Soloensis

Pentingnya Analisis Wacana dalam Pembelajaran

images

Setiap pembelajaran, utamanya dalam pembelajaran bahasa, pasti tidak terlepas dari suatu wacana. Hal tersebut dikarenakan wacana merupakan salah satu kajian yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran bahasa. Dalam hal ini, adanya penguasaan wacana secara baik menjadi hal yang penting dimiliki oleh setiap pelajar. Penguasaan wacana yang baik tentu akan mempermudah pelajar dalam memahami isi dan konteks yang ada dalam sebuah wacana.

Wacana sendiri merupakan satuan bahasa yang tersusun dari bentuk kata yang berfungsi sebagai alat komunikasi dalam konteks sosial (Veronica dan Pramitasari, 2023). Selanjutnya, menurut Mandia (2017), sebagai satuan bahasa, di dalam wacana terdapat sebuah ide, gagasan, dan konsep yang dapat dipahami oleh pembaca. Oleh sebab itu, wacana perlu dipelajari dengan serius mengingat isi di dalamnya hanya dapat dipahami apabila pembaca mampu menemukan benang merah antara gagasan dan konsep dalam wacana yang sesuai dengan konteksnya.

Pemahaman wacana secara mendalam dapat dilakukan dengan cara menganalisis suatu wacana atau analisis wacana. Analisis wacana merupakan salah satu kajian dari linguistik yang memiliki fungsi untuk menganalisis suatu bahasa yang digunakan secara alamiah di dalam lingkungan masyarakat, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan (Mandia, 2017). Dalam analisis wacana, hal yang diutamakan untuk dikaji adalah bentuk, struktur, dan seluruh organisasi yang terdapat di dalam sebuah wacana.

Informasi yang terdapat dalam wacana tentunya tidak dapat dipahami isi dan gagasanya secara utuh apabila tidak adanya analisis wacana. Analisis wacana pun memiliki tujuan untuk mempermudah pembaca dalam memahami suatu wacana. Dalam hal ini, analisis wacana penting untuk dipelajari, utamanya oleh pelajar masa kini karena terdapat banyak manfaat ketika mempelajarinya. Analisis wacana memiliki beragam manfaat dalam pembelajaran bahasa, di antaranya sebagai salah satu cara pelajar untuk melihat bagaimana sebuah pesan dalam wacana disampaikan dan dapat dipahami.

Analisis wacana dapat digunakan dalam memahami berbagai wacana, seperti contohnya wacana pada media digital.. Di masa kini, ketika era teknologi semakin berkembang pesat, wacana pada media digital memungkinkan adanya banyak pemahaman makna dan isinya atau bias makna. Adanya analisis wacana, berfungsi untuk memberikan persepsi terhadap wacana secara menyeluruh tanpa adanya bias makna sehingga makna dalam suatu wacana dapat tersampaikan sesuai dengan isi dan konteksnya.

 

Referensi:

Mandia, I. N. (2017). Analisis Wacana Karya Tulis Praskripsi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali. Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora5(3), 205.

Veronica, D. N., & Pramitasari, A. (2023). Analisis Wacana Kritis Pendekatan Teun A. Van Dijk pada Pemberitaan “Pentingnya Transformasi Digital Bidang Pendidikan Untuk Anak Indonesia” Detik.com dan Implikasinya dalam Pembelajaran Menulis Berita di SMP. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan4, 226-235.

Penulis: Nila Prihartanti dan Dr. Muhammad Rohmadi

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment