Soloensis

Toleransi di Lingkungan Sekolah

IMG-20230217-WA0014 (1)
Siswa kelas X Akuntansi 2 SMKN 1 Karanganyar

 

Dalam sebuah negara yang memiliki banyak ragam budaya, keberagaman menjadi sebuah hal yang penting untuk dipelajari oleh masyarakat.

Keberagaman tidak hanya mengenai etnis atau agama, tetapi juga mengenai gender, latar belakang keluarga, dan status sosial. Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk memperkenalkan keberagaman ini pada siswa-siswinya. Salah satu contohnya adalah SMKN 1 Karanganyar yang terkenal dengan program-programnya yang merapatkan keberagaman kepada siswa-siswinya.

 

SMKN 1 Karanganyar, terletak di daerah yang padat penduduk dan memiliki banyak sekali ragam budaya. Sekolah ini memiliki banyak siswa yang berasal dari berbagai latar belakang dan memiliki kepercayaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sekolah ini memperkenalkan program-program yang dapat mempererat hubungan antara siswa-siswi yang memiliki perbedaan.

 

Salah satu toleransi yang dilakukan adalah saat menunaikan ibadah puasa Ramadhan, yang beragama Islam menjalankan puasa, sedangkan yang tidak beragama islam menghargai yang berpuasa dengan tidak jajan dikantin dan membawa bekal sendiri lalu dimakan diruang kosong.

 

Selain itu ada juga literasi setiap pagi, bagi yang agama islam membaca Al-Quran dengan meniru speaker yang ada dikelas, dan yang beragama hindu membaca kitab Wedha, dan yang beragama Kristen membaca kitab injil, meskipun yang membaca Al-Quran menggunakan Speaker di setip ruang kelas, yang beragama Hindu dan Kristen tidak terganggu. Hal itu di lakukan setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis, tidak hanya siswa-siswi nya saja yang melakukan literasi, Guru dan staf lainya pun juga ikut literasi setiap pagin. Melalui program ini, siswa-siswi dapat memperluas pengetahuan mereka tentang menghargai keragaman yang ada di dalamnya salah satunya toleransi beragama.

 

Intinya agama adalah mengajak umatnya melakukan kebaikan. Dan saya yakin agama lain juga mengajarkan demikian, jadi saya yakin kalau semua pemeluk agama di bumi ini melakukan kebaikan akan banyak lahir orang-orang yang baik.

 

Tidak hanya itu, SMKN 1 Karanganyar juga memiliki program “Kebersihan Lingkungan”. Program ini bertujuan untuk mengajarkan siswa-siswi tentang pentingnya menjaga lingkungan. Sekolah ini memiliki berbagai fasilitas yang ramah lingkungan, seperti tempat sampah yang terpisah untuk sampah organik dan non-organik, dan Bank sampah. Selain itu, sekolah ini juga mengadakan program Jum’at bersih, dan kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan. Dengan program ini, siswa-siswi sekolah dapat belajar untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar mereka dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan sampah.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment