Soloensis

Cara Menghemat Listrik Rumah Tangga yang Efektif

Tagihan listrik yang membengkak bisa membuat orang senewen. Anda mungkin sudah merasa irit dalam menggunakan listrik, tapi diakhir bulan ternyata tagihan Anda tetap membengkak sehingga uang bulanan kembali terpotong.

Jika sudah seperti ini, apakah Anda perlu menggunakan kapasitor atau alat penghemat listrik? Jawabannya ialah tak perlu. Sebab Anda dapat mengirit listrik dengan cara yang sangat sederhana dan praktis.

Tahukah Anda ada banyak cara menghemat listrik yang bisa memperkecil tagihan listrik Anda? Cara ini sangat efisien buat Anda yang masih memakai meteran listrik dengan skema tagihan diawalnya atau akhir bulan. Baca beberapa cara mengirit penggunaan listrik di bawah ini:

1. Nyalakan Alat yang Menggunakan Listrik Seperlunya Saja

Ini berlaku untuk beberapa orang yang seringkali menyalakan beberapa alat yang memakai listrik walau tidak dipakai. Contohnya, tv dinyalakan demikian saja sambil beraktivitas lainnya seperti mengobrol serta menelpon.

Tanpa ada diakui, tv yang terus menyala ini akan membuat penggunaan listrik Anda jadi lumayan besar. Jalan keluarnya, matikan beberapa alat yang memercayakan daya listrik saat Anda tidak memakainya atau ingin beraktivitas yang lain.

2. Cabut Kabel dan Peralatan yang Tidak Digunakan Dari Saklar

Apa Anda mempunyai rutinitas biarkan charger masih tercolok pada saklar walau sedang tidak dipakai?

Nah, tahukah Anda jika arus listrik tetap mengalir pada piranti yang masih tersambung pada saklar, walau peralatannya dalam kondisi mati? Mengakibatkan, listrik akan terbuang percuma. Seharusnya, cabut kabel serta perlengkapan dari saklar bila tidak dipakai.

3. Matikan Lampu di Jam Tertentu

Rutinitas memakai lampu pada siang hari adalah satu pemborosan. Masalahnya kita bisa memercayakan cahaya matahari jadi sumber penerangan di siang hari. Oleh karenanya, nyalakan lampu cuma saat malam hari saja.

Bila rumah Anda berasa gelap di siang hari, coba untuk memakai atap yang transparan. Upayakan Anda turut dalam pergerakan mematikan 2 lampu di jam 17.00 – 22.00. Pergerakan ini bisa mengirit penggunaan listrik serta tagihan bulanan Anda juga bertambah kecil.

4. Gunakan AC Seperlunya

AC adalah alat elektronik yang memengaruhi besar atau tidaknya tagihan listrik rumah tangga Anda. Pemakaian AC dengan pas pasti bisa mengirit daya listrik. Contohnya, kecilkan suhu AC bila di ruang cuma ada 1-3 orang.

Jauhi mengendalikan AC dengan suhu paling kecil sebab ini bisa membuat tagihan listrik Anda melonjak. Matikan AC bila tidak dipakai. Pakai timer supaya AC mati dengan automatis waktu suhu di ruang cukup sudah sejuk.

5. Pakai Setrika dengan Pengatur Panas Otomatis

Setrika salah satu perlengkapan elektronik dalam rumah tangga yang ukurannya benar-benar kecil. Tetapi, siapa kira bila setrika ini memerlukan daya listrik yang besar, serta semakin besar dari tv serta perlengkapan elektronik yang lain.

Nah, salah satunya langkah mengirit listrik setelah itu dengan memakai setrika yang mempunyai pengontrol panas automatis. Setrika tipe ini akan mati sendirinya bila suhu panasnya cukup sudah tinggi. Disamping itu, cocokkan panas yang dipakai dengan bahan baju yang Anda setrika.

6. Pilih Mesin Cuci Sesuai dengan Kebutuhan

Hindari pilih mesin cuci dengan kemampuan yang begitu besar, sebab makin besar kemampuan mesin cuci karena itu makin besar juga daya listrik yang diperlukan. Cocokkan kemampuan mesin cuci dengan jumlah baju Anda setiap hari.

Selain itu, upayakan untuk membersihkan baju tidak melewati kemampuan dari mesin cuci yang dipakai. Sebab dengan demikian beban mesin cuci bertambah serta otomatis daya listrik yang dipakai juga semakin lebih besar.

7. Gunakan Lemari Es dengan Bijaksana

Lemari es ialah alat elektronik yang menyala dalam waktu lama. Tetapi, bila Anda akan pergi atau mungkin tidak ada minuman dan makanan apa saja di dalamnya, karena itu seharusnya matikan saja lemari es Anda supaya sedikit menyedot daya listrik.

Disamping itu, jauhi penataan suhu lemari es begitu rendah. Masalahnya makin rendah suhu lemari es, maka konsumsi daya listrik yang diperlukan makin besar. Lakukan perawatan teratur supaya suhu lemari es masih terbangun tanpa ada konsumsi listrik terlalu berlebih.

8. Matikan Alat Elektronik Sebelum Tidur

Sebagian orang mempunyai rutinitas biarkan tv masih menyala waktu tidur. Ini adalah bentuk pemborosan yang bisa tingkatkan tagihan listrik bulanan. Oleh karena itu, lakukan diri untuk mematikan semua alat elektronik sebelum tidur.

Bukan hanya tv, seharusnya lampu dimatikan. Kurangi juga rutinitas isi baterei hp waktu tidur. Sebab tidak hanya akan membuat baterei hp gampang rusak, cara itu menyebabkan pemakaian daya listrik makin banyak.

9. Ganti Lampu LED

Tahukah Anda jika sekarang telah ada tehnologi lampu LED yang tentu saja lebih irit pemakaian daya listriknya? Lampu LED mempunyai sinar yang sama terangnya dengan lampu dengan watt normal. Namun harga beli lampu LED ini dapat 2x lipat tambah mahal dibandingkan lampu biasa.

Tidak hanya irit watt listrik, lampu LED lebih awet serta bertahan lama. Jadi, tidak ada kelirunya untuk bayar lampu pada harga yang tambah mahal seandainya lebih irit listrik serta Anda juga tak perlu sering-sering bertukar lampu.

10. Cek Secara Berkala

Cara terakhir untuk menghemat listrik adalah dengan mengeceknya secara berkala. Anda bisa cek tagihan listrik via aplikasi atau situs website. Dengan begitu Anda akan tahu tagihannya sebelum jatuh temponya.

Hal lain yang mengharuskan anda cek tagihan secara berkala adalah bisa menghemat atau waspada penggunaan. Jika tagihan Anda sudah mulai membengkak, maka anda akan lebih menghemat lagi.

Jika Anda masih bingung, simulasinya sama seperti pengisian pulsa telepon selular. Jadi, Anda harus pastikan jika pulsa Anda mencukupi untuk tetap bisa menggunakan daya listrik. Jika pulsanya habis, maka Anda tinggal isi ulang lagi untuk menyalakannya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment