Screen Dan Blue Screen

Tanda VGA pada laptop rusak selanjutnya adalah layar menjadi hitam tanpa tampilan sama sekali saat laptop dalam keadaan hidup. Saat Anda mencoba mendengarkan suara kipas dan perputaran harddisk di laptop, semuanya terlihat normal, namun layar laptop tidak menampilkan visual apapun.

Selain itu, VGA yang rusak juga dapat menyebabkan sistem crash, freeze, dan blue screen. Layar biru (BSOD) muncul ketika terjadi kegagalan perangkat (hardware filure) yang menandakan telah terjadi kerusakan pada salah satu komponen laptop.

Gagal Booting 

Boot failed adalah suatu keadaan dimana laptop dihidupkan namun tidak bisa masuk ke Windows, biasanya hanya sampai muncul layar BIOS. Masalah ini juga bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti sistem operasi yang rusak dan kegagalan perangkat keras, termasuk VGA yang rusak.

Jika anda mulai mengalami masalah grafis seperti tanda-tanda VGA rusak di atas dan kemudian mengalami kegagalan booting maka hal ini cukup menjadi alasan bagi anda untuk curiga bahwa VGA pada laptop anda bermasalah atau bahkan rusak.

Penyebab VGA Laptop Rusak

Overheat

Overheating atau panas berlebih pada laptop sering kali terjadi pada berbagai komponen pada laptop, termasuk VGA. Jika Anda menggunakan laptop untuk melakukan pekerjaan berat dan berintensitas tinggi seperti bermain game atau rendering selama berhari-hari, panas berlebih dapat terjadi.

Dampak terburuk dari overheating adalah dapat menyebabkan melelehnya komponen fisik VGA, terutama solder bead, sehingga menyebabkan VGA tidak berfungsi, arus listrik terputus, atau terjadi korsleting.

Sirkuit Pendek Atau Korslet

Hubungan arus pendek atau yang lebih kita kenal dengan sebutan korsleting juga bisa menjadi penyebab rusaknya VGA. Banyak hal yang bisa menyebabkan VGA mengalami konslet, mulai dari pemasangan yang tidak tepat, komponen tertentu meleleh karena panas, hingga faktor lain seperti tetesan air atau hewan mati yang kebetulan masuk ke dalam VGA.

Arus Listrik Tidak Stabil

Arus listrik yang tidak stabil juga dapat menyebabkan kerusakan pada VGA laptop, serta komponen lainnya, apalagi jika adaptor pada charger tidak mampu menyeimbangkan arus yang masuk. Meskipun laptop modern kini sudah memiliki adaptor yang bagus, ada baiknya jika Anda mencolokkan charger di tempat yang arus listriknya stabil.

Overvoltage

Overvoltase atau arus berlebih biasanya terjadi saat melakukan overclock dan dapat menyebabkan kerusakan pada VGA pada laptop. Jika Anda termasuk orang yang suka melakukan overclock maka sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan ambang batas tegangan maksimal yang dihasilkan dari aktivitas overclocking Anda.

Debu Dan Kotoran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, debu dan kotoran yang menumpuk di bagian dalam komponen laptop dan tidak pernah dibersihkan adalah awal dari berbagai masalah. Debu yang menutupi komponen akan memerangkap panas di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan overheat, dan overheat dapat menyebabkan fail-safe (laptop mati sendiri), komponen meleleh, korsleting, dan jika terlalu ekstrim dapat menyebabkan VGA mati total.

Demikian ulasan artikel tentang Ternyata Begini Ciri-Ciri VGA Laptop Rusak seperti yang dilansir slot gacor. Semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment