Soloensis

Kita Berbeda tapi Kita Bisa

IMG-20230402-WA0004
Siswa-siswi kelas XE 5 SMA N Kerjo.

 

       Kelas XE 5 adalah kelas yang terdapat di SMA N Kerjo, Kelas yang berisi 34 siswa dengan siswa perempuan 24 dan 10 laki laki. Kelas XE 5 dibedakan dari kelas lain, karena untuk siswa nonis (non Islam) dikumpulkan pada Kelas XE 5. Sehingga toleransi agama selalu melengkapi hari-hari di Kelas XE 5, namun perbedaan agama pada Kelas XE 5 tidak mengurangi solidaritas pada siswa-siswanya.

       Kelas XE 5 selalu dicap buruk oleh guru-guru yang mengajar. Karena Kelas XE 5 dianggap kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, terlalu menyepelekan guru saat menerangkan, beberapa siswa yang sering membolos. Tidak hanya siswa laki laki, bahkan siswa perempuan juga ada yang membolos pelajaran. Selain itu Kelas XE 5 termasuk kelas yang banyak mendapati masalah.

       Akibat terlalu banyak label yang diberikan kepada Kelas XE 5, siswa-siswi kelas XE 5 pun menjadi minder untuk menunjukkan bahwa Kelas XE 5 tidak seburuk yang guru-guru pikirkan. Setiap ada perlombaan yang diadakan oleh sekolah, Kelas XE 5 hanya menggunakan prinsip “Sing penting maju” (yang penting maju), tidak berharap lebih atau bahkan harapan  mendapat juara pada usaha yang telah mereka lakukan. 

       Pada tanggal 6 Maret 2023, setelah dilaksanakannya ujian tengah semester. OSIS mengadakan lomba untuk mengisi kegiatan jeda, lomba yang diadakan antara lain lomba vlog setiap kelas,  lomba pentas seni untuk kelas X, lomba melukis dengan media talenan untuk kelas XI, lomba membuat kerajinan dari barang bekas untuk kelas XII, lomba LCC 3 bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa) untuk semua tingkat dan lomba literasi untuk siswa yang rajin membaca dan mengisi jurnal yang sudah disediakan oleh sekolah. 

      Untuk lomba vlog, Kelas XE 5 hanya membuat video vlog yang seadanya dengan editan yang sederhana dan konsep yang sama sekali belum dimusyawarahkan oleh siswa-siswi Kelas XE 5. Sama dengan lomba pentas seni, Kelas XE 5 hanya menampilkan pentas yang serhana dan durasi yang sangat singkat juga waktu latihan yang terbatas. Tetapi karena hal yang terbatas tersebut tidak mengurangi semangat siswa-siswi untuk tetap mengikuti lomba.

       Lomba sudah terlaksana, lalu pengumuman pemenang lomba diumumkan pada tanggal 13 Maret 2023 tepatnya pada hari Senin saat dilaksanakannya upacara. Siswa-siswi Kelas XE 5 tidak percaya bahkan merasa bingung juga senang saat mendengar siapa pemenang dari lomba lomba yang telah dilakukan Minggu lalu. Kelas XE 5 ternyata memenangkan lomba 3 sekaligus yaitu Lomba vlog dengan juara ketiga, Lomba LCC juara ketiga, dan Lomba literasi yang ternyata siswa dari Kelas XE 5. 

      Setelah mendapat penghargaan memenangkan lomba, Kelas XE 5 mengabadikan kemenangan tersebut. Kelas yang terdapat banyak perbedaan agama, karakter siswa-siswi tetapi bisa mengantarkan pada hasil yang memuaskan dengan kerja sama yang bagus, dan rasa toleransi yang tinggi.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment