Soloensis

Gaji PNS Sudah Naik 8%, Maaf! Masih Kalah Sama Jepang

selamat-pns-ini-kebagian-rezeki-nomplok-dari-jokowi_169
  • Dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024 mengusulkan perbaikan penghasilan berupa kenaikan gaji untuk ASN Pusat dan Daerah/ TNI/Polri sebesar 8%
  • Ini merupakan kabar bahagia bagi profesi ini sebab kenaikan gaji sudah lama dinantikan pada kepemimpinan Presiden Jokowi.
  • Jika kita bandingkan dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) terendah yakni di Jawa Tengah yakni Rp 1.958.169 maka gaji terendah PNS kita masih lebih rendah.

Jakarta, Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya pada Penyampaian RUU APBN 2024 dan Nota Keuangan pada Rabu (16/8/2023). Ada hal yang menggembirakan bagi aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) yakni kenaikan gaji yang sudah lama dinantikan bagi profesi ini.

Dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024 mengusulkan perbaikan penghasilan berupa kenaikan gaji untuk ASN Pusat dan Daerah/ TNI/Polri sebesar 8% dan kenaikan untuk Pensiunan sebesar 12%, yang diharapkan akan meningkatkan kinerja serta mengakselerasi transformasi ekonomi dan pembangunan nasional.

Dalam pidatonya Jokowi menyebut bahwa tujuan kenaikan gaji ini ditujukan pemerintah untuk menjaga agar pelaksanaan transformasi berjalan efektif, maka reformasi birokrasi harus terus diperkuat, agar dapat mewujudkan birokrasi pusat dan daerah yang efisien, kompeten, profesional, serta berintegritas.

Jika direalisasikan ini bakal menjadi kenaikan gaji PNS kedua pemerintahan Jokowi yang sebelumnya terjadi pada tahun 2019 dengan kenaikan sebesar 5%. Berikut catatan kenaikan gaji PNS sejak tahun 2009.

 

 

Artinya, kenaikan gaji PNS pada tahun 2024 mendatang adalah kenaikan tertinggi sejak tahun 2010. Masih tak luput dari ingatan bahwa kenaikan gaji PNS tertinggi pernah terjadi tahun 2009 yakni masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di mana gaji PNS naik sebesar 15%. Selain itu, akan ada gaji dan pensiun bulan ke-13 serta perbaikan sistem pembayaran pensiun.

Kenaikan 15% pada 2009 tersebut dinilai sebagai perbaikan pada masa pemerintahan pada masanya. Saat itu, pendapatan PNS tergolong rendah. Sejak kenaikan signifikan tersebut, tahun berikutnya sejak 2010 hingga 2013 akhir jabatan SBY, gaji PNS tak pernah absen naik. Terlebih tahun 2012, pemerintah SBY mampu menaikan gaji PNS sebesar 10%.

 

 

Setelah dipimpin oleh Presiden Jokowi, awal pemerintahannya tahun 2014 dan 2015 gaji PNS dua kali berturut-turut mengalami kenaikan. Namun sejak 2016 hingga 2018 kenaikan gaji tak lagi terdengar.

Pada 2019, kabar baik kepemimpinan Jokowi muncul. Saat itu gaji PNS naik 5% suatu kabar menggembirakan setelah 3 tahun ditunggu. Namun, setelahnya nyatanya lebih parah. Empat tahun dinantikan kenaikan 8% membawa kabar bahagia bagi PNS.

Lantas bagaimana gambaran kenaikan gaji PNS tersebut?

Untuk diketahui, besaran gaji PNS belum pernah mengalami perubahan sejak tahun 2019. Artinya, memang sudah empat tahun berturut-turut para abdi negara tak merasakan kabar baik ini.

Hingga tahun 2023, gaji PNS menyesuaikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Berdasarkan data di atas dapat kita lihat bahwa golongan I minimal kenaikan gaji berkisar antara Rp 124.864 hingga Rp 214.920. Semakin tinggi golongan, maka semakin besar pula gaji, semakin besar gaji pokok, maka semakin banyak pula kenaikannya. Lihat saja, golongan IV kenaikannya berkisar antara Rp 243.544 hingga Rp 472.096.

 

 

Bagaimana Perbandingan Gaji PNS Indonesia dengan Negara Lain?

Bila kita bandingkan dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) terendah yakni di Jawa Tengah yakni Rp 1.958.169 maka gaji terendah PNS kita masih lebih rendah. Lebih rendahnya gaji PNS dan gaji minimum sebuah negara tidak hanya terjadi di Indonesia.

Di hampir semua negara, gaji PNS golongan terendah biasanya juga lebih sedikit atau hampir sejajar dengan upah minimum pegawai swasta. Berikut rinciannya.

Gaji terendah PNS di Korea Selatan ada di kisaran KRW 2,1 juta per bulan atau sekitar Rp 23,37 juta per bulan. Gaji tersebut hampir setara dengan upah minimum pekerja paruh waktu yakni KRW 2 juta.

Gaji PNS Korea Selatan masih kalah jauh dengan gaji bulanan di perusahaan-perusahaan besar Negeri Ginseng yakni KRW 4,5 juta atau sekitar Rp 50,05 juta.

Gaji minimum PNS Jepang berkisar JPY 405.049.000 per tahun atau sekitar Rp 122,53 juta per tahun. Gaji tersebut lebih rendah JPY 921 dibanding upah minimum di sektor swasta.

 

 

 

romanobet Sementara, Gaji PNS terendah Malaysia adalah MYR 1.200 per bulan atau Rp 3,97 juta per bulan. Gaji tersebut lebih rendah dibandingkan upah minimum mereka yakni MYR 1.500.

Di sisi lain, Gaji PNS Vietnam resmi naik menjadi VND 3,48 juta atau sekitar Rp 2,19 juta pada Juli mendatang. Gaji mereka lebih tinggi dibandingkan upah minimum pekerja swasta yakni VND 1,8 juta.

 

asia88 Tetangga terkaya RI yakni Singapura menggaji PNS mereka dengan besaran beragam bergantung pada pertumbuhan ekonomi. PNS golongan terendah (MX13) atau yang baru lulus digaji SGD 3.500 atau sekitar Rp 39 juta per bulan. Gaji mereka masih lebih rendah dibandingkan upah minimum pegawai swasta yang berada di kisaran SGD 4000.

 

SUMBER CNBC INDONESIA 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment