Soloensis

Pantai Menganti Kebumen, Sejuta Keindahan yang Tersembunyi

Pantai Menganti Kebumen menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat Kebumen, Jawa Tengah. Pantai yang berada dalam suatu desa yang namanya Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini mempunyai keindahan pantai yang benar-benar memesona.

Memang, nama pantai ini tidak se-hits pantai-pantai di Indonesia yang lain. Untuk negara maritim, Indonesia mempunyai garis pantai yang bukan hanya panjang serta luas saja tetapi juga indah serta menarik. Salah satunya pantai yang mempunyai daya tarik pelancong ialah pantai menganti Kebumen ini.

Pantai menganti Kebumen dengan sejuta keindahan tersembunyi ini memiliki pasir putih bersih dan panorama di sekelilingnya yang benar-benar indah berbentuk pemandangan perbukitan tebing karst yang indah.

Kontur berbentuk perbukitan di seputar pantai membuat pantai Menganti sedikit susah dibuka, hingga makin membuat ingin tahu pelancong ingin mengunjungi syurga yang tersembunyi di Kabupaten Kebumen ini.

Untuk sampai pantai ini, kita harus tempuh jalan yang cukup berkelok, pegunungan karst yang indah berbukit kerucut, serta laut yang kadang-kadang kelihatan waktu di atas jalan yang menjelajahi bukit.

Pantai Menganti mempunyai barisan pohon kelapa ciri khas pesisir biasanya. Pantai Menganti memiliki tebing pantai raksasa yang tinggi serta besar dibagian barat yang diketahui dengan panggilan Tebing Bidadari.

Situasi yang ciri khas ialah perahu-perahu nelayan yang berjajar, pantai dengan pasir putih dengan beberapa batu karang besar yang bisa dipakai untuk duduk sekalian melepas pandangan mengarah samudera adalah satu kenikmatan buat pengunjung.

Satu objek yang penting didatangi waktu sampai di pantai Menganti ialah menara mercusuar serta Tanjung Karangbata. Terletak di timur – tenggara pantai Menganti.

Di Tanjung Karangbata yang teduh ini akan lihat luasnya Samudera Hindia serta satu pulau karang. Di sini disiapkan gubuk-gubuk untuk berteduh dari sinar matahari. Dari Tanjung Karangbata kelihatan pantai yang lain seperti Pantai Karangbata serta pantai Peacron di samping timur.

Bila musim penghujan datang, tebing-tebing samping barat Pantai Menganti dihiasi empat air terjun yang mengucur dari ketinggian lebih dari 30 mtr.. Perbukitan akan menghijau meningkatkan indah pantai ini.

Pantai Menganti termasuk juga salah satu pantai berpasir putih di Jawa Tengah. Deburan ombak Pantai Menganti dapat dipakai untuk bermain surfing.

Mitos Pantai Menganti

Konon seorang panglima perang Majapahit melarikan diri ke pantai selatan sebab hubungan dengan kekasihnya tidak disetujui oleh orangtuanya.

Keduanya selanjutnya janji untuk berjumpa di pinggir samudera berpasir putih. Selama seharian sang panglima perang menanti di atas bukit kapur tetapi sang kekasih tidak hadir.

Selain itu mitos masyarakat seputar ialah tidak diperbolehkan memakai pakaian berwarna hijau gadung. Hal itu erat hubungannya dengan Nyi Roro Kidul yang umum dipercayai oleh masyarakat pantai selatan

Fasilitas Pantai Menganti

Fasilitas yang disediakan di Pantai Menganti adalah :

 

  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Home Stay
  • Villa
  • Mushola
  • MCK
  • TPI

Lokasi Pantai Menganti

Pantai ini berada kira-kira 35 Km dari Kota Gombong serta 42 Km dari Kota Kebumen. Anda dapat ke arah tempat dengan kendaraan pribadi. Belumlah ada transportasi umum yang dapat ke arah Pantai ini, sebab daerah pantai ini masih susah dicapai sebab tempatnya yang ada dibalik perbukitan karst serta rimba lokasi Kedu selatan dan jalannya yang cukup terjal serta berliku.

Bila dari Kota Kebumen atau Gombong ambilah rute ke arah Pantai Karanbolong. Selanjutnya terus meluncur ke barat mengarah Cilacap sampai temukan Desa Karangduwur. Bila dari Jakarta, Anda dapat naik kereta api mengarah Jogja lantas turun di Stasiun Gombong terlebih dulu

Rute Menuju Pantai Menganti

Ada banyak rute yang dapat anda menempuh untuk sampai pantai Menganti ini, dapat dengan memakai kendaran umum atau pribadi. Memang, jalanan yang cukup curam harus membuat siapa saja yang akan bertandang harus lebih erhati-hati, di bawah ini beberapa pilihan yang dapat anda tempuh :

Dari Kota Kebumen

Dari Kota Kebumen ambilah jalan ke arah Pantai Petanahan (lalui) teruskan mengarah Pantai Suwuk (lalui). Perjalanan diteruskan mengarah Pantai Karangbolong (lalui). Bila menjumpai pertigaan jalan yang luas, lurus saja (jalan kanan) ke arah Pantai Ayah. Setelah itu ikuti jalan raya sampai melalui Pantai Pasir.

Dari Kota Purwokerto

Nah, jika dari Kota Purwokerto, lebih bagus ke arah Pantai Ayah/ Pantai Logending, bila Pantai Ayah belok kanan karena itu jika ke Pantai Menganti belok ke kiri. Turuti jalan terus yang nanjak, kira-kira dari Pantai Ayah 4 KM kemungkinan memerlukan 20 – 30 menit sampai Gerbang Masuk Pantai ini di Desa Karangduwur.

Dari Surabaya/ Jakarta

Gunakan Kereta atau Bus selanjutnya turun di Stasiun Gombong/ Kebumen lantas kemudian turuti tutorial dari Kota Kebumen.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai Menganti? Nantikan apalagi, tetapi anda harus betul-betul mempersiapkan fisik ya, supaya perjalanan makin menyenangkan.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment