Soloensis

Tips Masuk Fakultas Kedokteran Yang Wajib Anda Lakukan

images (22)

Terdapat banyak fakultas kedokteran di Indonesia. Mulai dari Sabang sampai Marauke ada. Anda harus memilih Fakultas Kedokteran yang terbaik agar Anda menjadi dokter yang kompeten. Jangan berkecil hati jika kamu tidak diterima di kampus yang kamu inginkan. 

Belajar kedokteran di mana pun sebenarnya sama saja, tergantung bagaimana Anda memanfaatkan waktu belajar dan menerapkannya di masyarakat. Jurusan kedokteran merupakan salah satu jalur pendidikan tinggi yang memiliki peluang masa depan paling cerah. 

Ditambah lagi kebutuhan akan dokter selalu meningkat dari hari ke hari. Tak heran jika banyak calon mahasiswa yang mendaftar bersama untuk jalur kedokteran dengan persaingan yang cukup ketat. Sehingga peluang untuk lolos ke jalur medis lebih besar.

Tips Masuk Fakultas Kedokteran

Menulis Resume Yang Relevan Secara Klinis

Beberapa universitas di Indonesia umumnya meminta calon mahasiswanya untuk menulis ikhtisar. Meski belum terjun langsung di dunia klinis, namun beberapa kampus ingin mengetahui keaktifan Anda dalam menghabiskan waktu di dunia klinis. Pengalaman yang Anda catat bisa berupa pengalaman magang di rumah sakit atau proyek terjun ke lingkungan masyarakat bersama tenaga medis. 

Penulisan ringkasan yang Anda tulis akan membantu Anda mendapatkan nilai plus di mata sivitas akademika universitas. Semakin banyak pengalaman yang Anda miliki di dunia klinis, maka kampus akan semakin yakin bahwa Anda memiliki passion di bidang tersebut.

Memiliki Nilai Yang Baik

Panduan masuk kedokteran selanjutnya adalah memiliki nilai rata-rata yang baik di sekolah menengah. Umumnya jalur kedokteran lebih disukai oleh siswa yang memiliki nilai bagus dalam mata pelajaran biologi. Padahal sebenarnya jalur medis tidak hanya berbicara tentang anatomi tubuh manusia saja. tetapi juga mengenai mata pelajaran lain seperti kimia, fisika dan bahasa Inggris.

Sebelum Anda mendaftar jalur medis, Anda harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Karena selain nilai ujian akhir yang harus bagus, pihak universitas juga akan melihat nilai rapormu selama kamu masih bersekolah. Jika nilaimu turun padahal sudah lulus KKM, maka peluangmu masuk jalur kedokteran akan lebih kecil dibandingkan mereka yang nilainya cenderung naik.

Memperdalam Materi Yang Tepat

Panduan masuk kedokteran selanjutnya adalah memperdalam materi eksotik dengan berlatih beberapa soal yang akan ada pada ujian masuk perguruan tinggi. Latih beberapa soal dari yang mudah hingga yang paling sulit. Selain itu, kamu juga bisa belajar mengerjakan beberapa soal di buku pelajaran, soal ujian nasional, soal ujian masuk perguruan tinggi, dan soal SBMPTN. 

Setelah Anda dapat mengerjakan beberapa soal yang ada, selanjutnya lanjutkan mengerjakan beberapa soal olimpiade. Dengan rutin berlatih beberapa soal tes masuk perguruan tinggi, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk lulus jalur medis.

Jangan Berharap Terlalu Banyak Pada SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur bagi siswa berprestasi untuk diterima di Perguruan Tinggi Negeri tanpa perlu mengikuti tes. Kalian bisa mengikuti SNMPTN tapi jangan berharap lebih. Selain itu, pastikan Anda hanya mendaftar di jalur medis dan tidak bisa mendaftar di jalur lain. Sebab jika jalur medis gagal, Anda masih bisa melewati jalur lainnya sehingga harapan Anda menjadi dokter tidak akan berhasil.

Persiapan Test SBMPTN Lebih Cepat Dari Rekan Anda

Selama ini kebanyakan orang beranggapan lebih baik konsentrasi pada ujian nasional dulu baru konsentrasi pada seleksi perguruan tinggi. Padahal anggapan tersebut sebenarnya salah. Sebab saat ini UN bukan jaminan kelulusan melainkan melalui skala nasional. 

Dengan begitu, Anda harus konsentrasi mengikuti SBMPTN dengan rajin berlatih beberapa soal. Panduan masuk kedokteran ini juga akan membantu Anda belajar mempersiapkan SBMPTN dan Ujian Nasional. Ditambah lagi, beberapa soal SBMPTN akan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan beberapa soal UN.

Latihan Soal TPA

Saat mengikuti tes masuk kedokteran, umumnya harus mengerjakan beberapa soal  TPA. Soal TPA dapat diatasi dengan mudah dengan rutin berlatih beberapa soal tahun pertama. Terlebih lagi TPA tidak diberikan di sekolah sehingga perlu mempelajarinya sendiri dengan mencari beberapa soal TPA.

Pilih Kampus Dan Fakultas

Saat mendaftar SBMPTN, umumnya Anda akan diminta memilih 3 pilihan kampus dan fakultas. Jika Anda ingin masuk fakultas kedokteran, panduan yang bisa Anda ikuti adalah memilih fakultas kedokteran di 3 kampus berbeda.

Persiapan Sebelum Test

Sebelum mengikuti tes, sebaiknya yakin dan percaya pada kekuatan diri sendiri. Selain itu persiapkan perlengkapan ujian, pakaian ujian dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membaca ketentuan tes terlebih dahulu agar tidak kehabisan waktu karena hal sepele. Mintalah restu dari orang tua agar pikiran lebih rileks dan berdoa sebelum tidur.

Saat Test

Pedoman masuk kedokteran selanjutnya adalah pada saat mengikuti tes masuk, hendaknya datang lebih awal dari waktu tes yang ditentukan. Saat memulai tes, periksa kembali identitas Anda pada lembar jawaban. Identitas yang salah selama tes dapat menyebabkan kegagalan. Selanjutnya mengerjakan beberapa soal tes dari yang paling mudah hingga yang paling sulit. 

Menunggu Hasil Tes

Saat menunggu hasil tes, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini bisa membuat Anda tidak produktif. Sembari menunggu hasil tes, Anda bisa mengisinya dengan beberapa kegiatan positif seperti mengikuti pelatihan dan lain sebagainya.

Demikian ulasan tentang Tips Masuk Fakultas Kedokteran Yang Wajib Anda Lakukan seperti yang dilansir slot online. Semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment