Soloensis

Perundungan, Tak Hentikan Langkahku

school-bullying-with-student-cartoon-characters_1308-119003
Gambar: Freepik

     (28/02/2024)—Terdapat kasus perundungan di lingkungan sekolah, terjadi di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Kasus perundungan ini menimpa salah satu siswa didik baru tahun pelajaran 2022/2023 yang berinisial AB.

     AB mengungkapkan bahwa ia mendapatkan perlakuan yang buruk dari kakak kelasnya dan perlakuan tersebut terjadi selama 1 bulan. AB mengungkapkan bahwa ia sempat berfikir untuk tidak mau sekolah karena takut perlakuan yang ia dapatkan akan semakin membabi buta, namun syukurnya AB tidak jadi untuk melakukannya dan menepis fikiran negatif yang ia punya.

     Selama 1 bulan, AB mendapatkan perlakuan yang buruk dari kakak kelasnya mulai dari perkataan maupun tindakan. AB mendapatkan perkataan yang tidak pantas, yaitu : anak baru, badan besar, muka jelek, dan lain-lain. Bukan hanya perkataan, namun ia juga mendapatkan tindakan yang kurang mengenakan, seperti : AB ditabrak bahunya dengan sengaja oleh kakak kelas, dibuat tersandung hingga akhirnya AB terjatuh, dan lainnya.

     Namun selama 1 bulan mengalami perundungan, AB memilih untuk tidak melapor kepada pihak sekolah, orang tua, ataupun teman terdekatnya. AB lebih memilih tutup mulut. Karena menurutnya perundungan itu bukan masalah yang besar untuknya, selagi ia bisa melakukan apa yang ia inginkan perundungan itu bukan suatu hal yang harus dipermasalahkan tetapi suatu hal yang dapat menjadi motivasi untuk dirinya untuk mencapai apa yang ia harapkan. Dan AB yakin bahwa perundungan itu akan berhenti dengan sendirinya dan benar, perundungan itu akhirnya berhenti setelah 1 bulan berlalu hingga sekarang AB menjadi siswi kelas 8.

     “Jika kita diperlakukan dengan buruk oleh orang lain usahakan jangan membalasnya, kalau bisa kita balas dengan perlakuan yang baik agar orang itu sadar bahwa yang mereka lakukan itu salah. Dan kita cukup menjadi saksi atas apa yang mereka perbuat ke kita dan selebihnya kita serahkan Kepada Tuhan. Tuhan gak tidur, Tuhan tahu semuanya dan kita cukup jalani apa adanya saja, bersabar, menunggu, berusaha menjadi yang lebih baik, beribadah, dan berdoa adalah hal yang pasti membuahkan hasil yang indah.” Ujar AB

 

Nama     : Agustinna Bintank Prasistri

Sekolah : SMP NEGERI 11 SURAKARTA 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment