Soloensis

Toleransi Antar Umat Beragama

IMG_3958

     Kebanyakan orang berfikir bahwa keberagaman adalah salah satu penghalang untuk berinteraksi. Tapi bagi saya suatu keberagaman bisa menjadi wadah untuk saling mengerti satu sama lain dan bisa saling menghargai. 

    Keberagaman yang saya miliki adalah memiliki teman yang berbeda agama. Awalnya memang saya memiliki statement bahwa memiliki teman yang berbeda agama bisa menimbulkan perpecahan dalam suatu hubungan, namun ternyata semua itu salah.

     Perkenalkan saya jessica, saya tinggal di kota karanganyar. Saya baru memiliki teman dari agama lain semenjak di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), Ia bernama Elizabeth. Elizabeth dikenal sebagai sosok yang sangat religius. Awal mula saya berteman baik dengan elizabeth adalah ketika dia mampu beradaptasi terhadap teman teman yang beragama berbeda dengannya, ia juga sering menghormati kita yang beragama Islam untuk melaksanakan ibadah dan berteman tanpa membeda bedakan. Elizabeth yang dikenal sebagai seorang yang cuek, ternyata memiliki jiwa toleransi yang sangat tinggi. Disaat kita penganut agama islam sedang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan pun, ia pun menghormati  dengan cara tidak  makan dan minum didepan kita. Dari Elizabeth saya belajar banyak hal dan meniru berbagai contoh contoh positif yang telah ia lakukan untuk saling menghargai dan menghormati sesama. Disaat ia sedang melakukan ibadah pun saya juga menghormatinya dengan tidak mengganggu dan tidak mengajaknya untuk keluar.  

      Dari berbagai pengalaman yang saya dapatkan selama hidup 17 tahun ini saya banyak belajar bahwa perbedaan itu tidak untuk dipermasalahkan tetapi untuk dirayakan dan disiram dengan sifat saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Saya berpikir bahwa betapa pentingnya memiliki pengalaman berinteraksi dengan teman yang berbeda dari kita supaya dapat memunculkan rasa toleransi. Oleh karenanya, saya sering membagikan pengalaman saya berinteraksi dengan teman-teman yang berbeda latar belakang khususnya perbedaan agama . Tujuannya supaya teman-teman yang tidak memiliki kesempatan yang sama sepertiku, yaitu mengenal orang dari berbagai latar belakang, dapat memiliki pengalaman tidak langsung dengan mengonsumsi konten yang aku upload. Dengan demikian, mereka juga akan memetik hikmahnya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Jessica Pramudya Pasya Al Kalifi Jessica

    Add comment