Soloensis

Wisata dan edukasi Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Boyolali sekarang mempunyai tujuan rekreasi edukasi baru yang iconic dan memikat buat didatangi. Ialah Kebun Raya Indrokilo, satu kebun raya yang sampai sekarang ini masih juga dalam proses pembangunan dan perampungan.

Walau demikian, kebun raya ini bisa didatangi oleh pelancong. Sekalian piknik, pelancong dapat menambahkan pemahaman terkait jenis tumbuhan hutan hujan daratan rendah dari Jawa sisi timur.

Daya Tarik Kebun Raya Indrokilo

Kebun Raya Indrokilo adalah wujud ide Pemerintahan Boyolali dalam pergerakan konservasi dan pelestarian alam. Kebun raya yang disahkan di bulan Mei 2019 ini berdiri di tanah sisa tempat tegalan dusun. Awalnya, teritori ini dikenali mistik sebab tidak terurus.

Di bawah pemantauan Instansi Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kebun Raya Indrokilo gagasannya bisa menjadi rumah untuk tumbuhan hutan hujan dari daratan rendah Jawa sisi timur. Sekarang ini kebun raya ini telah mempunyai lebih kurang lebih 6000 jenis tanaman diantaranya jenis tumbuhan langka. Pelancong dapat nikmati bermacam rutinitas di sini, dimulai dari edukasi tanaman, rekreasi, sampai memburu swafoto di beberapa spot memikat.

  • Edukasi Tanaman – Dibuat di tempat selebar 9,35 hektar. Tanah lahan yang dipakai termasuk category tanah latosol dengan kekuatan simpan air yang buruk. Dengan berpindah manfaatnya tempat jadi kebun raya, lokasi ini bisa menjadi tempat pelestarian air sekalian penghasil oksigen. Kebun raya ini jadikan lokasi yang awalannya panas dan gersang jadi lebih sejuk.
  • Monumen Ikonik – Kebun Raya Indrokilo telah mempunyai beberapa monumen dan bangunan yang unik. Seluruh monumen ini jadi daya magnet tertentu untuk pengunjung yang tiba kesini. Sebutlah saja Gerbang Pasingsingan, Patung Sosro Birowo, dan tiruan Air Terjun Niagara.
  • Taman Labirin – Bertandang ke Kebun Raya Indrokilo telah pasti harus meluangkan diri untuk bermain di Taman Labirin. Dinding-dinding labirinnya dibuat dari semak tanaman yang dipotong demikian rupa. Pencitraan Taman Labirin dari udara akan menunjukkan memiliki bentuk yang seperti satu gunungan.
  • Menara Pandang Lantai Kaca – Sarana ini adalah sarana yang baru saja selesai dibuka untuk umum. Menara pandang Kebun Raya Indrokilo mempunyai tinggi 15 mtr. dengan supremasi warna merah. Gardu pandang dibagian paling atas diperlengkapi dengan lantai kaca yang tembus pandang. Di atas sini, pengunjung dapat nikmati panorama 360 derajat di sini.
  • Aktivitas Lainnya – Kebun Raya Indrokilo adalah teritori yang bebas dari emisi kendaraan. Pengunjung tidak diperbolehkan masuk memakai mobil, motor, dan kendaraan motor yang lain. Bila pengin berkeliling-keliling, pengunjung dapat memakai sepeda individu atau sewaan, sepeda listrik, atau berjalan kaki.

Tiket Masuk

Pengunjung tak perlu cemas, sebab harga ticket masuk Kebun Raya Indrokilo benar-benar dapat dijangkau untuk bermacam kelompok.

Tiket masuk Rp5.000
Sewa sepeda Rp5.000 per 2 jam

Jam Buka

Untuk sekarang ini, tempat wisata dibuka cuman untuk lawatan siang hari. Tetapi, yang akan datang kebun raya ini akan mempunyai jam lawatan malam hari.

Setiap Hari 08.00 – 17.00 WIB

Fasilitas Kebun Raya Indrokilo

Walau masih juga dalam step pembangunan, tetapi sarana umum yang ada lumayan memadai. Sarana itu yakni tempat parkirkan, masjid, dan toilet. Masih sedikit kios atau warung di teritori kebun raya ini.

Kebun Raya Indrokilo diperlengkapi dengan menara pandang, taman labirin, dan taman koleksi tumbuhan paku. Ada sepeda kayuh dan sepeda listrik selaku model transportasi melingkari tempat kebun raya.

Lokasi Kebun Raya Indrokilo

Kebun Raya ini berada di Daerah Tempurejo, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa tengah. Tempat wisata ini dapat diraih dengan memakai kendaraan individu sebab akses jalannya baik dan mulus. Kebun Raya Indrokilo cuman bisa dicicipi dengan berjalan kaki, memakai sepeda, atau kendaraan non-emisi yang ramah lingkungan yang lain.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Adipati Project

    Kepala Suku Adipati.net

    View all posts

    Add comment