Soloensis

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Saat Menulis Press Release agar Tepat Sasaran

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Press Release, Tayangan Wartawan, atau Launching ialah info yang dibikin oleh Public Relations (PR) atau Jalinan Warga (Humas) satu organisasi, perusahaan, atau lembaga yang dikatakan pada mass media untuk diterbitkan dalam media itu.

Dengan cara ringkas, press release ialah kabar yang dibikin oleh satu lembaga atau instansi untuk diterbitkan di mass media. Kamus Google mengatakan press release sama seperti kabar untuk media massa.

Jadi, press release dapat disebutkan kabar versus instansi. Seperti perihal kabar yang dibikin wartaan, isi launching juga harus penuhi nilai kabar (news values), yakni aktual, faktual, penting, serta menarik. Launching biasanya berisi info paling baru mengenai produk, kebijaksanaan, atau pekerjaan instansi/lembaga. Launching dapat juga berbentuk klarifikasi atau verifikasi mengenai satu permasalahan atau rumor.

Walau mengangkat misi promo atau pembangunan citra baik, press release harus bebas pendapat atau opini. Isi launching sebaiknya cuma berisi bukti. Jauhi pemakaian beberapa kata promotif atau bersuara beri pujian diri kita dalam satu naskah launching.

Gaya bahasa yang dipakai harus juga bahasa jurnalistik, yaitu bahasa yang umum dipakai golongan wartawan saat menulis kabar. Beberapa ciri bahasa jurnalistik diantaranya singkat, padat, polos, simpel, serta jelas.

Cara Menulis Press Release

Sebab hakekatnya launching ialah kabar, karena itu langkah menulis press release juga sama dengan menulis kabar. Kalian dapat juga manfaatkan jasa press release terpecaya yang saat ini banyak beredar di sosial media. Launching seperti kabar berisi fakta atau rekonstruksi momen yang mengandung elemen berita 5W+1H:

  • What (Apa yang terjadi)
  • Who (Siapa pelaku atau orang yang terlibat dalam insiden itu)
  • Why (Kenapa hal tersebut terjadi)
  • When (Kapan kejadiannya)
  • Where (Dimana terjadinya)
  • How (Bagaimana proses kejadiannya)

 

Struktur tulisan press release terdiri dari

 

  1. Judul (head)
  2. Teras berita (lead)
  3. Isi berita (body).

Konsep tulisan launching memprioritaskan bukti penting (mode piramida terbalik, inverted pyramid) dan tidak mencampurkan bukti serta pendapat. Judul kabar harus kalimat komplet, minimum Subyek + Predikat, serta memakai kalimat aktif. Contoh: Batic Media Gelar Training Jurnalistik

Teras seharusnya memprioritaskan subyek/aktor –who does what; siapa lakukan apa, kapan, dimana, mengapa, serta bagaimana; isi berbentuk keterangan faktor why serta how.

Contoh : Batic Media mengadakan training jurnalistik di Gedung Bumi Madani Jln Cikutra Bandung Sabtu 12 Mei 2018.

Tips Membuat Press Release

Berikut beberapa panduan menulis press release dengan tepat dan benar target :

  • Dalami style bahasa media sebagai sasaran pengiriman launching.
  • Tulislah tayangan wartawan dengan style media itu.
  • Pilih judul yang positif (aktif), bukan pasif.
  • Paragraf pertama (lead) harus jelas serta singkat.
  • Pakai bahasa jurnalistik –ringkas serta polos, kalimat serta paragraf pendek-pendek, jauhi anak kalimat.
  • Tulislah bukti & data saja, bukan pendapat/pandangan.
  • Ketiklah cuma pada satu bagian kertas.
  • Tetap berikan tanggal.
  • Tetap sertakan nama contact serta nomor telephone sisi akhir naskah.
  • Pakai kertas surat sah & sertakan merek “Tayangan Wartawan” di bawah simbol/sebelum naskah.

Dalami editorial kebijakan (kebijaksanaan redaksi), frekwensi penerbitan, tanggal/tenggat keluar, deadline, wilayah perputaran, dan capaian serta fragmen pembaca.

Pengiriman Press Release

Tehnis pengiriman launching dapat lewat mail, faks, pos, dapat diperuntukkan pada wartawan yang telah diketahui, serta janganlah lupa kofirmasi lewat telephone. Di masa internet, tulisan serta pengiriman launching bertambah cepat dan mudah. Golongan Humas harus manfaatkan web serta sosial media sah untuk menebarluaskan rilisnya.

Golongan wartawan juga terlatih mencuplik satu bukti/data atau info dari web sah atau sosial media instansi, contohnya dengan mengatakan “dikeluarkan situs sah” atau “seperti disebut account Twitter sah”.

Demikian penjelasan singkat mengenai langkah menulis press release, tayangan kabar, tayangan wartawan, atau launching untuk media.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment